in

Ini Dia Contoh CV Sales Marketing Yang Profesional – Gratis Download

Yuk, kita simak contoh cv sales marketing berikut ini.

Dewasa ini, sales marketing menjadi salah satu posisi yang banyak dicari pelamar kerja. Terlebih dengan berkembangnya teknologi, lingkup pekerjaan sales marketing pun menjadi turut meluas. Melansir dari Indeed.com, gaji seorang staf sales dan marketing saat ini sekitar Rp. 3.858.285 per bulan. Jadi, tidak heran jika posisi ini menjadi incaran pelamar, khususnya lulusan baru.

Agar bisa menarik perhatian tim perekrut, maka Kamu harus membuat curriculum vitae yang tidak bertele-tele dan profesional. Bagi pencari kerja seperti Kamu, jangan bingung. Yuk, simak contoh CV sales marketing yang profesional, dan menarik perhatian recruiter berikut!


Sekilas Tentang Sales Marketing

Sebagian orang awam menganggap posisi Sales dan Marketing adalah dua pekerjaan yang sama. Kendati pekerjaan ini bagian dari strategi bisnis perusahaan, namun ternyata mempunyai peran dan tanggung jawab yang berbeda loh.

Sales lebih merujuk kepada hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas penjualan jasa dan barang. Sedangkan Marketing, merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran sehingga dapat meningkatkan ketertarikan calon konsumen.

Pada dasarnya, divisi sales menjadi satu bagian tersendiri. Namun, beberapa perusahaan menggabungkan aktivitas penjualan ini ke dalam divisi pemasaran. Bahkan posisi sales marketing menjadi andalan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan.

Jenjang Karir Posisi Sales Marketing

Ada beragam tingkatan posisi dalam pekerjaan sales marketing.  Namun, yang perlu Kamu pahami bahwa pekerjaan ini membutuhkan skills public speaking yang mumpuni. Dengan demikian, konsumen menjadi tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Berikut beberapa posisi sales marketing yang terdapat di perusahaan, antara lain :


Sales Representative 

Tidak menampik, posisi ini memang sering menjadi incaran para fresh graduate yang mulai menapaki dunia kerja di bidang penjualan. Posisi ini menjadi garda terdepan dalam proses penjualan. Apabila sukses di bidang ini, maka tidak menutup kemungkinan untuk naik jabatan.

Ada beberapa istilah yang digunakan perusahaan untuk posisi ini, seperti account representative, brand ambassador, advertising representative dll.

Sales Management

Posisi sales management merupakan supervisor yang berada di atas level representative. Posisi ini menjadi pemimpin dalam tim penjualan dan pemasaran, bahkan mempunyai peran menganalisa penjualan.

Beberapa perusahaan menjadikan posisi ini sebagai perantara dengan pembeli besar dan menjaga hubungan baik sehingga konsumen tetap loyal. Selain sales manager, ada istilah lain yang digunakan perusahaan untuk posisi ini, yaitu account manager, business development manager, area manager dan lainnya.

Sales Administrative

Sesuai dengan namanya, posisi ini membantu tim penjualan dari segi administrasi. Seperti mengurus surat jalan, menghitung bonus untuk konsumen setia, menyiapkan marketing kit dan sebagainya. Posisi inilah yang menjembatani tim sales dan marketing.

Sebutan lain bagi pekerjaan ini adalah business development representative, financial assistant, atau industry representative.

Account Executive

Posisi ini serupa dengan sales manager, namun mempunyai job desk yang lebih banyak. Perannya adalah menciptakan relasi baik dengan konsumen yang sudah ada. Oleh karena itu, posisi ini menuntut karyawan untuk mempunyai pengetahuan yang luas tentang produk perusahaan serta tren industri.

Executive – level Management

Tidak jauh berbeda dengan posisi account executive, hanya saja tujuannya lebih ke jangka panjang. Untuk menjabat posisi ini, karyawan harus mempunyai masa kerja minimal 10 tahun di sebuah perusahaan. Sehingga pengalaman serta pengetahuan tentang persaingan pasar dapat menguntungkan perusahaan.

Job Desk Sales Marketing

Berikut tanggung jawab utama pekerjaan sales marketing, antara lain :

  • Rutin dalam mencari target penjualan
  • Membuat rekap penjualan
  • Menganalisa hasil penjualan
  • Mengelola tim marketing dengan baik
  • Membuat dan menyusun strategi penjualan
  • Melakukan analisa pasar

Tampilan cv sales marketing

Tidak perlu repot-repot membuat cv-nya, karena disini kamu bakal bisa download contoh cv sales marketing. Lihat tampilannya dibawah ini;

Ini Dia Contoh CV Sales Marketing Yang Profesional

Font: Arial

Download juga: Contoh cv telemarketing.

Kesimpulan

Demikianlah, informasi sekilas tentang pekerjaan sales marketing dan bagaimana prospek karir kedepannya. Untuk meningkatkan penjualan, tentunya dibutuhkan strategi penjualan yang tepat dan efektif.

Tertarik untuk melamar di posisi ini? Intip contoh CV sales marketing di atas, ya. Karena, untuk dapat bersaing dengan pelamar lainnya, maka Kamu harus membuat resume yang menjual dan profesional.

Download resume sales marketing

Monggo, kamu bisa download contoh cv sales marketing diatas dalam format cv kosong yaitu format .docx/word dan .pdf siap pakai dengan mengubah setiap informasi pada cv tersebut dengan data-data kamu.

Download template cv-nya dibawah ini ya;



Download “CV Sales Marketing” cv-salesmarketing.docx – Downloaded 67 times – 277 KB

Note: Semua informasi pada contoh cv diatas seperti nama, foto (unsplash.com), alamat, no hp, email, website adalah fiktif dan hanya sebagai ilustrasi saja dalam memudahkan si pelamar mengubah informasi pada contoh cv sales marketing diatas.
Latihan TRYOUT PPPK 2022. Kamu bisa daftar (klik) di AYOPPPK. Gunakan Kode Promo/Referral: PROMOP3K untuk mendapatkan harga khusus. Sukses buat kamu ya!


Oh ya, jangan lupa ya kak bagiin info ini di sosmed kamu ❤️

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contoh CV Telemarketing (Download Format CV Kosong .docx/word)

Contoh CV Telemarketing – Download Format CV Kosong Gratis

Contoh CV Staff Rekrutmen - Download Template CV Gratis

Contoh CV Staf Rekrutmen – Download Template CV Gratis