5 Jurusan Favorit di UTBK SNBT Tahun 2024

Dari pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK, setiap tahunnya ada jurusan favorit UTBK yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa. Lulus dari SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah tentu menentukan masa depan lebih cerah.

Jika kamu termasuk salah satu yang sedang bingung memilih program studi apa di universitas kelak, simak apa saja pilihan favorit banyak orang selama 2023 lalu. Referensi ini bisa membantu kamu menentukan program studi terbaik untuk masa depan lebih baik.

5 Jurusan Favorit di UTBK SNBT
Foto: Pexels.com

Jurusan Favorit UTBK

Jurusan favorit biasanya menjadi standar kemudahan bekerja dan prestise bagi mahasiswa yang menjalaninya. Namun, perlu dipahami ketika memilih jurusan favorit, itu artinya kamu harus siap berkompetisi lebih ketat dan serius menghadapi banyak pesaing.

Ada beberapa kampus bisa jadi pilihan, pastikan berbagai program studi di kampus tersebut sesuai pilihan yang kamu inginkan. Berikut adalah minat kebanyakan mahasiswa baru terhadap beberapa program studi unggulan:

1. Pendidikan Dokter di Universitas Padjadjaran

Pertama, jurusan favorit UTBK dari semua kampus adalah Pendidikan Dokter di Universitas Padjadjaran atau Unpad yang mendapatkan peminat sebanyak 3.856 orang. Angka ini bahkan mengalahkan minat ke UI sebanyak 3.827 orang.

Pendidikan Dokter di Universitas Padjadjaran

Pendidikan Dokter Unpad masuk ke dalam Fakultas Kedokteran yang berlokasi di Kampus Jatinangor, Sumedang. Pendidikan Dokter termasuk ke dalam pendidikan profesi yang bisa ditempuh setelah menyelesaikan studi Kedokteran pada jenjang Sarjana.

Jika setelah menamatkan pendidikan profesi mau mendalami bidang spesialis maka lanjut lagi bersekolah. Kamu bisa mengambil bidang kesehatan anak, kesehatan jiwa, penyakit syaraf, dan seterusnya yang mempermudah kamu bekerja sebagai dokter spesialis nantinya.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu jurusan favorit UTBK di Unpad yang memberikan ruang untuk belajar ke jenjang S2 dan S3. Di jenjang S2, contohnya kamu bisa belajar kecantikan dan membuka praktik sebagai dokter kecantikan setelah lulus nantinya.

Mengalahkan UI, ITB, juga UGM, Unpad berhasil menduduki kampus paling pertama dalam peminatan jurusan. Jika tertarik, kamu bisa mulai menggali informasinya dari sekarang dan mempersiapkan tes dengan matang.

2. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Komputasi di Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung memiliki Sekolah Teknik Elektro dan Informatika atau disingkat menjadi STEI yang menempati posisi favorit kedua. Jumlah peminat untuk jurusan ini sebanyak 3.848 orang berdasarkan data tahun 2023 lalu.

jurusan favorit UTBK STEI ITB
Foto: mitrapelajar.co.id

STEI merupakan gabungan dari dua departemen, yakni Departemen Teknik Elektro dan Departemen Informatika. Sampai saat ini STEI terdiri atas enam program studi untuk jenjang S1, dua program studi untuk jenjang S2. dan satu program studi untuk jenjang S3.

Salah satu jurusan favorit UTBK ada di ITB, kampus bergengsi yang sejak lama mencetak ahli di berbagai bidang. Lokasi kampus STEI ada di Bandung, tepatnya di Jalan Ganesha 10 Labtek 8 lantai 2.

Untuk kamu yang ingin survey kampus langsung bisa mengunjungi alamat di atas, baik bersama teman atau diantar keluarga. Pastikan kamu mengetahui berapa nilai ambang batas yang ditetapkan untuk bisa masuk sebagai mahasiswa ITB.

ITB menjadi salah satu kampus bergengsi yang sudah sejak lama diincar oleh banyak orang. Seleksi masuknya sangat ketat, tidak heran jika mahasiswa yang berhasil lolos ke ITB memiliki julukan mahasiswa jenius.

3. Jurusan Psikologi di Universitas Gadjah Mada

Psikologi di Universitas Gadjah Mada atau lebih dikenal sebagai UGM ternyata masuk sebagai urutan favorit ketiga dengan jumlah peminat sebanyak 3.837 orang. Psikologi adalah satu-satunya jurusan yang terdapat pada Fakultas Psikologi UGM.

