in

15+ Contoh CV Lamaran Kerja Format Word Berbagai Posisi

CV (resume) merupakan persyaratan dan dokumen penting yang dibuat oleh si pelamar dengan informasi kualifikasi, pengalaman kerja, keahlian, dsb untuk melamar suatu posisi tertentu. Pada postingan ini, admin akan berbagi lebih dari 15 contoh cv lamaran kerja format word untuk berbagai posisi siap pakai.

Selain cv, surat lamaran kerja juga menjadi salah satu hal penting yang dibuat oleh si pelamar dengan isi surat bermaksud melamar suatu posisi pada perusahaan tertentu. Untuk tips seputar surat lamaran, kamu bisa lihat pada kategori surat lamaran.

Juga bisa kamu download: 10 Template Surat Lamaran Kerja Siap Pakai Format Word


Btw, postingan ini cukup panjang, jadi kamu bisa langsung lompat (via Daftar Isi) ke topik atau template cv yang sedang kamu cari ya.

Mari kita lihat 15+ contoh cv lamaran kerja format word berikut ini sesuai dengan posisi pekerjaan masing-masing.

Daftar isi

Hotel Receptionist

Contoh CV Hotel Receptionist (Contoh CV Lamaran Kerja Format Word)
By tipscv.com

Contoh cv lamaran kerja format word ini adalah contoh CV Hotel Receptionist (Hotel Receptionist Resume).

Kamu bermimpi memiliki karir di sebuah hotel sebagai salah satu pegawai di dalamnya? Jika iya, maka kamu harus segera menyiapkan CV yang relevan untuk mendaftar atau melamar di posisi yang diinginkan. Bukan tanpa sebab, karena harus kamu ketahui bahwa persaingan untuk melamar pekerjaan di sebuah hotel sangat ketat sehingga perlu effort yang lebih.

Salah satu pekerjaan yang sering diimpikan oleh para pencari kerja di sebuah hotel adalah hotel receptionist. Posisi ini memiliki jenjang karir yang menjanjikan serta gaji yang lumayan sehingga tak sedikit orang yang berminat melamar.


Apa Itu Hotel Receptionist?

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk CV Hotel Receptionist
Photo by Mikhail Nilov

Hotel receptionist adalah mereka yang memiliki tanggung jawab untuk menerima tamu, mengangkat telepon, dan menghubungkan ke divisi lain yang berkaitan di hotel tersebut.

Dapat dikatakan bahwa resepsionis hotel merupakan cerminan dari representasi sebuah hotel tempatnya bekerja. Anggap saja resepsionis hotel adalah mereka yang disebut sebagai pembawa karakter pada hotel untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, tidak perlu heran apabila resepsionis memiliki peranan yang sangat penting, salah satunya di sebuah hotel.

Karir sebagai Hotel Receptionist

Selanjutnya, setelah mengenal sedikit tentang apa itu hotel receptionist, selanjutnya kamu juga harus paham apa saja jenjang karir yang ditawarkan untuk posisi penting ini.

Baca juga: Contoh Pertanyaan Interview di Hotel

Adapun jenjang karir yang ditawarkan antara lain, Staff Resepsionis, Supervisor, Front Desk Manager. Tingkatan tersebut adalah jenjang karir umum yang biasa ditemui di sebuah hotel, khususnya di bagian resepsionis dimana Front Desk sebagai posisi tertinggi menjadi pemimpin jalannya tugas di bagian resepsionis.

Kamu bisa juga lho perlahan merangkak naik dari yang hanya seorang staff biasa menjadi manager tinggi dengan usaha yang sepadan pula.

Job Desk Hotel Receptionist

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Job Desk Hotel Receptionist
Photo by Mikhail Nilov

Walaupun terdengar sederhana, tetapi pada kenyataannya tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis hotel cukup komplek. Pada dasarnya, resepsionis memang harus tetap terlihat ramah dan murah senyum agar pelanggan dapat dilayani dengan baik.

Selain itu, berikut ini sedikit penjabaran singkat tentang job desk dari seorang hotel receptionist.

  • Memberi salam pada tamu hotel dan tidak lupa tersenyum dengan ramah
  • Memberikan informasi sesuai kebutuhan tamu hotel
  • Melayani tamu yang datang ke hotel
  • Memberikan informasi nomor kamar dan kunci atau arahan menuju kamar tamu
  • Memberikan informasi tentang jadwal makan, password WIFI, dan kebutuhan lain kepada pelanggan

Beberapa pihak manajemen hotel tertentu mungkin memiliki sistem yang sedikit berbeda sehingga kamu akan mudah menemukan job desk lain di luar job desk yang dijelaskan di atas.

Dapatkan contoh cv Hotel Receptionist

Font: Will&Grace dan Arial

Nah, silakan kamu download contoh cv Hotel Receptionist pada tautan dibawah ini:

Download “CV Hotel Receptionist” cv-hotel-receptionist.docx – Downloaded 3 times – 306 KB

Housekeeping

Contoh CV HouseKeeping untuk Contoh CV Lamaran Kerja Format Word
CV by tipscv.com

Contoh cv lamaran kerja format word selanjutnya adalah contoh cv housekeeping (Housekeeping Resume).

Mari kita bahas sepintas tentang pekerjaan sebagai Housekeeping.

Housekeeping itu apa sih?

Housekeeping diambil dari dua kata, yakni House yang artinya rumah dan Keeping yang artinya memelihara. Pekerjaan sebagai HouseKeeping merupakan sebuah manajemen yang memiliki tanggung jawab untuk mengurus kebutuhan di rumah tangga.

Adapun tanggung jawab yang harus diurus oleh HouseKeeping adalah memasak, mengurus tagihan, membersihkan sudut ruangan, hingga berbelanja. Pekerjaan sebagai HouseKeeping bertugas di departemen operasional baik di hotel maupun di suatu apartemen. Mereka bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, hingga keindahan di setiap ruangan.

Karir sebagai Housekeeping

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Karir sebagai Housekeeping
Photo by Liliana Drew

Setelah sedikit mengetahui tentang HouseKeeping, kamu juga harus tahu apa saja jenjang karir dari pekerjaan yang satu ini. Adapun beberapa jenjang karir yang bisa didapatkan dari seorang HouseKeeping adalah sebagai berikut:

  • Executive HouseKeeper
  • Assistant HouseKeeper
  • Order Taker
  • Floor Supervisor.

Untuk bisa merangkak ke posisi yang tinggi, tentu saja kamu membutuhkan usaha yang ekstra yakni membuat kinerja menjadi lebih baik lagi. Namun, sebelum itu, kamu bisa memulai pekerjaan dari HouseKeeping terlebih dahulu. Untuk bisa mendapatkannya, tentu saja kamu harus ‘mempercantik’ CV yang akan kamu buat untuk melamar pekerjaan tersebut.

