6 Poin Tips Sukses Interview HRD Buat Kamu Pelamar Kerja

Tips interview HRD yang akan diulas berikut ini mungkin akan membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian. Seperti yang telah diketahui, interview menjadi salah satu tahapan dalam rekrutmen karyawan yang cukup menegangkan.

Bagi yang baru pertama kali mendapatkan panggilan interview kerja, rasa gugup dan gelisah bisa dibilang hal yang wajar. Namun jangan sampai rasa tertekan tersebut terus menghantui dan tidak diatasi. Oleh karena itu, yuk simak beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghadapi interview.

Berikut 6 Tips Interview HRD

Tips interview hrd fresh graduate
Ilustrasi via omadasearch.com

Saat menghadapi interview, kamu akan menghadapi berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan pihak HRD. Hal ini bertujuan untuk menguji kemampuan dan keseriusan dalam melamar pekerjaaan. Lalu bagaimana mengatasi rasa panik sehingga membuat fokus buyar saat interview?

#1. Tetap Kedepankan Rasa Percaya Diri, Believe in Yourself!

Siapa yang bisa diandalkan dalam kondisi yang tertekan sekalipun? Tentu saja jawabannya adalah diri sendiri terlebih dahulu. Apalagi di saat menghadapi wawancara kerja yang memang menentukan nasib kamu kedepannya untuk mendapat pekerjaan.

percaya diri tips interview hrd
Ilustrasi via lifeoflittlethings.com

Meski dihantui rasa gugup dan takut, sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu. Orang yang percaya diri memang terlihat menarik asal tidak berlebihan ya. Individu yang percaya diri akan memancarkan aura yang lebih berbeda dan bisa diandalkan.

Termasuk ketika kamu menerapkannya saat menghadapi interview kerja. Pihak rekrutmen akan menilai pribadi yang percaya diri terlihat mampu menyelesaikan jobdesk yang diberikan perusahaan. Karakter seperti ini menjadi salah satu yang dibutuhkan saat bekerja lho.

Tak heran jika orang yang percaya diri dinilai memiliki poin lebih dibanding mereka yang merasa rendah diri. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri tersebut saat interview kerja? Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah yakin terhadap kemampuan diri sendiri.

Baca:   Cara Lolos Interview Kerja [Tips Wawancara Kerja]

Jika kamu tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki, bagaimana dengan orang lain? Oleh karena itu, berusahalah untuk yakin terhadap diri sendiri dan tunjukkan rasa percaya diri kamu.

#2. Jangan Sampai Pengetahuan Terhadap Perusahaan 0 Besar!

Bagaimana kamu bisa melamar di suatu pekerjaan sedangkan kamu sendiri tidak tahu perusahaan tersebut bergerak di bidang apa? Hal inilah yang seharusnya tak kalah diperhatikan. Ketika mendapat panggilan wawancara kerja, sebaiknya pelajari perusahaan tersebut terlebih dahulu.

Hal ini bukan isapan jempol semata lho. Bahkan perusahaan papan atas di Amerika, Wall Street pernah membahasnya sebagai rahasia sukses interview kerja. Nah, salah satu tipsnya adalah pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar.

Ingatlah baik-baik hal ini, calon pekerja yang mengetahui seluk beluk perusahaan ternyata memiliki nilai lebih. Hal ini membuktikan keseriusan calon pekerja untuk mendapatkankan posisi pekerjaan yang dilamar.

Pihak HRD pun akan lebih menghargai mereka yang mengetahui informasi mengenai perusahaan. Tandanya, calon pekerja tersebut memiliki rasa penasaran yang tinggi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu seluk-beluk perusahaan yang memanggil kamu untuk interview.

Tidak perlu khawatir, saat ini merupakan hal mudah untuk mengetahui berbagai informasi tentang suatu perusahaan. Terlebih apabila perusahaan tersebut memiliki website bisnis dan akun sosial media, pastinya akan sangat mempermudah mengulik informasi ‘kan?

#3. Tetap Waspada, Banyak Pertanyaan Menjebak!

Kiat sukses menghadapi interview kerja adalah waspada terhadap pertanyaan menjebak. Pihak rekrutmen atau HRD memang kerap kali melontarkan pertanyaan yang sedikit menjebak lho. Misalnya saat ditanya, “Apa kelemahan kamu?”

Mungkin kamu akan menjawabnya dengan menyebutkan kelemahan yang dimiliki secara umum. Padahal, hal ini tidak boleh dilakukan tanpa melihat konteks pekerjaan yang dilamar. Lho, bagaimana maksudnya?