Dari jurusan favorit UTBK ini, kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dengan mengambil jurusan Psikologi dan Psikologi Profesi. Setelah itu ada juga jenjang S3, yakni fokus pada Ilmu Psikologi yang mengantarkan kamu mendapatkan gelar Doktor.

Jurusan yang berada di kampus dengan alamat Jalan Humaniora, Bulaksumur ini bisa kamu kunjungi jika ingin melakukan riset. Bisa juga mencari tahu berapa minimal nilai agar bisa masuk ke kampus ternama di Yogyakarta ini.

Selain itu, banyak sarana untuk melakukan latihan soal daring sehingga saat proses seleksi, kemungkinan lolosnya lebih besar. Prospek kerja para alumni Psikologi UGM sudah tersebar di perusahaan BUMN, Swasta, TNI/Polri, dan sebagainya.

Banyak mahasiswa baru tertarik belajar psikologi di kampus Yogyakarta ini dibandingkan jurusan Pendidikan Dokter. Semakin gencar orang membicarakan kesehatan mental, semakin banyak orang berminat untuk mempelajari teorinya dengan benar.

4. Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia

Keempat, jurusan favorit UTBK lainnya yang tidak kalah peminat adalah Pendidikan Dokter di UI dengan jumlah peserta sebanyak 3.827 orang pada 2023 lalu. Pendidikan Dokter di UI masuk ke dalam program studi FKUI atau Fakultas Kedokteran.

Lokasi kampusnya ada di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat dan sudah memberikan pelayanan maksimal termasuk untuk mahasiswa asing juga. Dari jenjang sarjana, kamu bisa melanjutkan studi magister dan doktor di universitas yang sama.

FKUI memberikan dukungan penuh terhadap proses akreditasi Rumah Sakit Pendidikan melalui IPSG atau Identifikasi Pasien Secara Benar. Sudah banyak lulusan Pendidikan Dokter UI yang bekerja di rumah sakit swasta dan negeri, baik dalam maupun luar negeri.

Terdapat perpustakaan dan laboratorium serta berbagai fasilitas lainnya yang mendukung program belajar mengajar. Tenaga pendidiknya tentu juga yang profesional sehingga menjamin setiap lulusan mendapatkan kesempatan kerja yang layak.

Kampus UI yang terbesar ada di Depok, namun khusus untuk Pendidikan Dokter ada di Jakarta Pusat. Sebelum menentukan jurusannya, pastikan kamu juga mencari tahu ambang batas nilai dan mempelajari berbagai soal latihan.

5. Kedokteran UGM atau Universitas Gadjah Mada

Berdasarkan data tahun terakhir, jurusan favorit UTBK kelima ditempati oleh jurusan Kedokteran yang ada di UGM dengan perolehan sebanyak 3.766 orang. Kedokteran UGM masuk ke FKMK atau Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, juga Keperawatan.

Jenjang sarjana terdiri atas 3 prodi berikut program profesi diantaranya Kedokteran, Keperawatan, serta Gizi. Sudah tersedia layanan seperti sepeda kampus, laboratorium, dan perpustakaan tempat para mahasiswa melakukan pembelajaran.

FKMK di UGM berlokasi di Jalan Farmako Sekip Utara serta menyediakan layanan bagi kunjungan studi banding maupun kunjungan SMA. Bagi pelajar SMA yang tinggal di Yogya dan saat SMA ada program kedatangan ke kampus bisa menjadikannya sebagai acuan.

Dapat pula datang sendirian untuk mencari tahu lebih dalam terkait program studi target untuk kamu ambil nantinya. Pastikan sebelumnya sudah mencari tahu terkait berapa nilai minimal yang dibutuhkan agar bisa diterima sebagai mahasiswa kedokteran UGM.

Lima kampus ternama di atas semuanya merupakan universitas negeri yang tersebar di beberapa titik Pulau Jawa. Kamu bisa menentukan akan masuk ke jurusan favorit UTBK mana dan mulai mempersiapkan latihan tes mulai dari sekarang.

Untuk informasi tryout UTBK SNBT Literasi Bahasa Inggris, boleh di cek di website paketsoal.ayolulus.com

Pelajari juga Contoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci Jawaban

Bagikan ke teman dan kerabat kamu ya

Published: Updated: 19 March 2024      UTBK #

Leave a comment