Job Desk Housekeeping

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Job Desk Housekeeping
Photo by Liliana Drew

Sudah disinggung sebelumnya bahwa tugas utama dari seorang HouseKeeper adalah menjaga kebersihan, kerapihan, hingga keindahan di hotel atau apartemen. Untuk tahu lebih rinci terkait job desk atau tugas dari seorang HouseKeeper adalah sebagai berikut.

  • Menghubungi front officer tentang kamar yang telah dipesan
  • Membuat pencatatan dan pemeriksaan barang hilang atau rusak
  • Membagi jadwal cleaning supplies
  • Membuat laporan jadwal HouseKeeping
  • Memiliki tanggung jawab pada jalannya pekerjaan
  • Mengisi dan membuat buku daftar hadir
  • Memelihara kamar di area hotel
  • Menjaga kebersihan linen dan seluruh area hotel
  • Menjaga peralatan kerja untuk HouseKeeping dengan baik

Selain beberapa job desk yang telah disebutkan, mungkin saja kamu akan menemukan job desk lain yang tentunya masih berkaitan dengan HouseKeeping. Karena di setiap manajemen HouseKeeping memiliki peraturan yang berbeda, maka hal ini tidaklah menjadi masalah yang serius.

Download contoh cv housekeeping

Font: Raleway dan Arial

Bila kamu tertarik dengan contoh cv housekeeping ini, dengan senang hati, kamu bisa download ya lewat link dibawah ini:

Download “CV Housekeeping” cv-housekeeping.docx – Downloaded 5 times – 197 KB

Koki (Cook)

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Contoh CV Koki

Contoh cv lamaran kerja format word berikutnya adalah contoh cv koki (Cook or Chef Resume).

Bagi yang memiliki bakat terpendam di bidang memasak, menjadi chef atau koki mungkin bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang dapat kamu pilih.

Juru masak atau yang sering disebut dengan koki memiliki jenjang karir yang cukup luas dan menjanjikan. Restoran atau tempat makan baik yang kecil maupun besar sekalipun tentu membutuhkan karyawan koki.

Apa itu Koki?

Apa itu Koki
Photo by ELEVATE

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah mengetahui apa pekerjaan tentang koki itu. Koki adalah posisi sebagai juru masak yang bertugas dan bertanggung jawab untuk masakan yang akan dihidangkan. Biasanya karir sebagai koki ini bisa dimana saja yang membutuhkan hidangan, misalnya hotel, restoran, penginapan, kapal pesiar dan lain sebagainya.

Tentunya sebagai koki, orang yang menempati posisi tersebut harus menghidangkan makanan yang sesuai dengan permintaan dan tentunya higienis serta enak untuk dimakan. Walaupun terlihat mudah, tetapi koki memiliki kualifikasi yang cukup sulit yakni menghidangkan makanan dengan rasa yang enak.

Karir sebagai Koki

Karir sebagai Koki
Photo by Elle Hughes

Berbicara tentang jenjang karir, mungkin sebagai koki tidak banyak yang bisa ditempuh. Tetapi walaupun demikian, posisi ini memiliki jenjang karir yang sangat menjanjikan, lho.

Adapun jenjang karir sebagai koki adalah Cook Helper atau Kitchen Assistant, Commis, Demi Chef atau Supervisor atau Chef de Partie, Sous Chef, hingga Executive Chef. Untuk bisa merangkak naik di posisi yang lebih tinggi, tentu kamu harus memiliki kualitas kerja yang baik pula. Tak apa memulai dari dini, yakni dari koki biasa karena posisi tersebut juga sama pentingnya di dapur.

Apa kerjaan Koki

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Apa kerjaan Koki
Photo by Pixabay

Setelah mengenal sedikit deskripsi tentang pekerjaan sebagai koki, selanjutnya kamu juga harus tahu apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab atau job desk koki. Karena koki tidak hanya soal memasak saja melainkan juga memastikan kualitas masakannya.

Berikut ini beberapa job desk koki yang perlu diketahui.

  • Membuat hidangan dengan kreasi sesuai bidang keahlian
  • Menerima pesanan sesuai yang diperintahkan
  • Melakukan eksperimen terhadap makanan untuk memunculkan inovasi baru pada resep makanan
  • Memastikan bahan masakan higienis dan tetap terjaga dengan baik kualitasnya
  • Mengawasi kondisi dan staff yang ada di dapur
  • Memaksimalkan penggunaan mesin dan fasilitas dapur lainnya dengan efisien

Selain job desk di atas, mungkin saja kamu akan menemukan job desk lain yang tentunya masih berkaitan dengan job desk di atas. Tak perlu khawatir karena biasanya restauran atau hotel membutuhkan tipe masakan yang berbeda sehingga job desk yang diminta juga sedikit berbeda.

Download contoh cv koki

Font: Porter dan Arial

Menarik juga ya sebagai Koki, nah kamu yang mau memakai contoh surat lamaran kerja format word untuk jenis pekerjaan Koki diatas, silakan download pada tautan dibawah ini:

Download “CV Koki” cv-koki.docx – Downloaded 0 times – 335 KB

Kurir (Courier)

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Contoh CV Kurir

Contoh cv lamaran kerja format word selanjutnya adalah contoh cv kurir atau cv delivery driver (Courier Resume).

Apa Itu Kurir?

Sebelum membahas topik utama yang tentang contoh CV Kurir (courier resume), hal pertama yang akan kita kupas adalah tentang pengertian dari profesi kurir itu sendiri.

Kurir adalah mereka yang bekerja untuk mengirim barang yang dikirimkan oleh pengirim kepada penerima. Barang yang dimaksud ini bisa bermacam-macam sesuai yang dikirim oleh pengirim.

Seorang kurir sendiri bisa mengendarai mobil atau truk untuk jarak jauh dan sepeda motor untuk jarak dekat. Tanggung jawab seorang kurir tidak hanya memastikan barang tersebut sampai di tangan penerima saja melainkan juga memastikan keamanan dari barang itu sendiri.

Karir sebagai Kurir

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Karir sebagai Kurir
Photo by cottonbro

Setelah sedikit membahas tentang apa itu kurir, selanjutnya kita akan membahas tentang jenjang karir sebagai kurir. Sebagian besar orang mungkin akan menyepelekan pekerjaan yang satu ini. Namun, prospek atau jenjang karir sebagai kurir ternyata semakin luas untuk saat ini. Adapun jenjang karir sebagai kurir antara lain sebagai Operator, Logistic Specialist, Customer Service Representatives, hingga Manajer. Cukup beragam, bukan?

Job Desk Kurir

Selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja job desk atau tugas dan tanggung jawab seorang kurir. Beberapa orang mungkin hanya mengira kurir mengantarkan paket saja, padahal banyak tugas dan tanggung jawab lain yang mereka jalani. Berikut adalah beberapa job desk kurir yang harus kamu ketahui.

