Mempersiapkan wawancara kerja dengan mengetahui pertanyaan interview Bank Mandiri dan jawaban tepatnya adalah hal baik. Bekerja di BUMN, salah satunya Bank Mandiri menjadi impian setiap orang, barangkali termasuk juga Anda.

Namun, untuk mencapai posisi sebagai karyawan tetap, apalagi dalam posisi menjanjikan biasanya cukup banyak pesaing. butuh tekad kuat untuk menyingkirkan para pesaing tersebut dengan cara sehat, yakni meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri.

Baca juga Contoh Pertanyaan Interview Astra International

Buktikan bahwa kamu layak menempati posisi pekerjaan tertentu dengan menyiapkan pertanyaan dan mencari jawabannya. Ingin tahu detailnya seperti apa? Mari simak penjelasan di bawah ini!

Pertanyaan Interview Bank Mandiri

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tertentu terkait rekrutmen karyawan baru, termasuk juga Bank Mandiri. Ada serangkaian proses harus dilalui, mulai dari seleksi berkas, wawancara berkali-kali, tes, sampai akhirnya bisa tanda tangan kontrak.

Contoh Pertanyaan Interview Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki kriteria tertentu dan pastinya berbeda pada setiap posisi dan tingkatan. Sebagai referensi, kami memiliki beberapa contoh pertanyaan sekaligus jawaban yang akan diulas melalui pembahasan berikut!

Pertanyaan Wawancara di Bank Mandiri dan Jawabannya

Kami tidak hanya memberikan pertanyaan yang umumnya dilayangkan oleh pihak Bank Mandiri. Kami juga mengajak kamu mempersiapkan jawabannya melalui gambaran rinci di bawah ini:

  • Silakan perkenalkan diri?

Jawabannya harus tepat sasaran, tidak perlu terlalu panjang dan bertele-tele, namun fokus pada siapa nama kamu, berapa usia, pendidikan, serta pengalaman kerja jika tersedia. Yakinkan perusahaan untuk menerima kamu dalam posisi tertentu.

“Nama saya adalah Ari Wibowo. saya lahir pada 4 Desember 1992 dan lulus dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada tahun 2014. Saya pernah bekerja sebagai Akuntan di Perusahaan X selama 3 tahun, kemudian menempati posisi sebagai Manajer Keuangan selama 7 tahun”.

  • Apa yang kamu ketahui tentang Bank Mandiri?

Mandiri adalah salah satu bank milik negara atau BUMN yang memiliki visi menjadi lembaga keuangan asli Indonesia paling progresif sehingga bisa dikagumi banyak orang. Bank Mandiri memiliki lima misi, diantaranya:

  1. Orientasinya untuk memenuhi kebutuhan pasar.
  2. Pengembangan SDM secara profesional.
  3. Memberikan untung maksimal untuk stakeholder.
  4. Manajemen yang dilaksanakan adalah manajemen terbuka.
  5. Memedulikan kepentingan lingkungan serta masyarakat.

Bank Mandiri adalah salah satu bank milik negara yang memberikan penawaran sistem keuangan konvensional dan syariah melalui Mandiri Syariah. Kepekaan dan keterampilan staf menjadi salah satu kunci mewujudkan visi misi di atas.

  • Apa yang membuat kamu tertarik melamar di perusahaan kami?

Jawabannya harus positif, tidak boleh membandingkan perusahaan tujuan dengan perusahaan lama. Jangan juga berlebihan karena akan terkesan tidak jujur dalam menjawab pertanyaan interview Bank Mandiri satu ini.

Jawab saja, “Karena saya ingin mengembangkan karier lebih baik dari posisi sebelumnya, Saya rasa dengan pengalaman bekerja sebagai Manajer Keuangan selama 7 tahun bisa menjadi modal untuk saya mengemban tugas baru di perusahaan ini”.

  • Kenapa berhenti dari pekerjaan sebelumnya?

Jawabannya harus objektif, tidak boleh melibatkan urusan pribadi sekalipun saat keluar kerja ada drama, misalnya. Jawabannya harus memuaskan HRD, tetapi juga tidak boleh berlebihan.

Misal, “Karena saya melihat ada kesempatan lebih baik di perusahaan ini sehingga saya bisa mengembangkan diri lebih baik. Saya rasa dedikasi saya di perusahaan lama sudah sangat cukup dan menjadi bekal untuk saya menjalani peran baru di perusahaan baru”.

  • Biasanya, pertanyaan interview Bank Mandiri lainnya yang sering muncul adalah, Apakah kamu melamar juga di perusahaan lain?

Jawab secara tepat, tidak perlu menutupi fakta karena bukan artinya pertanyaan ini mengharuskan kamu hanya melamar di satu perusahaan. Justru karena kamu melamar di banyak perusahaan dan dinilai kompeten maka waktu rekrutmen bisa disesuaikan.

