Pakaian Interview Kerja untuk Pria

Salah satu tips wawancara kerja yang akan kita bahas pada sesi ini adalah bagaimana cara ber pakaian interview kerja untuk pria saat menghadapi proses wawancara kerja dalam sebuah perusahaan baik itu instansi maupun swasta.

Berpakaian rapi saat interview

Secara naluri, ketika beranjak dari rumah dalam menghadiri sebuah interview kerja, pasti setiap kita sudah berpakaian rapi karena tidak mungkin berpakaian celana pendek, sandal dan pakaian informal lainnya.

Pengaruh pakaian dalam proses interview

Apakah cara berpakaian berpengaruh didalam sebuah proses interview?

Jawabannya adalah ya. Menurut Kim Zoller, 55% persepsi mengenai kamu adalah di lihat dari penampilan (salah satunya cara berpakaian) kamu ketika memasuki ruangan interview.

Jadi, cara berpakaian pada saat interview sangatlah penting diperhatikan dan dipersiapkan dan merupakan hal mutlak sebelum menghadiri sebuah interview kerja.

Mempersiapkan pakaian interview kerja untuk pria saat wawancara kerja tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Kamu cukup membeli yang perlu namun terlihat elegan dan rapi.

Jadi bagaimana sebenarnya cara berpakaian yang baik ketika menghadiri sebuah wawancara kerja?

Tips berpakaian saat interview

Mari kita simak satu per satu apa saja yang harus dipersiapkan untuk terlihat cakep dalam berpenampilan saat kamu interview kerja. Berikut beberapa tips ber pakaian untuk interview pria:

#Celana panjang

Celana panjang saat interview
Foto © pinimg.com

Ya. Pastikan kamu memakai celana panjang ketika menghadiri sebuah interview kerja. Cara berpakaian yang satu ini sebenarnya sudah otomatis di benak setiap kita karena tidak mungkin juga kita memakai celana pendek karena itu tidak sopan.

Jangankan interview kerja, ke kantor lurah saja ketika kita memakai celana pendek pasti di usir. Jadi celana panjang harus dikenakan saat melakukan wawancara kerja. Pilihan warna celana yang tepat adalah warna gelap atau warna hitam, abu-abu dengan bahan bukan jeans.

#Kemeja lengan panjang

Lengan panjang interview buat pria
Foto © alicdn.com

Akan lebih sopan dan terlihat elegan ketika kamu menggunakan kemeja dengan lengan panjang saat interview kerja. Warna kemeja yang kamu gunakan jangan terlalu mencolok dan norak sehingga memiliki kesan yang adem terhadap si interviewer.

#Dasi

Dasi untuk interview
Foto © agent.media

Dasi yang dimaksud disini adalah dasi panjang dan bukan dasi kupu-kupu. Dengan kemeja lengan panjang maka dasi sangat matching ketika kamu memakainya saat menghadiri sebuah wawancara kerja. Warna dasi jangan terlalu mencolok dan seirama dengan warna baju/jas dan celana yang kamu gunakan.

Menurut Wiki Job, jangan pernah menggunakan dasi warna hitam saat melakukan wawancara kerja. Pilihan warna dasi lainnya seperti biru, merah dengan model konservatif seperti polos, garis diagonal atau corak kecil.

#Kaos kaki

Kaos kaki saat wawancara kerja
Foto © shopify.com

Dalam acara formal seperti interview kerja pastinya kita harus mengenakan sepasang kaos kaki. Pilihlah kaos kaki dengan warna gelap dan bukan warna putih. Kaos kaki warna gelap seperti warna coklat, biru tua agar terlihat profesional.

#Sepatu

Sepatu interview
Foto © cdninstagram.com

Seperti disinggung diatas tadi, dalam proses interview kerja, jangan memakai sandal. Kenakanlah sepasang sepatu resmi dalam hal ini Sepatu Pantofel dengan pilihan warna hitam (gelap).

#Ikat pinggang

Pakaian untuk Interview Pria
Foto © pinimg.com
Pakaian untuk Interview Pria
Foto © alicdn.com

Ikat pinggang selalu menjadi penyempurna ketika menggunakan kemeja dan celana panjang jenis bahan.

Bagi seorang pria, ketika menggunakan jenis pakaian diatas tadi namun tidak menggunakan ikat pinggang maka ada sesuatu yang kurang tepat.

Pilihlah ikat pinggang dengan warna yang serasi dengan warna kemeja dan celana yang kamu pakai saat wawancara kerja. Warna ikat pinggang yang bagus dan sering digunakan saat wawancara kerja adalah warna gelap seperti hitam dan coklat. Jangan menggunakan ikat pinggang bermotif aneh-aneh seperti tengkorang, dsb.

#Jas

Pakaian untuk Interview Pria
Foto © europrojects.co.uk

Memakai jas pada saat wawancara kerja akan terlihat profesional dan berwibawa. Hal inipun tergantung dari permintaan pada saat interview namun kamu dapat mempersiapkan atau membawanya apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Apabila memang menggunakan sebuah jas saat wawancara kerja, pastikan warna dan motif jas sama dengan warna dan motif celana yang digunakan saat itu.

#Parfum

Pakaian untuk Interview Pria
Foto © Amazon images

Pewangi atau parfum juga penting untuk penampilan kamu namun bau parfum jangan terlalu menyengat sehingga menganggu lawan bicara kamu saat interview kerja.

Mungkin saat menyemprot parfum cukup satu atau dua kali saja. Jangan menyemprot sampai baju kamu basah nanti si interviewer malah pening.

Hal penting lainnya saat interview

Tambahan lain untuk pria saat menghadapi interview kerja adalah:

  • Rambut rapi
    Sebelum melaksanakan interview kerja, ada baiknya rambut di rapikan apabila panjang saat itu, sebaiknya di potong dulu sehingga terlihat elegan dan rapi saat wawancara kerja
  • Kuku yang rapi
    Gesture atau pergerakan tubuh termasuk tangan mungkin akan berperan saat wawancara kerja. Pastikan kuku kamu bersih dan sudah dipotong rapi dan tidak terlihat panjang apalagi ada kotorannya didalam kuku tersebut.
  • Jenggot
    Pastikan jenggot sudah dicukur dengan rapi dan jangan sampai brewokan
  • Batasi aksesoris
    Pemakain gelang berlebihan sebaiknya dibatasi dan lebih elegan ketika menggunakan jam tangan.
Sukses selalu bagi kamu yang sedang menghadapi interview kerja.

Foto © mediabistro.com

Do not copy

Pakaian Interview Kerja untuk Pria
5 (100%) 6 votes

Mari kita saling berbagi . . .
  • 118
    Shares

Leave a comment