Soal Psikotes Penalaran Interpretasi Data dan Jawabannya Pdf

Soal psikotes penalaran interpretasi data dan jawabannya dalam format pdf ini merupakan latihan tes psikotes penalaran interpretasi data bagian ke-2 pada postingan di blog psikotes.tipscv.com.

Soal Psikotes Penalaran Interpretasi Data dan Jawabannya

Terdiri dari 10 soal psikotes dan disini akan kita bahas cara menjawab setiap pertanyaan pada latihan tes psikotes penalaran interpretasi data tersebut. Sebelumnya juga sudah ada pembahasan mengenai soal psikotes interpretasi data dan grafik beserta jawabannya dalam format pdf.

Soal psikotes interpretasi data bagian pertama dan kedua merupakan satu jenis soal yang dibagi menjadi dua bagian yang masih bisa kamu download pada postingan Download Soal Psikotes Interpretasi Data dan Grafik serta pembahasan setiap soal-soal didalamnya.

Sebelum kita masuk ke tahap download soal psikotes penalaran interpretasi data dan jawabannya ini, admin akan membahas pada postingan ini beberapa soal yang nanti juga kamu bisa langsung download dalam format pdf secara gratis.

Contoh pertanyaan pada latihan tes psikotes penalaran interpretasi data seperti pada soal berikut ini:

Perhatikan gambar berikut dibawah ini:

Soal Psikotes Penalaran Interpretasi Data dan Jawabannya Pdf

1. Berapa banyak kertas dipublikasikan para peneliti di Universitas Yale tahun 2002?

a. 50
b. 60
c. 65
d. 70

Universitas Yale adalah dengan kotak x, maka kita lihat pada tabel bahwa total yang dipublikasikan pada tahun 2002 untuk Universitas Yale ini adalah sebanyak 65 jadi jawabannya adalah c. 65

2. Pada tahun berapa peneliti Universitas Stanford mempublikasikan kertas paling banyak?

a. 2002
b. 2001
c. 2003
d. 2004

Bila kita lihat pada tabel dengan simbol Universitas Stanford, maka tahun 2002 lah paling banyak dipublikasikan, jadi jawabannya adalah a. 2002

Soal Psikotes Penalaran Interpretasi Data dan Jawabannya Pdf

Berikutnya kita masuk ke contoh soal data dalam sebuah grafik diatas. Ingat, total mahasiswa di Fakultas Seni dan Budaya adalah 1049.

3. Berapa % mahasiswa Non-US pada Fakultas Seni dan Budaya?

a. 14%
b. 9%
c. 15%
d. 11%

Pertama kita total dulu semua mahasiswa non-US di Fakultas Seni dan Budaya. 79 + 21 + 6 + 2 + 4 = 114.  Kedua, 114 itu berapa persen kira-kira dari total mahasiswa yaitu 1049.

Maka, 114 ÷ 1049 x 100 = 10,8% bila dibulatkan menjadi 11%, jadi jawabannya adalah d. 11%

4. Berapa jumlah mahasiswa pada Fakultas Teknik (Engineering)?

a. 420
b. 410
c. 390
d. 440

Total mahasiswa pada Fakultas tersebut adalah 9% dari ? (kita harus mengetahui total keseluruhan mahasiswa di Universitas tersebut), kita bisa memakai patokan dari jumlah mahasiswa di Fakultas Seni dan Budaya yaitu 1049 (23%).  Berarti total keseluruhan mahasiswanya adalah 1049 ÷ 23% = 4560.

Jadi total mahasiswa di Fakultas Teknik adalah 4560 x 9% = 410, jawabannya adalah b. 410 (yang paling mendekati).

Soal Psikotes Penalaran Interpretasi Data dan Jawabannya Pdf

Silakan langsung saja download penjelasan selengkapnya untuk soal psikotes penalaran interpretasi data dan jawabannya dalam format pdf lewat link dibawah ini:

Untuk mempelajari contoh soal psikotes kerja dan jawabannya dapat kamu lihat pada menu website ini yang juga sudah tersedia dalam format pdf yang siap kamu download sebagai referensi dan persiapan dalam menghadapi ujian psikotes kerja.

Berbagai latihan psikotes online dapat kamu kerjakan dengan model soal interaktif dalam daftar psikotes online terdiri dari psikotes numerik, psikotes deret angka, acak kata dan tes psikotes lainnya.

Baca: Download Soal Psikotes Tes IQ dan Kunci Jawabannya Pdf

Foto credit: sciencenews.org

3,244 total views, 2 views today


Last update on April 17, 2018