Baca:   8 Tips Menghadapi Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya pikirkan situasi yang ada saat itu. Pastikan kelemahan yang disebutkan tidak berpengaruh signifikan terhadap jobdesk jabatan yang dilamar.

Contohnya jika kamu melamar pekerjaan sebagai Administrasi Keuangan, maka jangan menyebutkan “kurang teliti, tidak sabaran, dsb” sebagai jawaban. Tentu saja kelemahan tersebut kurang bisa ditoleransi untuk posisi jabatan sebagai seorang administrasi bukan?

#4. Perhatikan Cara Menjawab Pertanyaan, Jangan Asal ya.

Saat pertama kali memasuki ruang interview, kamu akan diminta untuk duduk lalu memperkenalkan diri. Calon pekerja biasanya akan diminta mendeskripsikan diri sendiri. Bagi yang pertama kali berada di situasi ini, mungkin akan merasa gugup bahkan berkeringat dingin!

Tidak perlu khawatir, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat harus menjawab pertanyaan tentang deskripsi diri sendiri.

  • Jangan menjawab pertanyaan dengan bertele-tele, jawablah dengan singkat, jelas, dan padat.
  • Pasang sikap percaya diri dan antusias saat diminta mendeskripsikan diri sendiri.
  • Saat diminta berjabat tangan pertama kali, sebaiknya lakukan kontak mata dengan pihak recruiter.
  • Jangan mendeskripsikan diri sendiri secara berlebihan, apalagi sampai ngalor-ngidul ya.
  • Jawablah pertanyaan dengan jawaban diplomatis dan tidak berputar-putar di kata-kata tertentu saja.
  • Sebutkan minat, hobi, bakat, dan beri tahu juga prestasi apa saja yang pernah didapat, terutama yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang dilamar.
  • Jika saat masa sekolah atau kuliah sering ikut berorganisasi, sebutkanlah organisasi apa saja yang pernah diikuti. Hal ini akan menjadi nilai plus karena perusahaan akan menilai kamu bisa bekerja secara team dengan baik.

#5. Jawab Pertanyaan Mengenai Gaji dengan Diplomatis

Hampir di setiap interview pekerjaan, pihak rekrutmen akan melontarkan pertanyaan “Berapa gaji yang kamu inginkan?” Meski tampak mudah, namun pertanyaan ini pada dasarnya cukup menjebak. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara menjawabnya dengan benar agar mendapat kesan yang baik.

Baca:   Tips Sukses Interview Online [Wawancara kerja secara online]

Jangan asal menjawab pertanyaan mengenai gaji, bisa-bisa kamu terlihat serakah tanpa melihat skill yang dimiliki. Padahal, gaji yang didapat pun perusahaan akan mengukur kemampuan diri sendiri. Nah, lalu bagaimana cara nego gaji saat interview kerja?

  1. Apabila kamu sudah cukup berpengalaman di bidang pekerjaan yang dilamar, silahkan menjawab gaji yang nominalnya lebih tinggi dibanding perusahaan sebelumnya. Namun hal ini juga perlu dibarengi dengan bukti prestasi yang pernah diraih sebelumnya.
  2. Sebagian besar perusahaan akan menawar gaji yang kamu sebutkan pertama kali. Oleh sebab itu, jawablah besaran gaji dengan lebih besar tanpa terkesan serakah.
  3. Utarakan nominal gaji yang diinginkan dengan halus dan diplomatis. Sebaiknya hindari kata “Saya ingin..”. Gunakanlah kalimat seperti ini “Menurut Saya, gaji sebesar Rp4 juta cocok untuk bidang pekerjaan ini dan sesuai dengan keterampilan yang Saya miliki.”

#6. Jangan Sepelekan Tata Cara Berpakaian

Tidak hanya kepribadian, pihak HRD pun akan menilai tata cara berpakaian pelamar saat wawancara lho. Berdasarkan kecenderungan psikologis, pakaian dengan warna hitam, putih, dan biru lebih menunjukkan keformalan dan hormat saat menghadiri interview.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari warna terang, mencolok, atau terlalu banyak motif tidak sesuai. Misalnya menggunakan pakaian warna orange, warna ini cenderung provokatif dan terkesan kurang menghargai. Meski terkesan simple, namun cara berpakaian jangan sampai salah ya.

Ulasan mengenai tips interview HRD di atas bisa menjadi referensi kamu. Jadi, tidak perlu gugup berlebihan saat hendak menghadiri wawancara kerja. Cukup praktekkan beberapa kiat di atas dengan baik untuk mendapat pekerjaan impian.

Sukses selalu ya!

Foto featured via medium.com

9 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like