Untuk contoh jawabannya adalah, “Saya melamar ke beberapa perusahaan dan melihat salah satu peluang baik ada di Bank Mandiri”.

  • Siapkah ditempatkan di semua lokasi?

Ya. Mau tidak mau kamu harus menjawab iya karena ada beberapa pekerjaan yang selaras dengan resikonya dipindahkan ke cabang-cabang di seluruh Indonesia.

  • Gambarkan seperti apa kondisi ekonomi Indonesia saat ini?

Untuk menjawab pertanyaan interview Bank Mandiri ini, kamu bisa mengaitkannya dengan dunia perbankan yang berhubungan dengan uang. Kamu juga bisa mengaitkannya dengan situasi ekonomi yang sedang tren sekarang.

Seperti, “Indonesia merupakan negara dengan potensi SDA terbaik, pemerintah saat ini sudah mengalihkan ekspor bahan mentah jadi bahan setengah jadi. Peluang ini berpotensi menaikkan angka pendapatan negara sehingga ekonomi otomatis semakin meningkat.

Dampak baiknya terhadap perbankan adalah semakin banyak orang menyimpan uang di bank dan semakin mudah bank memberikan layanan untuk nasabah. Ketika perputaran uang berjalan baik maka dampaknya akan terasa untuk semua orang tanpa terkecuali”.

  • Bentuk pertanyaan interview Bank Mandiri berikutnya biasanya terkait kelebihan dan kekurangan kamu?

Pastikan menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat dan sesuai konteksnya. Karena sekarang tujuannya untuk melamar kerja maka pastikan bahwa kelebihan dan kekurangan tersebut berhubungan dengan profesi yang nanti kamu jalani.

“Kelebihan saya adalah mampu menemukan permasalahan dengan cepat sehingga mampu memperbaikinya dengan cepat juga. Di perusahaan lama saya nyaris tidak pernah melakukan kesalahan ketik pada laporan keuangan sama sekali sehingga laporan selalu stabil.

Sementara kekurangan saya adalah kesulitan menghitung tanpa alat bantu karena sejak awal bekerja selalu difasilitasi oleh alat bantu hitung. Butuh waktu sedikit lebih lama ketika tidak ada kalkulator yang bisa saya gunakan”.

  • Bank Mandiri biasanya juga menyiapkan pertanyaan interview Bank Mandiri, seperti berapa besar gaji yang diharapkan?

Jawab dengan jujur dan pastikan kamu menyesuaikan kemampuan dengan besaran gaji yang diminta tersebut. Kamu bisa riset lebih dulu standar gaji di perusahaan tujuan berapa untuk posisi yang dilamar.

  • Jika kamu tahu tentang visi-misi Bank Mandiri, lantas apa kelebihan Bank Mandiri yang membuat nasabah mau menggunakan jasa kami?

Posisi Bank Mandiri di negara adalah salah satu lembaga keuangan dengan kepemilikan aset terbesar. Ini artinya, kenyamanan nasabah sangat terjamin karena Bank Mandiri minim dari kemungkinan merugi.

Nasabah dapat merasakan langsung pelayanan terbaik dari teller dan CS dalam melayani setiap tujuan transaksi. Hal ini kiranya yang menjadi alasan orang memilih Mandiri dibandingkan bank lainnya.

  • Lanjut ke pertanyaan interview Bank Mandiri lainnya, biasanya berisi tentang apakah kamu memiliki pertanyaan atau tidak?

Biasanya pertanyaan ini ditempatkan pada akhir wawancara sebagai penutup dan kesimpulan untuk semua pertanyaan sebelumnya. Kamu harus menjawab pertanyaan tersebut secara profesional dan tentunya meliputi konteks perusahaan saja.

Jawabannya bisa seputar keingintahuan untuk menggali budaya kerja para karyawan di perusahaan. Mulai dari kebiasaan lembur, rapat, pengutaraan pendapat, dan sebagainya.

Baca juga 30 Pertanyaan Interview Sering Keluar

Tertarik bekerja di perusahaan BUMN, salah satunya Bank Mandiri? Ini saatnya kamu mempersiapkan diri dengan baik. Selami semua pertanyaan interview Bank Mandiri serta jawabannya untuk memastikan HRD memberikan kontrak kepada kamu.

Lihat juga 10 Perusahaan Jenjang Karier yang Baik


Dapatkan informasi seputar karir, lowongan kerja, tips-tips interview yang dikirim ke email kamu. Berlangganan dibawah ini sekarang! Masukkan email lalu tekan enter atau go via hp kamu.
Loading

Info Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BIMBEL & TRYOUT SKD CPNS 2024