Agar bisa lolos saat proses wawancara seleksi kerja, kamu harus tahu 30 pertanyaan interview sering keluar di artikel ini. Tidak hanya pertanyaannya saja, tetapi lengkap juga dengan alternatif jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Salah satu tips saat interview kerja adalah menjawab dengan lugas, baik, relevan, dan jujur. Lugas artinya kamu harus percaya diri dengan jawaban kamu agar pewawancara tidak meragukan jawaban yang kamu berikan.

30 Pertanyaan Interview Sering Keluar Saat Seleksi Kerja Serta Tips Menjawabnya
Foto: pixabay.com

Jawaban yang baik dan relevan artinya harus sesuai dengan konteks pertanyaan tersebut. Jujur artinya harus sesuai dengan kondisi kamu, jangan mengarang atau berbohong karena akan berdampak buruk terhadap penilaian.

Daftar isi

Begini Cara  Menjawab 30 Pertanyaan Interview Sering Keluar

Agar bisa menjawab dengan sesuai, kamu harus banyak membaca dan berlatih mengenai pertanyaan-pertanyaan interview kerja. Berikut ini adalah 30 daftar pertanyaan yang sering keluar saat seleksi kerja yang harus kamu tahu.

1. Coba Deskripsikan Mengenai Diri Kamu

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat memulai dengan menyampaikan latar belakang pendidikan kamu. Selain itu, sebutkan juga jurusan dan prestasi akademis terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Kemudian jelaskan pengalaman kerja kamu sebelumnya, serta fokus pada proyek atau tanggung jawab kamu. Kamu juga bisa menekankan pada pekerjaan yang menonjolkan keterampilan relevan yang kamu miliki.

Baca juga Contoh Pertanyaan Interview Pramugari

2. Mengapa Kamu Tertarik untuk Bekerja di Perusahaan Ini?

Alasan mengapa kamu tertarik dengan perusahaan juga salah satu pertanyaan interview sering keluar. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ketertarikan atau motivasi kamu bekerja di tempat tersebut.

Kamu bisa menjawabnya dengan menjelaskan bidang pekerjaan apa yang menarik perhatian kamu. Kamu juga bisa menambahkan kelebihan perusahaan ini, misalnya dalam inovasi teknologi, dan lainnya.

3. Apa Kelebihan dan Kelemahan Kamu?

Tidak sedikit orang yang merasa bingung dengan pertanyaan interview sering keluar yang satu ini. Saat menjelaskan kelebihan, kamu bisa memberikan contoh konkret tentang keterampilan dan pencapaian kamu.

Sedangkan untuk menjawab kelebihan, kamu bisa menyebutkan salah satu kekurangan kamu, misalnya kurang teliti. Setelah itu, kamu jelaskan bagaimana upaya kamu untuk mengatasi kekurangan pada diri kamu.

4. Bagaimana Kamu Melihat Diri Kamu dalam Lima Tahun Ke Depan?

Banyak orang terjebak dengan pertanyaan yang satu ini. Padahal untuk bisa menjawab dengan efektif, kamu bisa jelaskan langkah-langkah rinci dan konkret yang kamu lakukan dalam lima tahun ke depan.

Kamu tidak perlu menjelaskan secara abstrak, sebaliknya tonjolkan rencana kamu dalam mengembangkan keterampilan kamu. Kamu juga bisa menambahkan peran yang kamu inginkan dalam pekerjaan kamu selanjutnya.

5. Sebutkan Alasan Mengapa Kamu Cocok dengan Posisi Ini?

Jika pewawancara mengajukan pertanyaan ini, jawablah dengan tenang dan terstruktur dengan baik. Mulailah dengan menjelaskan kemampuan kamu, keterampilan kamu, dan peran yang bisa kamu kerjakan.

Pertanyaan interview sering keluar satu ini sebenarnya ingin mengetahui kontribusi apa yang sekiranya bisa kamu berikan untuk perusahaan. Jadi kamu bisa juga tambahkan contoh-contoh pekerjaan yang relevan.

6. Bagaimana Kamu Menangani Tekanan dan Tenggat Waktu?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa elaborasikan cara kamu dalam merencanakan dan mengelola waktu. Berikan juga contoh spesifik tentang situasi di mana kamu berada di bawah tekanan dan berhasil mengatasinya.

Untuk pertanyaan interview sering keluar ini, kamu juga bisa menjelaskan bagaimana kamu bisa memanajemen pekerjaan dengan baik. Sehingga kamu bisa mengatur waktu berdasarkan prioritas pekerjaan tersebut.

7. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Untuk bisa menjawab pertanyaan interview sering keluar satu ini, maka lakukan riset tentang perusahaan sebelum kamu melakukan wawancara. Dengan begitu, kamu bisa menjawab dengan lancar dan menunjukkan minat kamu.

Kamu bisa menjelaskan secara detail mengenai apa yang kamu temukan selama riset tentang perusahaan. Jika bisa, sebutkan juga proyek, inovasi, atau berita terbaru yang memperlihatkan perhatian kamu terhadap perkembangan perusahaan.

Lihat juga Contoh Pertanyaan Interview Bank BNI

8. Apa Keterampilan yang Paling Penting untuk Posisi Ini?

Keterampilan berkaitan dengan peluang pekerjaan yang nantinya kamu dapatkan. Oleh karena itu, jawablah pertanyaan interview sering keluar tersebut dengan jujur dan detail.

Sebutkan salah satu contoh pekerjaan atau pengalaman yang menunjukkan penggunaan keterampilan kamu tersebut. Hal ini akan memberikan gambaran tentang sejauh mana kamu memahami kebutuhan posisi dalam pekerjaan tersebut.

9. Bagaimana Cara Kamu Menyelesaikan Konflik di Tempat Kerja?

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini dengan tepat, kamu bisa paparkan contoh kasus atau konfliknya terlebih dahulu. Setelah itu kamu uraikan langkah apa saja yang akan kamu lakukan untuk mengatasinya.

Hal ini membutuhkan pandangan kritis, pendekatan, dan tindakan konkret yang akan kamu lakukan dalam pekerjaan. Pertanyaan ini juga bertujuan untuk melihat keahlian komunikasi, empati, dan kemampuan mediasi kamu.

10. Apa Pencapaian Terbesar Kamu?

Tentu sebutkan salah satu pencapaian kamu yang sesuai atau relevan dengan konteks pekerjaan yang akan kamu lamar. Jelaskan juga strategi yang kamu lakukan sehingga bisa mendapatkan pencapaian tersebut.

Jelaskan juga langkah-langkah konkret yang kamu ambil, hambatan yang dihadapi, dan dampak positifnya. Jika bisa, sertakan juga aspek manfaat komunitas atau tim ketika memberikan contoh konkret tersebut.

11. Mengapa Kamu Keluar dari Pekerjaan Sebelumnya?

Ini juga merupakan salah satu pertanyaan interview sering keluar yang kerap menjebak ketika wawancara. Kamu bisa menjelaskan alasan untuk meninggalkan pekerjaan sebelumnya dengan menyertakan alasan yang relevan.

Kamu bisa jawab jika di perusahaan sebelumnya memang memberikan pengalaman yang berharga, namun kamu ingin mencari pengalaman baru. Ceritakan juga harapan kamu bisa lebih berkembang di perusahaan ini.

12. Bagaimana Kamu Membedakan Tujuan Personal dan Profesional?

Untuk menjawab pertanyaan ini, jangan jelaskan secara abstrak, namun lebih detail dan konkret. Misalnya dengan menjelaskan pendekatan dan langkah-langkah yang kamu ambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Kamu juga bisa memberikan salah satu contoh, misalnya kamu menargetkan tujuan tertentu. Kemudian kamu jelaskan bagaimana kamu bisa mencapainya dan evaluasi juga cara yang kamu lakukan sebelumnya.

13. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Industri Ini?

Pertanyaan ini mirip dengan pertanyaan interview sering keluar yang menanyakan pengetahuan tentang perusahaan. Namun jika dalam bidang industri, kamu bisa menarik aspek dan konteks yang lebih luas.

Misalnya dengan menjelaskan bagaimana perkembangan dalam industri ini, pertumbuhan teknologi, peluang inovasi, dan lainnya. Tambahkan juga bagaimana kamu bisa beradaptasi dengan perkembangan industri tersebut.

14. Apakah Kamu Memiliki Pertanyaan untuk Kami?

Kemungkinan pertanyaan ini muncul saat wawancara adalah 90%. Ini adalah kesempatan kamu untuk mengajukan pertanyaan terkait perusahaan dan menunjukkan minat kamu pada pekerjaan tersebut.

Kamu bisa menanyakan soal regulasi untuk pegawai, asuransi yang diberikan untuk pegawai, beban kerja, perlindungan untuk pegawai, dan lainnya. Kamu juga bisa menanyakan terkait gaji dan hal detail lainnya.

15. Bagaimana Kamu Menghadapi Perkembangan Teknologi di Industri Ini?

Jelaskan bagaimana kamu mengikuti perkembangan teknologi terbaru melalui pelatihan, seminar, atau membaca literatur industri. Jelaskan juga pemahaman kamu mengenai inovasi teknologi dalam industri tersebut.