  • Menjemput barang jika pengirim meminta sistem penjemputan barang
  • Mengangkut barang ke kendaraan
  • Mengemudi sesuai dengan titik pengiriman
  • Memastikan barang yang dikirim tetap aman
  • Mencatat pengiriman dan penerimaan
  • Mengembalikan dan melakukan pembongkaran barang ke depo
  • Menggerakkan barang yang tertahan di gudang

Dari sedikit penjelasan job desk kurir di atas, dapat disimpulkan bahwa tugas seorang karir tidak sepele seperti yang orang kira. Bahkan, tugas dan tanggung jawab seorang kurir terbilang cukup berat karena harus memastikan keamanan dari paket yang mereka antar.

Download cv kurir

Font: Sextan Bold dan Roboto

Silakan download contoh cv kurir dibawah ini dalam format word/.docx untuk kamu gunakan melamar pekerjaan sebagai kurir.

Download “CV Kurir” cv-kurir.docx – Downloaded 2 times – 244 KB

Logistik (Logistic)

Contoh CV Logistik

Selanjutnya adalah contoh cv lamaran kerja format word atau .docx untuk di bidang logistik (Logistic Resume).

Apa Itu Logistik?

Kita cari tahu dulu yuk apa itu logistik.

Hal pertama yang akan kita bahas adalah mengenai apa itu logistik dan bagaimana sistem pekerjaannya. Posisi sebagai logistik adalah seorang karyawan yang memiliki tanggung jawab untuk mengatur ketersediaan barang di suatu perusahaan hingga barang tersebut bisa sampai di tangan konsumen tentunya dengan dalam kondisi yang baik disertai dengan biaya seminimal mungkin.

Proses logistik ini tentu berperan sangat penting bagi suatu perusahaan untuk memastikan penyampaian barang dalam kondisi yang aman dan tepat waktu.

Peluang Karir sebagai Logistik

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Peluang Karir sebagai Logistik Contoh cv logistik
Photo by Chanaka

Berikutnya kita juga akan mengulik lebih dalam tentang bagaimana jenjang karir sebagai logistik itu.

Adapun tingkatan atau jenjang karir sebagai logistik adalah Staff Logistik di tingkat junior dengan pengalaman sebanyak 2 tahun, Spesialis Logistik di tingkat menengah dengan pengalaman sekitar 2 hingga 5 tahun, dan terakhir ada Manajer Logistik di tingkat senior dengan pengalaman dari 6 hingga 10 tahun lamanya. Tentunya kamu membutuhkan pengalaman dan harus mengemban posisi dari pemula untuk bisa mencapai posisi yang diinginkan.

Job Desk Logistik

Job Desk Logistik contoh cv lamaran logistik
Photo by Alexander Isreb

Perlu kamu ketahui bahwa seorang karyawan logistik disebut sebagai posisi yang erat kaitannya dengan keluar dan masuknya suatu barang. Tak hanya sekadar mengurus gudang, ada beberapa tugas lain yang dikerjakan oleh bagian logistik ini. Adapun job desk atau tugas dan tanggung jawab logistik antara lain:

  • Melakukan pendistribusian hingga penyimpanan pada inventaris barang dari gudang dan ke gudang
  • Ikut andil dalam menentukan lokasi pergudangan
  • Melakukan perencanaan dan mengelola sistem logistik perusahaan, mulai dari gedung, pelayanan pelanggan, dan transportasi
  • Melaksanakan kewajiban dalam mengendalikan dan menyimpan barang
  • Mengurus proses distribusi produk ke tangan konsumen
  • Melakukan update data layanan informasi inventaris gudang

Dilihat dari job desk yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa pekerjaan di bidang logistik cukup krusial guna memenuhi permintaan pasar yang ada. Oleh karena itu, inilah alasan mengapa karyawan di bidang logistik sangat diperlukan oleh suatu perusahaan.

Dapatkan contoh cv logistik

Font: Anatomia Free dan Arial

Well, silakan download contoh cv logistik dibawah ini dalam format word secara gratis.

Download “CV Logistik” cv-logistik.docx – Downloaded 5 times – 232 KB

Marketing Strategist

Contoh CV Marketing Strategist

Contoh cv lamaran kerja format word menarik berikutnya adalah contoh cv marketing strategist (Marketing Strategist Resume).

Karir di bidang marketing memiliki banyak pilihan posisi yang setiap posisinya memiliki kelebihan tersendiri. Beragamnya posisi di bidang marketing ini membuat banyak orang sangat ingin duduk di posisi tersebut. Salah satu karir di bidang marketing yang banyak dicari adalah Marketing Strategist.

Apa itu Marketing Strategy

Apa itu Marketing Strategy contoh cv marketing strategist
Photo by Lukas

Sebelum tahu apa itu marketing strategy, perlu kamu ketahui apa itu marketing terlebih dahulu. Marketing adalah suatu proses mempromosikan dan mengenalkan produk/brand untuk tujuan agar pembeli mau melirik bahkan membeli produk yang kita tawarkan.

Untuk bisa memaksimalkan jangkauan konsumen, maka diperlukan strategi yang baik. Dari situlah muncul istilah seorang marketing strategist. Marketing strategi adalah posisi yang mengoperasikan hingga membuat metode iklan yang strategis dengan tujuan agar proses pemasaran lebih terarah.

Karir sebagai Marketing Strategist

Karir sebagai Marketing Strategist
Photo by Canva Studio

Mengingat posisi marketing di suatu perusahaan memiliki peran yang sangat penting, tak heran apabila jenjang karir yang ditawarkan juga sangat menjanjikan. Terutama bagi kamu yang memulai karir sebagai marketing strategist, jenjang karir yang bisa kamu tempuh adalah Marketing Manager, Digital Marketing Strategist Specialist, dan posisi sejenisnya.

Tentunya untuk bisa mencapai posisi yang tinggi, kamu perlu usaha yang lebih, salah satunya dengan bersungguh-sungguh saat melamar posisi marketing strategy ini.

Job Desk Marketing Strategist

Job Desk Marketing Strategist contoh cv
Photo by Pixabay

Setelah sedikit berkenalan dengan marketing strategy, selanjutnya kita akan membahas lebih dalam yakni tentang tugas atau job desk dari marketing strategy. Adapun job desk seorang marketing strategist antara lain.

