CV Maker Bahasa Indonesia

CV Maker Bahasa Indonesia. Apa yang dimaksud dengan CV Maker? CV maker merupakan alat bantu dalam pembuatan cv secara online dimana templatenya sudah tersedia dan kita hanya mengisi data-data pada kolom cv yang tersedia sesuai dengan informasi yang diminta. Istilah lain dari cv maker adalah cv builder. CV maker ini sudah banyak tersedia di Internet tinggal memilih saja yang mana lebih disukai dan lebih mudah dioperasikan dan setelah selesai pengisian data biasanya akan ada pilihan download yang bisa di download dalam bentuk format cv pdf dan cv word. Perbedaannya dengan template cv pdf atau doc adalah kita tidak bekerja dua kali artinya ketika kita download cv pdf atau format doc, kita harus mengubah dan mengisi biodata kita lagi dari awal dan ini tentu membutuhkan waktu.

Mengapa harus membutuhkan cv? Didalam dunia kerja, sebuah cv tidak terlepas dari salah satu persyaratan yang harus kita siapkan ketika kita melamar sebuah pekerjaan. CV merupakan data penting mengenai siapa kita sebenarnya mulai dari biodata pribadi, pengalaman kerja, keahlian dan juga pendidikan formal dan informal yang sudah diselesaikan. Didalam postingan ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat cv online secara gratis. CV builder ini merupakan hasil karya dari salah satu website dimana memberikan cv maker secara online dan gratis pada website craft-cv.com. Website ini yang akan menjadi alat dalam cv builder dan tersedia beberapa template yang bisa dipakai dalam pembuatan cv online.

Sebelum kita masuk ke website cv builder ini, ada 8 field atau kolom pengisian dalam pembuatan CV dan ini bisa diubah kedalam cv bahasa Indonesia (CV Maker Bahasa Indonesia) bagi yang mau membuat CV dalam bahasa Indonesia. 8 kolom ini merupakan inti dari pengisian sebuah CV (curriculum vitae) namun bisa juga di hide/sembunyikan kolom yang tidak perlu. Saya akan jelaskan secara ringkas mengenai keterangan setiap kolom yang pada dasarnya adalah format utama sebuah cv secara umum.

CV Maker Bahasa Indonesia

1. Personal Information (Data Pribadi)

Data pribadi merupakan yang wajib di isi didalam sebuah cv untuk mengetahui dengan jelas tentang data pribadi seorang pelamar. Data pribadi yang akan di isi disini adalah terdiri dari Nama lengkap, Nama panggilan, Email, Tanggal lahir, Jenis kelamin, Alamat lengkap.

2. Education (Pendidikan)

Pendidikan dapat disertakan mulai tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi atau yang kita sebutkan dengan pendidikan formal. Selain pendidikan formal dalam sebuah cv, kita bisa juga menuliskan pendidikan non formal seperti kursus atau pelatihan diluar pendidikan formal.

3. Experience (Pengalaman Kerja)

Pengalaman kerja di dalam sebuah CV sangat penting karena ini akan menjadi nilai plus bagi si pelamar. Salah satu persyaratan kerja ketika ada lowongan kerja dalam rekrutmen sebuah perusahaan, pengalaman kerja selalu menjadi bahan pertimbangan dalam menyeleksi kandidat disebuah perusahaan tersebut. Pengalaman kerja dalam bidang yang sedang dilamar dapat membuat calon kandidat selangkah lebih maju dari pada pelamar dari lulusan fresh graduate. Dalam kolom isian ini, pengalaman kerja dapat disertakan lebih dari 1 (satu) namun lebih baik menyertakan pengalaman kerja yang memiliki kaitan dengan bidang yang sedang dilamar.

4. Language (Bahasa)

Kecakapan dalam berbahasa atau menguasai jenis bahasa yang mungkin lebih dari 1 (satu) bahasa seperti bahasa Inggris, Jepang, Perancis, Spanyol, dan bahasa lainnya. Ada beberapa perusahaan yang lebih spesifik mencari kandidiat yang menguasai bahasa tertentu seperti pada posisi Interpreter untuk Indonesia – Jepang misalnya. Keterangan bahasa didalam sebuah cv menjadi penting karena si pewawancara akan melihat seberapa besar nilai bahasa Jepang yang dikuasai oleh si pelamar.

5. Skill (Keahlian)

Didalam melamar sebuah pekerjaan, keahlian sangat di butuhkan khususnya keahlian yang bersangkut paut dengan posisi yang sedang dilamar. Didalam kolom cv ini, kita pastikan menyertakan keahlian dalam bidang tertentu misalnya keahlian atau kecakapan dalam bernegosiasi, atau juga keahlian dalam berkomunikasi dengan orang lain, dsb.

