Template dan Contoh CV Akuntan Yang Menarik

Semangat pagi semua, mari kita lihat contoh cv akuntan pada postingan ini yang nanti bisa kamu download secara gratis dalam format word dan .pdf.

Kalau ada yang sedang mencari template dan contoh cv analis keuangan, kamu bisa download pada postingan sebelumnya ya.

Seperti yang Kamu ketahui, pekerjaan akuntan (Accountant Staff) mempunyai peranan penting dalam proses pengelolaan keuangan di sebuah perusahaan. Tanggung jawab utamanya adalah menjamin data-data keuangan perusahaan telah terorganisir dengan baik dan akurat. Gaji yang ditawarkan untuk seorang akuntan pun terbilang cukup besar, itulah alasan banyak calon kandidat yang berebut posisi ini.


Tertarik mengisi lowongan sebagai akuntan? Cek contoh CV akuntan berikut untuk membuat curriculum vitae yang menarik perhatian perekrut.

Apa Itu Akuntan?

Akuntan merupakan staf profesional di bidang keuangan yang mempunyai tugas akuntansi. Posisi akuntan berperan untuk menganalisa keuangan, membuat dan menyajikan laporan terkait keuangan perusahaan.

Sementara menurut KBBI, akuntan adalah seorang ahli akuntansi yang mempunyai peran untuk menyusun, mengawasi, menginspeksi, serta memperbaiki pembukuan perusahaan. Akuntan merupakan gelar bagi lulusan jurusan akuntansi.

Oleh karena tugasnya cukup penting bagi perusahaan, maka seorang akuntan harus teliti dalam melakukan setiap pekerjaannya. Sehingga, tidak melakukan kesalahan yang berakibat fatal dan merugikan perusahaan.

Prospek Kerja Posisi Akuntan

Meniti pekerjaan sebagai seorang akuntan mempunyai jenjang karir yang cukup menjanjikan, terutama berkaitan dengan nominal gaji. Seorang akuntan dapat bekerja di perusahaan swasta, organisasi atau instansi pemerintahan. Melansir Indeed.com, gaji minimal seorang akuntan adalah 4.379.515 per bulan.


Salah satu profesi akuntan yang saat ini cukup populer akuntan publik. Berikut adalah jenjang karir seorang akuntan publik di sebuah perusahaan, yakni :

  • Intern atau trainee

Bagi Kamu yang baru lulus dan belum mempunyai pengalaman kerja, maka bisa memulai karir sebagai trainee akuntan. Kamu akan bekerja dengan sistem kontrak namun mempunyai tanggung jawab layaknya seorang karyawan tetap.

Setelah menjalani posisi ini, Kamu berkesempatan untuk menjadi karyawan tetap melalui tahap seleksi lanjutan.

  • Junior Associate

Posisi junior associate adalah awal mula karir sebagai akuntan publik. Pada jenjang ini, pekerjaan dan tanggung jawab menjadi lebih terperinci.

  • Senior Associate

Setelah Kamu mempunyai kemampuan serta kualitas yang mumpuni, Kamu berpeluang menduduki posisi sebagai senior associate. Tanggung jawab posisi ini pun lebih mendetail dan mengharuskan Kamu berintegrasi dengan manager.

  • Manager

Posisi manager mempunyai tugas untuk memastikan segala hal yang berkaitan dengan klien berjalan baik.

Selanjutnya, Kamu akan berkesempatan naik ke posisi yang lebih tinggi lagi, seperti senior manager, atau managing director.

  • Partner

Posisi partner merupakan yang tertinggi sebagai seorang akuntan. Akuntan yang berada di posisi ini mempunyai tanggung jawab mengambil semua keputusan dari perusahaan. Namun, untuk bisa menempati posisi ini, Kamu harus berkarir di bidang akuntan selama lebih dari 15 tahun.

Job desk Seorang Akuntan

Berikut sederet tanggung jawab seorang akuntan, antara lain :

  • Membuat notulen keuangan
  • Mengevaluasi anggaran di perusahaan
  • Bertanggung jawab dengan urusan perpajakan
  • Melakukan penyelidikan adanya kecurangan, agar perusahaan tidak merugi
  • Mengontrol lajunya keuangan perusahaan
  • Mengelola keuangan perusahaan sehingga dapat membantu perusahaan mendapatkan keuntungan

Melihat tanggung jawab di atas, lantas apa saja skills yang akuntan butuhkan?

Seorang akuntan harus mempunyai kemampuan menganalisa dan berpikir kritis. Sehingga bisa menemukan solusi masalah atau mempertimbangkan variabel-variabel yang berpotensi menimbulkan risiko kerugian bagi perusahaan.

Tidak hanya itu, akuntan juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi serta beradaptasi dengan baik. Perlu Kamu ketahui, bahwa proyek yang akan ditangani tidak hanya satu atau dua, melainkan beberapa proyek sekaligus dalam satu waktu. Oleh karena itu, akuntan juga perlu mempunyai kemampuan mengatur waktu dengan baik agar tanggung jawab tidak terbengkalai.

Tampilan Contoh CV Akuntan

Sebelum kamu download, berikut tampilan dan layout template contoh cv akuntan;

Template dan Contoh CV Akuntan Yang Menarik

Template dan Contoh CV Akuntan Yang Menarik

Note: Silakan diganti kak setiap informasi pada contoh cv akuntan diatas ya. Isi juga pendidikan yang relevan.

Font: Arial dan Raleway

Kesimpulan

Itulah informasi sekilas tentang profesi akuntan. Jika Kamu mempunyai kapabilitas sebagai akuntan, segera buat curriculum vitae yang menarik perhatian perekrut. Pastikan gunakan template contoh CV akuntan di atas, yang sudah ATS friendly. Semoga bermanfaat.

Download Contoh CV Akuntan

Sekarang, silakan download contoh cv akuntan diatas dengan mudah dalam format cv kosong word/docx dan pdf lewat tautan dibawah ini:

Note: Semua informasi pada contoh cv diatas seperti nama, foto (depositphotos.com), alamat, no hp, email, website adalah fiktif dan hanya sebagai ilustrasi saja dalam memudahkan si pelamar mengubah informasi pada contoh cv diatas.
Hai adik-adik calon ASN, sesuai informasi dari BKN (dikdin.bkn.go.id), Pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka mulai awal April 2022. Sementara ujian SKD nya bulan Mei - Juni 2022. Agar persiapan kamu makin mantap, kamu bisa latihan lewat TRY OUT soal SKD Sekolah Kedinasan 2022. Kamu bisa daftar (klik) di AYOCPNS. Gunakan Kode Promo/Referral: 52CPI3 untuk mendapatkan harga khusus. Sukses buat kamu ya!

Sharing is caring!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan sekarang
Terima informasi terbaru dari website ini, berlangganan sekarang.
Loading