Jika kamu memiliki pengalaman sebelumnya, kamu juga bisa menambahkannya untuk menjawab pertanyaan interview sering keluar satu ini. Misalnya cara kamu menggunakan teknologi dalam bekerja.

16. Apa yang Membuat Kamu Merasa Bangga pada Karir Kamu?

Jangan terkecoh dalam menjawab pertanyaan ini dengan hal-hal yang bersifat personal. Kamu bisa memberikan jawaban mengenai detail proses dan tantangan yang telah kamu hadapi untuk mencapai tujuan atau karir kamu.

Jelaskan bahwa tantangan tersebut yang membuat kamu percaya diri dalam berkarir dan memiliki sikap tidak pantang menyerah. Setelah itu, tekankan bahwa kamu juga akan membawa semangat itu dalam pekerjaan tersebut.

Cek juga Kiat Sukses Interview Kerja

17. Apa yang Kamu Lakukan Jika Berselisih Pendapat dengan Rekan Kerja?

Pertanyaan interview sering keluar satu ini untuk mengetahui cara kamu dalam menyelesaikan konflik dengan rekan kerja. Jika demikian maka berikan saja contoh konkret atau pengalaman kamu sebelumnya.

Misalnya di pekerjaan sebelumnya, kamu pernah berbeda pendapat dengan rekan kerja. Kemudian jelaskan bagaimana kamu bisa menyelesaikan dan mencari solusi untuk masalah tersebut.

18. Apakah Kamu Punya Pengalaman Bekerja dalam Keberagaman?

Kamu bisa jelaskan bagaimana cara kamu dalam menghargai keberagaman. Jelaskan juga bagaimana kamu kerap berperan dalam pekerjaan dalam tim yang memerlukan kolaborasi.

Kamu juga bisa menambahkan dengan menyebutkan tantangan dalam kolaborasi dan apa yang kamu lakukan untuk menaklukkan tantangan tersebut. Agar lebih jelas, kamu bisa memberikan contoh atau pengalaman kamu.

19. Apa Langkah Konkret yang Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Keterampilan?

Pertanyaan ini berhubungan dengan bagaimana kamu berupaya untuk mengembangkan keterampilan kamu. Misalnya dengan mengikuti kurus, pelatihan, seminar, dan lainnya.

Jawablah pertanyaan interview sering keluar yang satu ini dengan menyebutkan secara detail upaya-upaya yang kamu lakukan. Jelaskan juga bagaimana kamu bisa menerapkan keterampilan tersebut ketika bekerja.

20. Bagaimana Cara Kamu Menilai Keberhasilan?

Kamu bisa menjawabnya dengan bagaimana kamu memaknai keberhasilan serta bagaimana kamu belajar dari kegagalan. Jelaskan juga cara yang kamu lakukan untuk mencapai keberhasilan tersebut.

Kamu tentu bisa menambahkan keberhasilan kamu di bidang tertentu, misalnya dalam pendidikan. Kemudian jelaskan langkah-langkah atau strategi seperti apa yang kamu gunakan untuk mencapainya.

21. Bagaimana Tanggapan Kamu Mengenai Kritik Konstruktif?

Kritik konstruktif adalah jenis kritik yang membangun. Jika kamu mendapatkan pertanyaan interview sering keluar yang satu ini, maka jawablah dengan bijak.

Misalnya dengan menjelaskan bahwa kritik adalah evaluasi terhadap diri kamu yang bisa membuat kamu lebih berkembang. Sampaikan juga bahwa kamu pribadi yang terbuka terhadap kritik dari orang lain.

22. Bagaimana Cara Kamu Mengelola Waktu Jika Ada Banyak Tugas Mendesak?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjelaskan strategi yang kamu lakukan, misalnya dengan menentukan skala prioritas. Kamu terbiasa mengurutkan pekerjaan sesuai dengan urgensinya

Kamu bisa menambahkan secara teoritis, yaitu menggunakan metode Eisenhower untuk membedakan tugas-tugas yang penting dan mendesak. Bisa juga menambahkan teknik yang kamu lakukan, seperti pomodoro.

23. Bagaimana Cara Kamu Mendukung Rekan Tim Kamu?

Selanjutnya, pertanyaan interview sering keluar ini biasanya untuk mengetahui kemampuan leadership kamu. Maka kamu bisa menjawabnya dengan berupaya memberikan dukungan dan motivasi terhadap rekan tim.