6. Personality (Kepribadian)

Ada bermacam-macam karakter dan kepribadian seseoarang dan ini penting bagi sebuah perusahaan. Didalam kolom pengisian sebuah CV ini, kita dapat menjelaskan sekilas mengenai kepribadian kita seperti apa. Apakah kita seorang yang komunikatif, apakah kita seorang yang kreatif dan tertata atau detail dan sebagainya.

7. Software Skill (Keahlian di bidang Software)

Sebuah cv tidak terlepas dari yang namanya keahlian dalam mengoperasika komputer. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, keahlian dibidang mengoperasikan komputer atau sofware menjadi salah satu keharusan bagi si pelamar. Sofware skill ini bermacam-macam, mulai dari kecakapan mengoperasikan microsoft office seperti word, excel, powerpoint dan lainnya hingga kecakapan dalam bidang tertentu seperti pengembang aplikasi (application developer), web programmer seperti keahlian dibidang mySQL, PHP, Javascript dan lain sebagainya. Semua keahlian dalam perangkat lunak ini dapat kita isi di dalam sebuah cv.

8. Hobby (Hobi/Minat)

Hobi atau minat sering disertakan dalam sebuah cv. Sebuah pekerjaan yang dilamar tentu harus diminati oleh sipelamar agar apa yang dia kerjakan bisa maksimal. Hobi disini terdiri dari banyak kategori seperti hobi musik, petualangan, olah raga seperti bermain bola, badminton, dan lain sebagainya.

Ke-8 kolom ini menjadi hal yang utama yang harus di isi didalam sebuah cv lamaran kerja. Jenis template yang disedikan didalam website craft-cv.com ini bervariasi. Mari kita langsung praktek cara pembuatan cv online lewat template cv online yang sudah tersedia.

Pertama, kita masuk ke website craft-cv.com dan melakukan registrasi:
CV Maker Bahasa Indonesia

Berikutnya, kita masuk ke menu CV dan akan tampil beberapa template yang bisa kita pilih dengan model desain cv menarik dan unik. Disini saya memilih model template cv online bernama ORB (paling bawah) seperti gambar dibawah ini:
CV Maker Bahasa Indonesia
Selanjutnya, saya akan mengubah isian kolom yang tersedia seperti yang kita bahas diatas tadi mulai dari kolom data pribadi sampai dengan hobi. Selain itu, Anda bisa juga mengubah komposisi warna dan jenis font yang disukai.

DATA PRIBADI

CV Maker Bahasa Indonesia

PENDIDIKAN

CV Maker Bahasa Indonesia

PROFIL

Profil disini adalah keterangan singkat mengenai jabatan terakhir dan deskripsi kerja sebelumnya.

CV Maker Bahasa Indonesia

PENGALAMAN KERJA

CV Maker Bahasa Indonesia

BAHASA

CV Maker Bahasa Indonesia

KEAHLIAN

CV Maker Bahasa Indonesia

KEPRIBADIAN

CV Maker Bahasa Indonesia

KEAHLIAN DI BIDANG SOFTWARE

CV Maker Bahasa Indonesia

HOBI

CV Maker Bahasa Indonesia

ADDITIONAL SECTIONS (INFORMASI SERTIFIKAT)

Informasi sertifikat atau penghargaan yang pernah didapat sebagai pendukung dalam melamar sebuah pekerjaan.

CV Maker Bahasa Indonesia

PERNYATAAN

Informasi disini menyatakan bahwa informasi yang Anda berikan atau tulis didalam sebuah CV adalah benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

CV Maker Bahasa Indonesia

Terakhir, setelah melalui tahapan diatas tadi, sekarang kita mulai download cv pdf atau cv format txt dan juga bisa dikirim kealamat email. Disini saya akan coba download cv pdf.

CV Maker Bahasa Indonesia download cv pdf

Berikut tampilan hasil akhir template cv pdf setelah selesai download cv format pdf.

CV Maker Bahasa Indonesia

Didalam hasil download cv pdf ini terdapat logo kecil disebelah kanan bawah, ini karena status akun masih free namun bisa di upgrade ke akun premium.

Demikian cara membuat cv online gratis menggunakan template yang sudah ada. Semoga informasi ini dapat membantu dalam pembuatan contoh cv pdf dan contoh cv online.

Baca: 10 Situs CV Maker Bantu Kamu Cara Membuat CV Online Gratis

Nama dan data dalam cv adalah fiktif dan hanya sebagai contoh belaka.
Do not copy

34,794 total views, 106 views today

Comments 4

  1. […] secara gratis lewat berbagai situs penyedia pembuatan cv online seperti pada postingan sebelumnya CV Maker Bahasa Indonesia,  ada juga beberapa website yang menyediakan pembuatan cv secara online atau yang kita kenal […]

  2. […] lagi cv maker bahasa Indonesia yang dapat Anda buat dengan sangat mudah. Cara membuat cv online gratis pemula lewat aplikasi […]

  3. Reply

    Suka tantangan, pekerja keras dan disiplin

  4. Reply

    Sistem informasi

Leave a comment