  • Membuat perencanaan hingga pengembangan model strategi marketing yang berkaitan dengan perusahaan
  • Memaksimalkan media sosial sebagai perencanaan marketing digital yang lebih menjanjikan
  • Melakukan pengukuran dan laporan kinerja pemasaran dan membandingkannya dengan target yang sudah dibuat di awal
  • Melakukan penelitian tentang tren dan insight untuk merencanakan model pemasaran yang lebih efektif
  • Menyusun strategi pemasaran sesuai dengan data yang terkumpul
  • Mencari dan memilih teknik yang paling tepat untuk strategi pemasaran yang berkaitan dengan perusahaan
  • Membuat target dan melakukan evaluasi

Selain job desk di atas, bisa saja kamu akan menemukan job desk yang sedikit berbeda di perusahaan tertentu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dapatkan cv marketing strategy

Font: Serenity dan Arial

Silakan download contoh cv marketing strategy dibawah ini dengan format cv kosong word:

Download “CV Marketing Strategy” cv-marketing-strategy.docx – Downloaded 2 times – 173 KB

Office Boy

Contoh CV Office Boy

Kita lanjutkan dengan contoh cv lamaran kerja format word untuk posisi sebagai Office Boy (Office Boy Resume).

Bagi para pekerja kantoran mungkin sudah sangat familiar dengan pekerjaan sebagai Office Boy. Lalu, apa sih profesi sebagai Office Boy itu, dan bagaimana cara kerja serta adakah jenjang karir yang menjanjikan? Semua pertanyaan di atas akan dijawab di bawah ini.

Apa Itu Office Boy?

Contoh cv office boy
Photo by training-sdm.com

Office Boy atau yang lebih dikenal dengan OB adalah mereka para laki-laki yang bertanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan di dalam kantor.

Sebenarnya kata OB sendiri dapat diartikan dengan sederhana memakai bahasa Inggris dimana Office yang artinya kantor, dan Boy yang artinya laki-laki. Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa orang yang bekerja sebagai Office Boy tentunya adalah seorang laki-laki, sama seperti namanya, Boy.

Karir sebagai Office Boy

Setelah berkenalan sedikit dengan pengertian dari Office Boy, selanjutnya kita akan mengulik tentang jenjang karir yang ditawarkan sebagai Office Boy. Walaupun terlihat sepele, tetapi pekerjaan sebagai Office Boy juga memiliki jenjang karir yang lumayan menjanjikan.

Adapun jenjang karir seorang Office Boy antara lain Koordinator Office Boy, dan Supervisor. Meskipun banyak orang yang menganggap sepele pekerjaan ini, tetapi jika kamu tetap berusaha dengan keras, tidak menutup kemungkinan kamu bisa mencapai tingkat Supervisor.

Job Desk Office Boy

Job desk office boy contoh cv office boy
Photo by ppbm.co.id

Agar tidak salah paham, harus kamu pahami terlebih dahulu bahwa tugas Office Boy tidak semudah yang dibayangkan. Mereka harus datang pagi-pagi sekali untuk memastikan kantor bersih dan nyaman digunakan oleh pegawai nantinya. Bahkan, terkadang tugas Office Boy ini masih harus dibagi per hari, per minggu, hingga per bulan, atau diberikan tugas tambahan.

Untuk tahu lebih rinci bagaimana tugas seorang Office Boy ini, simak beberapa poin berikut ini.

  • Membersihkan peralatan kantor, seperti komputer, meja, kursi, dll. sebelum pegawai kantor datang
  • Membersihkan lantai dan karpet memakai vacuum cleaner
  • Menyiapkan minuman untuk pegawai
  • Menyiapkan dokumen dengan melakukan fotocopy
  • Membelikan makanan dan minuman pegawai jika dibutuhkan
  • Membersihkan ruang kerja kantor
  • Merawat dan menyiram tanaman
  • Menyiapkan perangkat penting saat akan diadakan rapat kantor

Dapat dilihat dari tugas dan tanggung jawab Office Boy yang telah disebutkan di atas bahwa profesi ini tidak semudah yang dibayangkan.

Download contoh cv OB

Font: Arial

Silakan download contoh CV Office Boy di bawah ini ya:

Download “CV Office Boy” cv-office-boy.docx – Downloaded 0 times – 252 KB

Office Assistant

Contoh CV Office Girl

CV kreatif menarik berikutnya adalah contoh cv lamaran kerja format word untuk posisi Office Assistant.

Silakan download format cv kosong contoh cv office assistant dibawah ini dalam format word/.docx.

Font: Times dan Arial

Download “CV Office Assistant” cv-office-girl.docx – Downloaded 5 times – 359 KB

Pramuniaga

Contoh CV Pramuniaga

Contoh cv menarik berikutnya adalah contoh cv lamaran kerja format word posisi sebagai Pramuniaga atau juga disebut retail sales associate (retail sales associate resume).

Pernahkah kamu bertemu seseorang di sebuah toko yang bertugas melayani dan memberikan arahan ketika kamu sedang mencari barang tertentu? Jika iya, itulah yang dinamakan seorang pramuniaga. Dimana profesi ini sangat sering dibutuhkan oleh pemilik toko untuk membantunya mengurus toko dan pelanggan.

Apa Itu Pramuniaga?

Apa Itu Pramuniaga contoh cv pramuniaga
Photo by cottonbro

Pramuniaga adalah seorang karyawan yang bekerja di toko atau swalayan atau bahkan perusahaan yang khusus bergerak di bidang pemasaran dan perdagangan. Tugas utama dari seorang pramuniaga adalah melayani konsumen yang ada di toko, swalayan, atau perusahaan tersebut.

Terkadang pramuniaga ini lebih akrab disapa sebagai pelayan toko. Mereka harus bisa membantu konsumen untuk memenuhi kebutuhannya, seperti membantu mencarikan barang atau memberi arahan.

Karir Pramuniaga

Walaupun terlihat sepele dan hanya membantu konsumen untuk mencarikan barang, ternyata jenjang karir seorang pramuniaga tidak bisa dianggap remeh. Karena seorang pramuniaga juga menjadi penggerak utama dalam mencapai target penjualan suatu produk.

Adapun jenjang karir yang bisa didapatkan oleh pramuniaga antara lain, pengatur strategi penjualan atau merchandiser, koordinator atau asisten kepala unit, kepala unit, hingga supervisor. Dengan ketekunan dan kegigihan untuk memaksimalkan hasil kerja yang lebih baik, bukan tidak mungkin kamu akan lebih mudah mendapatkan karir cemerlang sebagai pramuniaga.

Job Desk Pramuniaga

Job Desk Pramuniaga
Photo by Liza Summer

Perlu diingat bahwa pramuniaga tidak hanya bertugas untuk menawarkan barang seperti yang dipikir banyak orang. Tugas pramuniaga lebih rinci daripada itu, bahkan lebih banyak dari yang dibayangkan. Adapun tugas dan tanggung jawab atau job desk pramuniaga adalah sebagai berikut.