Dukungan tersebut kamu sampaikan dalam bentuk bantuan untuk menyelesaikan masalah secara terstruktur. Hal ini akan mengurangi beban kerja dari rekan tim dan akan kembali semangat bekerja.

24. Apa Strategi Kamu untuk Terus Mengetahui Perkembangan Industri Ini?

Kamu bisa menjawab bahwa, agar tetap terkini dengan tren industri, kamu terbiasa membaca berita, mengikuti seminar, dan bergabung dengan komunitas. Kamu juga bisa jelaskan apa saja peran kamu dalam komunitas.

Untuk memperluas pengetahuanmu, kamu juga bisa sampaikan artikel atau jurnal apa yang biasa kamu baca. Tentunya, kamu juga harus menyesuaikan relevansinya dengan bidang pekerjaan tersebut.

25. Bagaimana Kamu Menentukan Skala Prioritas dalam Pekerjaan?

Pertanyaan teknis semacam ini merupakan pertanyaan interview sering keluar  dan harus dijawab secara terstruktur dengan baik. Kamu bisa menjelaskan bahwa kamu terbiasa melakukan analisis untuk menentukan prioritas.

Analisis ini untuk mengidentifikasi bobot pekerjaan serta tenggat waktu yang diberikan. Dengan begitu, kamu bisa menyusun prioritas pekerjaan kamu dengan tepat dan efektif.

26. Apakah Kamu Lebih Suka Bekerja Mandiri atau Bersama Tim?

Kamu bisa menjawab bahwa kamu bisa beradaptasi pada dua hal tersebut, baik individu maupun tim. Bekerja secara individu akan membuat kamu lebih fokus pada detail.

Sedangkan bekerja dalam tim membuat kamu memiliki lebih banyak perspektif baru dan beragam. Ini juga menjadi pembelajaran bagi kamu untuk terus berkembang.

27. Bagaimana Strategi Kamu Untuk Membangun Hubungan Kerja dengan Klien?

Pertanyaan interview sering keluar satu ini biasanya untuk posisi di bagian pemasaran. Maka kamu harus menjelaskan kemampuan komunikasi yang kamu miliki untuk membangun hubungan dengan klien.

Kamu juga bisa menambahkan jika kamu memiliki kemampuan dalam mengatur dan mengelola emosi dengan baik. Dengan begitu, kamu akan dinilai memiliki keterampilan dan kontrol diri yang baik.

28. Bagaimana Cara Kamu Beradaptasi dengan Budaya Perusahaan Ini?

Kamu bisa menjawabnya dengan menjelaskan bahwa budaya perusahaan yang positif akan berdampak pada kinerja perusahaan. Oleh karena itu, kamu akan berupaya untuk beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan tersebut.

Tambahkan juga bahwa kamu akan membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja. Serta bisa memposisikan diri dan aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di lingkungan pekerjaan.

29. Bagaimana Cara Kamu Menangani Keterbatasan Keterampilan?

Sebenarnya, pertanyaan interview sering keluar satu ini mirip dengan pertanyaan mengenai kekurangan diri kamu. Kamu bisa menjawabnya dengan bijak untuk menunjukkan bahwa kamu terbuka dengan kritik dan saran.

Ketika pengalaman kamu terbatas, maka kamu berinisiatif untuk belajar dan bertanya. Sampaikan juga bahwa kamu terbuka dengan berbagai ilmu baru yang didapatkan dari senior maupun rekan kerja yang lebih berpengalaman.

30. Apa Strategi Kamu untuk Beradaptasi dengan Teknologi Baru?

Kamu bisa menjawab bahwa kamu menyadari adanya teknologi yang terus berkembang dan berdampak pada industri ini. Oleh karena itu, kamu selalu berusaha meningkatkan keterampilan dalam hal teknologi terbaru.

Sebutkan juga upaya-upaya apa yang sudah kamu lakukan, misalnya dengan belajar dari channel YouTube tertentu, pelatihan, dan lainnya. Kamu juga belajar agar bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi di industri tersebut.

Kesimpulan

Jika kamu sudah punya pengalaman interview, manakah dari pertanyaan interview sering keluar di atas yang pernah diajukan? Untuk contoh-contoh konkret, tentunya kamu bisa improve sesuai dengan kondisi dan konteks relevansi masing-masing.

Lihat juga contoh pertanyaan interview bank Mandiri


Dapatkan informasi seputar karir, lowongan kerja, tips-tips interview yang dikirim ke email kamu. Berlangganan dibawah ini sekarang! Masukkan email lalu tekan enter atau go via hp kamu.
Loading

Info Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BIMBEL & TRYOUT SKD CPNS 2024