  • Melakukan pendataan barang yang ada di rak penjualan dan tempat barang
  • Mendesain dan melakukan display barang yang ada di gondola dan tempat barang
  • Melakukan promosi produk atau barang dagangan kepada pelanggan
  • Melakukan pengepakan produk
  • Membuat laporan yang berisikan tentang data penjualan
  • Bekerja dengan target
  • Menjaga kebersihan area penjualan
  • Memberikan informasi kepada pelanggan yang bertanya

Terkadang kamu mungkin akan menemukan tugas dan tanggung jawab lain yang masih berkaitan dengan job desk pramuniaga di perusahaan atau toko tertentu. Tidak perlu heran karena hal tersebut sudah menjadi hal yang wajar.

Karena setiap tempat bekerja sudah memiliki peraturan kerjanya sendiri untuk para karyawan yang bekerja di dalamnya, tak terkecuali dengan posisi sebagai pramuniaga ini.

Download cv pramuniaga

Font: Arial

Dengan format cv word, kamu akan lebih mudah mengedit jenis cv ini. Download format contoh cv pramuniaga (retail sales associate resume) dibawah ini:

Download “CV Pramuniaga” cv-pramuniaga.docx – Downloaded 0 times – 302 KB

SPA

Contoh CV SPA

CV elegan selanjutnya adalah contoh cv lamaran kerja format word untuk SPA (Massage Therapist Resume).

Apa sih itu Spa?

Spa memiliki artian sebagai perawatan yang umumnya ada di tempat khusus seperti salon, namun lebih sering disebut dengan spa. Kegiatan spa ini berhubungan dengan terapi air seperti arti namanya yang berasal dari bahasa latin, yakni solus per aqua.

Orang yang bekerja di spa tentu saja bertanggung jawab pada perawatan pelanggan yang datang ke tempat spa tersebut. Disini kita akan membahas pekerjaan yang tentu berkaitan langsung dengan proses spa itu sendiri.

Harus diketahui bahwa spa memiliki berbagai macam, seperti destination spa, day spa, medical spa, resort spa, mineral springs spa, airport spa, ayurvedic spa, hingga health spa. Semua macam spa itu memiliki teknik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Sebagai seorang yang bekerja di spa, tentunya  harus memahami perbedaan tersebut dan yang pasti bisa menerapkannya kepada pelanggan.

Apa sih itu Spa contoh cv spa
Photo by Andrea Piacquadio

Adapun sumber daya manusia yang ada di spa dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar. Sebagai terapis spa yang ditawarkan meliputi Beauty Therapy, Massage Therapy, Complementary Therapy.

Sedangkan sebagai Customer Service, pembagiannya antara lain Consultation, Booking, Sales dan Retail, hingga Programming. Terakhir, di bidang manajemen memiliki orang-orang yang bekerja sebagai Human Resource, Product Development, Finance dan Marketing. Dan Business Development.

Karir sebagai Spa

Banyak orang yang beranggapan bahwa pekerjaan sebagai spa ini tidak menjanjikan. Namun, mereka salah karena sebaliknya, pekerjaan spa memiliki jenjang karir yang cemerlang. Jenjang karir yang ditawarkan dalam bisnis spa dikategorikan menjadi 4 level, yakni Asisten Therapist, Junior Therapist, Spa Therapist, hingga Management.

Job Desk Spa

Job Desk Spa contoh cv spa
Photo by Andrea Piacquadio

Adapun job desk yang akan kamu kerjakan jika menjadi pekerja adalah sebagai berikut.

  • Melakukan perawatan spa kepada pelanggan
  • Melakukan pemijatan dan terapi spa bagi yang bekerja di bidang Therapist
  • Mengelola manajemen dari keuangan, produk spa, sumber daya manusia, dan bisnis plan untuk yang bekerja di bidang Management
  • Melayani berbagai permintaan dan keluhan pelanggan bagi yang bekerja di bidang Customer Service
  • Memastikan kepuasan pelanggan atas layanan spa yang diberikan

Download contoh cv spa

Font: Montserrat Medium dan Arial

Nah, lanjut ke download contoh cv lamaran kerja format word pada bidang SPA dibawah ini ya:

Download “CV Spa” cv-spa.docx – Downloaded 0 times – 292 KB

SPG

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Contoh CV SPG

Kita lanjutkan ke jenis pekerjaan sebagai SPG.

Contoh cv lamaran kerja format word untuk contoh cv SPG (SPA Resume) ini bisa kamu download secara gratis untuk digunakan melamar pekerjaan.

Arti Sales Promotion Girl?

Sales Promotion Girl atau yang biasa disingkat dengan sebutan SPG adalah posisi yang memiliki tugas untuk memasarkan dan mempromosikan suatu produk. Seperti namanya, pekerjaan sebagai SPG merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh perempuan. Biasanya, orang-orang yang bekerja sebagai SPG memiliki tampilan dan berkepribadian yang baik untuk menarik perhatian konsumen.

Karir sebagai Sales Promotion Girl

Contoh cv SPG
Photo by Otosia.com

Walaupun sering dibilang sebagai pekerjaan yang sepele, nyatanya jenjang karir sebagai SPG ini cukup menjanjikan, lho. Namun, impian tersebut tentu akan berhasil kamu dapatkan dalam karirmu sebagai SPG jika benar-benar menekuni pekerjaan ini dengan sebaik mungkin.

Jenjang karir sebagai SPG bisa berupa Junior Sales, Senior Sales, bahkan hingga manager sekalipun juga sangat bisa, lho!

Job Desk SPG

Setelah mengetahui secara singkat apa itu Sales Promotion Girl dan jenjang karirnya, sekarang kita akan membahas lebih rinci tentang job desk dari posisi ini. Adapun job desk atau tugas dari seorang SPG adalah sebagai berikut:

  • Melakukan direct selling kepada pembeli
  • Melakukan koordinasi dan mengelola produk, seperti membersihkan, merawat, dan menata produk dengan rapi
  • Menjaga kebersihan di sekitar area berjualan
  • Mengejar target penjualan yang telah ditetapkan sebelumnya
  • Melakukan promosi pada produk yang dijual dengan semenarik mungkin
  • Melakukan catatan pendataan pada penjualan yang telah dilakukan. Baik secara manual atau otomatis memakai komputer
  • Melayani konsumen yang memerlukan bantuan untuk mencari atau menemukan produk yang mereka butuhkan
  • Memberikan pelayanan yang memuaskan pembeli, seperti peka dan empati, ramah senyum, dan bersikap ramah kepada pembeli
  • Menginformasikan suatu produk dengan jelas dan harus memiliki product knowledge atas produk yang dijual
  • Menerima dan melayani komplain dari pembeli

Di atas itu hanya beberapa job desk umum yang biasanya diterapkan bagi kebanyakan perusahaan. Selain beberapa job desk tersebut, tentu akan ada job desk tambahan sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan tempat kamu melamar sebagai SPG.

Download cv SPG

Font: Dollie Script dan Times

So, bila tertarik dengan format contoh cv SPG word/.docx ini, silakan download lewat tautan dibawah ini:

Download “CV SPG” cv-spg.docx – Downloaded 0 times – 343 KB

Staff HRD

Contoh CV Staff HRD

Contoh cv sederaha dan elegan berikutnya adalah contoh cv lamaran kerja format word untuk posisi sebagai staff HRD (Human Resources Resume)

Jadi apa Itu Staff HRD?

Staff HRD adalah salah satu posisi yang memegang peranan penting di sebuah perusahaan. Perannya di suatu perusahaan adalah menjadi pengurus informasi yang bergelut di bidang lowongan kerja hingga membantu mengelola sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut. Adapun bentuk pengelolaan tersebut bisa berupa perencanaan dan pengembangan, urusan penggajian atau kompensasi serta benefit.

Staff HRD juga merupakan posisi yang bertanggung jawab untuk menjaga hubungan kerja sama dalam industrial relation. Umumnya, latar belakang dari seorang HRD adalah mereka yang lulus dari jurusan Psikologi. Karena jurusan tersebut dianggap sudah mengajarkan skill tentang perekrutan tenaga kerja yang berkualitas.

Jenjang Karir sebagai Staff HRD

Jenjang Karir sebagai Staff HRD contoh cv staff HRD
Photo by Polina Zimmerman

Mengingat HRD atau Human Resource Development sangat erat dengan keterkaitannya pada sumber daya manusia di suatu perusahaan, maka jenjang karir yang ditawarkan juga tak jauh-jauh dari hal tersebut.

Walaupun demikian, jenjang karir dari seorang staff HRD tidak bisa dianggap sepele, karena posisi yang ada di Departemen ini sangat menjanjikan. Adapun jenjang karir seorang staff HRD bisa menjadi HR manager, Chief HR Officer, Business Partner, Industrial Relations Manager, dan masih banyak lagi.

Job Desk Staff HRD

Job Desk Staff HRD
Photo by Alex Green

Sebelum memutuskan untuk langsung terjun ke perusahaan, ada baiknya kamu mengetahui apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab atau job desk dari seorang staff HRD terlebih dahulu.

Baca juga: 6 Poin Tips Sukses Interview HRD Buat Kamu Pelamar Kerja

Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan hal apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam CV saat mengisi contoh CV staff HRD nantinya.

  • Membuat surat kontrak pekerjaan
  • Merekomendasikan kenaikan jabatan
  • Bertanggung jawab atas urusan gaji, absen, hingga izin karyawan
  • Melakukan perekrutan karyawan, melakukan promosi, hingga demosi dan transfer karyawan
  • Memberikan pelatihan seperti training dan pembinaan pada karyawan
  • Memberikan penindakan pada karyawan yang tidak disiplin
  • Mengurus dan membuat kebijakan kantor
  • Mengevaluasi kinerja karyawan
  • Membuat ekosistem perusahaan untuk bekerja secara kondusif

Donwload cv Staff HRD

Font: Lato dan Arial

Silakan kamu download contoh cv staff HRD dibawah ini dalam format cv kosong word (.docx):

Download “CV HRD” cv-staf-hrd.docx – Downloaded 3 times – 266 KB

Staff Payroll

Contoh CV Staff Payroll

Contoh cv lamaran kerja format word dengan desain cv elegan berikutnya adalah contoh cv staff payroll (Payroll Specialist Resume)

Apa Itu Staff Payroll

Posisi sebagai Staff Payroll adalah orang yang memiliki tugas utama untuk melakukan perhitungan gaji pada suatu perusahaan. Untuk menjadi seorang Staff Payroll, tentunya butuh keterampilan maupun keahlian khusus.

Adapun skill yang dibutuhkan oleh seorang Staff Payroll seperti pemahaman soal regulasi, memiliki kemampuan berhitung, administrasi mendetail, mengoperasikan software, komunikasi, hingga problem solving.

Apa Itu Staff Payroll contoh cv staff payroll
Photo by Karolina Grabowska

Pada umumnya, posisi Staff Payroll ini berada di lingkup divisi HRD dan sering menjadi posisi yang diincar cukup sering oleh mahasiswa. Hal ini dikarenakan perusahaan pasti membutuhkan seorang Payroll Officer untuk melacak proses penggajian hingga kondisi finansial di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila posisi ini banyak diincar dan kian menjadi tren.

Peluang Karir sebagai Staff Payroll

Perlu diketahui bahwa Staff Payroll berada di Department Human Resource sehingga jenjang karirnya bukan di Departemen Keuangan melainkan yang berhubungan dengan HRD. Oleh karena itu, jenjang karir seorang Staff Payroll masih berkaitan dengan Human Resource.

Adapun jenjang karir Staff Payroll di antaranya, Benefit Specialist, Staff HR Manager, hingga Chief HR Officer. Jenjang karir seorang Staff Payroll juga tidak menutup kemungkinan di posisi yang berkaitan dengan keuangan apabila skill finansialnya bagus.

Job Desk Staff Payroll

Job Desk Staff Payroll
Photo by Tima Miroshnichenko

Setelah tahu pengertian secara umum tentang Staff Payroll dan jenjang karir yang ditawarkan, selanjutnya kamu juga harus tahu apa saja tanggung jawab dan tugas atau job desk dari seorang Staff Payroll itu. Adapun job desk seorang Staff Payroll adalah sebagai berikut.

  • Melakukan input data absensi untuk karyawan di perusahaan
  • Membuat slip gaji karyawan
  • Menyiapkan berkas yang mungkin dibutuhkan untuk gaji karyawan
  • Membuat formulir PPh 21 atau pajak karyawan
  • Melakukan penyesuaian data karyawan baru dan keluar
  • Melakukan pengelolaan kode akuntansi
  • Melakukan pencetakan laporan payroll

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang Staff Payroll yang harus kamu ketahui.

Download cv staff payroll

Font: Arial

Silakan download format contoh cv staff payroll dibawah ini dalam format word (.docx).

Download “CV Staff Payroll” cv-staff-payrol.docx – Downloaded 1 time – 313 KB

Staff Purchasing

Contoh CV Staff Purchasing

CV menarik dan elegan ini bisa kamu download secara gratis pada tautan dibawah ini nanti.

Ini merupakan salah satu contoh cv lamaran kerja format word untuk posisi sebagai staff purchasing (Purchasing Staff Resume).

Pengertian Staff Purchasing

Posisi staff purchasing adalah karyawan yang bekerja di perusahaan dan memiliki tanggung jawab untuk mengurus pembelian material atau barang yang diperlukan oleh perusahaan tersebut.

Yang dimaksud barang disini bisa berupa perlengkapan kantor atau ATK, dan keperluan lainnya baik yang digunakan untuk operasional sehari-hari atau barang yang nanti akan dijual lagi.

Karir sebagai Staff Purchasing

Karir dan contoh cv Staff Purchasing
Photo by Mikhail Nilov

Staff purchasing menawarkan jenjang karir yang sangat menjanjikan. Berikut ini pilihan jenjang karir yang bisa kamu tempuh untuk menjadi staff purchasing adalah sebagai berikut, Admin Purchasing, Purchasing Offer, hingga Supply Chain Manager.

Job Desk Staff Purchasing

Pada dasarnya, staff purchasing memiliki tugas utama yakni membeli barang. Namun, selain itu ada beberapa job desk staff purchasing yang lebih rinci. Berikut penjelasan lebih rinci tentang job desk dari posisi staff purchasing.

  • Melakukan pembelian barang berdasarkan kebutuhan perusahaan
  • Melakukan analisis vendor maupun supplier
  • Memastikan bahwa kualitas barang yang dibeli sudah terjamin dengan baik
  • Melakukan rekapitulasi untuk membuat keputusan
  • Membuat laporan pembelian
  • Melakukan pembinaan hubungan baik bersama vendor maupun supplier
  • Melakukan perencanaan pembelian barang
  • Melihat ketersediaan barang di perusahaan
  • Memastikan kualitas vendor yang dipakai adalah yang terbaik
  • Melakukan negosiasi

Selain job desk di atas, bisa saja ada tugas dan tanggung jawab lain yang kamu temui di perusahaan tertentu. Hal ini dikarenakan bahwa setiap perusahaan memiliki job desk yang berbeda-beda untuk para karyawannya, termasuk juga di posisi staff purchasing.

Download cv staff purchasing

Font: Times dan Arial

Baiklah, monggo download contoh cv staff purchasing format word dibawah ini:

Download “CV Staff Purchasing” cv-staf-purchasing.docx – Downloaded 1 time – 338 KB

Waiter

Contoh CV Waiter

Contoh cv lamaran kerja format word berikutnya adalah contoh cv waiter (Waiter Resume).

Apa itu Waiter?

Waiter merupakan istilah yang ditujukan untuk orang yang bekerja melayani para tamu restoran ataupun café. Perlu diketahui bahwa ada dua sebutan untuk pelayan atau pramusaji, yakni waiter dan waitress.

Namun, disini kita akan membahas lengkap tentang waiter. Waiter adalah sebutan bagi karyawan restoran laki-laki yang bertugas untuk melayani pelanggan guna memenuhi kebutuhan seperti makanan maupun dengan professional. Biasanya waiter bertanggung jawab di sebuah restoran ataupun hotel.

Seperti apa Karir sebagai Waiter

Seperti apa Karir sebagai Waiter contoh cv waiter
Photo by Pexels.com

Adapun jenjang karir sebagai waiter adalah Greeter, Taking Order, Food Checker, hingga Runner. Cukup bervariasi, ya? Setiap posisi tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Kamu hanya perlu bekerja lebih keras agar bisa mendapatkan karir impian yang lebih baik dengan dimulai sebagai waiter.

Job Desk Waiter

Sebagai seorang waiter, tugas dan tanggung jawab mereka tidak hanya melayani para tamu yang datang saja, melainkan juga memiliki tanggung jawab yang lebih rinci. Adapun job desk dan tanggung jawab seorang waiter adalah sebagai berikut.

  • Menyambut tamu yang datang
  • Mempersilakan tamu tersebut untuk duduk di kursi yang disediakan
  • Menawarkan menu kepada tamu
  • Menyajikan menu makanan maupun minuman sesuai dengan pesanan yang telah dibuat sebelumnya
  • Menawarkan hidangan penutup dengan metode up-selling
  • Menunjukkan total tagihan pada tamu
  • Merapikan dan mengambil peralatan makanan kotor

Tak hanya tugas dan tanggung jawab yang disebutkan di atas, mungkin saja kamu akan menemui beberapa job desk lain yang sedikit berbeda tapi tetap berkaitan dengan posisi tersebut. Hal ini sangat wajar karena setiap manajemen di sebuah hotel atau restaurant memiliki peraturan tersendiri yang berbeda, salah satunya adalah posisi sebagai waiter.

Download cv waiter

Font: Times dan Arial

Monggo download format cv kosong cotoh cv waiter dibawah ini:

Download “CV Waiter” cv-waiter.docx – Downloaded 0 times – 267 KB

Waitress

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Contoh CV Waitress

Apa Itu Waitress?

Waitress adalah posisi seorang pramusaji yang melayani pelanggan dan menyajikan makanan dan minuman serta menjaga kebersihan meja makan yang ada.

Perlu dicatat bahwa sebutan untuk pelayan yang bekerja di bidang ini tidak hanya waitress  saja, melainkan juga waiter dimana waiter adalah sebutan untuk pelayan laki-laki, sedangkan waitress yang kita bahas ini adalah sebutan untuk pelayan perempuan. Jadi, jangan sampai terbalik dalam menyebutnya, ya.

Karir sebagai  Waitress

Karir sebagai  Waitress contoh cv waitress
Photo by Andrea Piacquadio

Jenjang karir yang bisa ditempuh sebagai seorang waitress adalah Food Checker, Runner, dan Greeter. Kamu bisa memilih posisi mana yang paling sesuai dengan minat kamu. Namun, untuk bisa mendapatkan posisi mana yang diinginkan, tentunya kamu harus menekuni pekerjaan sebagai waitress ini dengan baik.

Job Desk Waitress

Tugas waitress jauh lebih rinci daripada yang dibayangkan. Adapun beberapa tugas waitress yang seringkali kita temui di sebuah restauran atau istilahnya secara umum adalah sebagai berikut.

  • Menyambut tamu yang datang
  • Mempersilakan tamu tersebut untuk duduk di kursi yang disediakan
  • Menawarkan menu kepada tamu
  • Menyajikan menu makanan maupun minuman sesuai dengan pesanan yang telah dibuat sebelumnya
  • Menawarkan hidangan penutup dengan metode up-selling
  • Menunjukkan total tagihan pada tamu
  • Merapikan dan mengambil peralatan makanan kotor

Bukankah job desk di atas menunjukkan bahwa waitress memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup kompleks?

Jadi, jangan kira waitress hanya punya pekerjaan yang sepele saja, ya. Bahkan, selain job desk di atas bisa saja ada tugas tambahan lain untuk waitress sesuai peraturan manajemen di tempat kerja tertentu.

Download cv waitress

Font: Calibri dan Arial

Download contoh cv waitress dalam format word (docx) dibawah ini:

Download “CV Waitress” cv-waitress.docx – Downloaded 3 times – 337 KB

Web Designer

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Contoh CV Web Designer

Contoh cv lamaran kerja format word berikutnya adalah contoh cv web designer (Web Designer Resume).

Web Design itu apa?

Jika kamu merupakan orang yang menyukai dunia design, pekerjaan sebagai web designer bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang cocok untuk kamu coba.

Web designer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendesain website. Tak hanya website saja, seorang web designer bekerja tidak jauh dan berkaitan dengan bidang lain seperti bidang arsitektur dan design grafis.

Contoh cv web designer
Photo by Canva Studio

Keunikan dari web designer yang dapat membedakan dirinya dari pekerjaan design lain adalah mereka harus memiliki skill kreativitas serta kecerdasan teknik untuk mendesain sebuah web.

Di bidang industri, posisi sebagai web designer ini dapat dikatakan masih baru dan baru banyak dibutuhkan ketika penggunaan internet semakin gencar.

Jenjang Karir sebagai  Web Design

Perlu diingat, khusus untuk posisi web designer ini jenjang karirnya biasanya tergantung masing-masing perusahaan maupun individunya. Karena tidak hanya berkaitan dengan design, pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk mengetahui segala yang berkaitan dengan website sehingga pilihan jenjang karir yang bisa kamu pilih cukup banyak, seperti Head of User Experience, Art Director, bahkan senior Web Designer.

Job Desk Web Design

Job Desk Web Design
Photo by OVAN

Sebenarnya  tugas utama dari seorang web design adalah melakukan desain pada halaman yang ada di website. Namun, jika kita jabarkan lebih rinci, ada beberapa job desk web design yang perlu kamu tahu, antara lan:

  • Memadukan warna, font, layout, dan menambahkan gambar yang cocok untuk diletakkan di halaman website
  • Memastikan font yang digunakan dapat memanjakan mata dari segi pembacanya
  • Membedakan tampilan sesuai dengan target pembaca
  • Merancang layout visual hingga menyalurkan berbagai ide kreatif untuk website
  • Melakukan revisi pada layout dengan bentuk format HTML dan CSS
  • Membuat tampilan lebih cantik dengan tambahan efek jika diperlukan
  • Mengatur tata letak sesuai dengan layout visual yang telah dibuat sebelumnya
  • Memvalidasi kode HTML
  • Merancang layout final

Selain job desk di atas, mungkin saja masih ada job desk lain yang diterapkan oleh perusahaan tertentu sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena yang pasti job desk yang diberikan tidak akan jauh-jauh dari desain dan website.

Download cv web design

Font: Arial

Download contoh cv web designer (cv desain website) dalam format word dibawah ini:

Download “CV Web Design” cv-web-designer.docx – Downloaded 2 times – 420 KB

Web Programming

Contoh CV Lamaran Kerja Format Word untuk Contoh CV Web Programming

Desain elegan contoh cv lamaran kerja format word terakhir pada postingan ini adalah contoh cv web programming sebagai web programmer (Web Programming Resume).

Arti Web Programming?

Seperti namanya, web programming adalah sebuah pekerjaan yang bergelut di bidang teknologi informasi dan di pekerjaan tersebut seorang web programmer harus melakukan sebuah pemrograman dan mengcoding sebuah website. Jadi, posisi sebagai seorang web programmer adalah mereka yang membuat halaman website terlihat lebih menarik dan lebih dinamis.

Web programmer bertugas membuat script atau coding dan memastikan website tidak terlihat membosankan. Di dunia digital yang membutuhkan teknik marketing internet, suatu web programming ini tentu sangat dibutuhkan.

Karir sebagai  Web Programming

Karir dan contoh cv Web Programming
Photo by Rodrigo Santos

Banyak yang mengira seorang web programming tidak menjanjikan karena baru dibutuhkan akhir-akhir ini di era digital. Tetapi anggapan tersebut tidaklah tepat. Karena sebaliknya, web programmer memiliki jenjang karir menjanjikan yang dapat kamu dapatkan. Adapun jenjang karir seorang web programming adalah Programmer Junior, Programmer Menengah dan Programmer Senior atau Lead Programmer.

Kamu bisa mendapatkan posisi tersebut dengan waktu kurang lebih 5 tahun untuk mencapai posisi Lead Programmer. Tentunya kamu bisa mendapatkan posisi tersebut lebih cepat dari perkiraan waktu jika kamu berusaha semaksimal mungkin menunjukkan betapa hebatnya kinerja yang kamu berikan untuk perusahaan.

Job Desk Web Programming

Job Desk Web Programming
Photo by Mikhail Nilov

Setelah mengetahui secara singkat tentang apa itu web programming dan bagaimana jenjang karir  yang ditawarkan oleh web programmer, selanjutnya kamu juga harus tahu apa saja job desk dari web programming itu. Tentu saja, pekerjaan ini memiliki tugas utama yang berkaitan dengan website. Namun, untuk tahu lebih lengkap tentang job desk dari web programming kamu bisa melihatnya disini:

  • Memahami layout, struktur, hingga semua fitur yang tersedia di website
  • Melakukan pengcodingan dan pemrograman pada website untuk membuatnya terlihat lebih dinamis
  • Mengecek semua elemen program yang sudah dibuat dan memastikan tidak ada error atau bug
  • Membuat aplikasi yang bekerja di atas situs website untuk jenis situs tertentu

Mungkin saja kamu akan melihat job desk lain selain beberapa job desk di atas pada perusahaan tertentu. Hal ini sangat wajar karena perusahaan tentu membutuhkan spesifikasi tertentu untuk kebutuhan marketingnya, salah satunya pada pengoptimalisasian website.

Download cv web programming

Font: Montserrat SemiBold dan Arial

Silakan download format cv kosong pada contoh cv web programming format word dibawah ini:

Download “CV Web Programming” cv-web-programmer.docx – Downloaded 2 times – 307 KB

Eksplor template cv

Untuk jenis format cv lainnya yang bisa kamu download pada website tipscv.com, kamu bisa klik pada kategori download cv.

Diantaranya, kamu bisa download format cv kosong word seperti:

Dan masih banyak lagi template cv kreatif lainnya yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Jika kamu mencari referensi tentang materi seputar psikotes, kamu bisa download contoh soal psikotes kerja format .pdf.

Untuk latihan psikotes sendiri, kamu bisa mengerjakanya berbagai latihan psikotes di website latihanpsikotes.com

Cara download cv

Cara download cv diatas atau di website tipscv.com cukup mudah, kamu tinggal klik link (tautan) yang sudah tersedia lalu tunggu beberapa detik dan file akan otomatis terunduh dengan baik.

Buka file menggunakan Ms. Word (setidaknya Word 2010 keatas). Jika tidak sesuai dengan font yang ada pada contoh layout cv, pastikan kamu sudah install font yang sudah di infokan pada setiap jenis cv diatas tadi.

Terima kasih dan sukses selalu!

 

Oh ya, jangan lupa ya kak bagiin info ini di sosmed kamu ❤️

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kerjakan Tugas Yang Kamu Sukai

Coba 10 Cara Ini Agar Kamu Bisa Menikmati Pekerjaan Saat Ini