Tips Interview

7 Pertanyaan Umum Saat Interview Seleksi Kerja

Dari dulu hingga saat ini, 7 pertanyaan umum saat interview kerja masih berlaku sampai saat ini yaitu di jaman modern. Persiapan dalam menjawab ke-7 pertanyaan inipun sangat penting bagi kamu yang hendak menghadapi interview kerja.

Di dalam 7 pertanyaan yang akan kita bahas ini, beberapa muncul pada pertanyaan interview kerja di bank yang sudah kita singgung pada pembahasan sebelumnya yaitu pada postingan pertanyaan interview kerja di bank yang terdiri dari 10 pertanyaan.

Semua contoh pertanyaan interview hanya sebatas referensi buat persiapan interview kerja

Untuk mempelajari ke-10 pertanyaan tersebut boleh kamu baca pada postingan diatas sebagai referensi bagi kamu untuk mempersiapkan diri dalam wawancara kerja.

Disini admin akan memunculkan 7 pertanyaan umum saat interview kerja serta cara menjawab pertanyaan tersebut.

Pada pembahasan sebelumnya juga merupakan bagian dari pada kiat sukses interview kerja yang terdiri dari 10 hal yang harus kamu persiapkan seperti cara berjabat tangan, sapaan pertama saat masuk ruang interview kerja.

Sebelum masuk ke pertanyaan dalam interview kerja, kiat sukses interview kerja ini merupakan yang wajib kamu perhatikan untuk sukses dalam proses wawancara kerja disebuah perusahaan.

Dikutip dari artikel articlecube.com, Sebelum interview kerja, kamu di ibaratkan seorang pejuang dan si pewawancara adalah “musuh” dan kamu sedang dikirimkan ke “zona perang” tanpa tau seperti apa hasilnya. Zona perang disini adalah ruang interview sendiri dan kamu sedang berhadapan dengan “musuh” (si pewawancara).

Pertanyaan umum interview kerja

Apa saja ke 7 pertanyaan umum yang sering di tanya saat interview kerja, mari kita simak satu per satu dibawah ini:

#Ceritakan mengenai Anda

Foto: wixstatic.com

Tell us about yourself merupakan satu pertanyaan yang paling sering di tanya pada pertama kali saat wawancara kerja. Penjelasan untuk pertanyaan yang pertama ini sudah dibahas pada postingan pertanyaan interview kerja di bank yang dapat kamu baca.

#Apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan kami

Foto: fastly.net

Pertanyaan ini sering muncul saat wawancara kerja. Itu sebabnya, kamu sangat perlu mempelajari profil perusahaan dimana kamu melamar agar kamu benar-benar tahu dan mengerti cara menjawab pertanyaan yang satu ini.

Mengenai pertanyaan ini, sudah kita bahas juga di topik cara menghadapi interview kerja pada poin pertama yaitu pelajari profil perusahaan.

#Apa kelemahan dan kekuatan Anda

Foto: pocketfives.com

Pertanyaan umum berikutnya adalah bertanya mengenai kelemahan dan kekuatan kamu. Untuk menjawab kelemahan, bisa kamu baca pada poin 2 dalam pembahasan pertanyaan interview kerja di bank.

Sementara untuk kekuatan, jawablah kekuatan (strength) dengan pendekatan kepada posisi yang sedang kamu lamar sebagai contoh adalah: Kamu melamar executive marketing, satu hal yang mantap kamu lakukan adalah handal dalam bernegosiasi.

#Mengapa Anda melamar posisi ini

Foto: economistul.ro

Pertanyaan ini akan menyangkut dengan motivasi diri, pengalaman kerja serta keahlian yang kamu punya.

Berikanlah alasan yang meyakinkan dan kamu percaya diri bahwa kamu mampu/cakap dalam mengemban deskripsi kerja pada posisi yang kamu lamar.

#Mengapa Anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya

Foto: ehowcdn.com

Pertanyaan selanjutnya, kamu akan ditanya mengenai pekerjaan sebelumnya dimana kamu bekerja. Mengapa kamu meninggalkan pekerjaan tersebut. Hindarilah jawaban yang bersifat negatif atau memberi kredit yang tidak baik kepada perusahaan sebelumnya.

Sebaliknya, berikan jawaban yang positif seperti: perusahaan sebelumnya telah pindah dari tempat dimana saya tinggal; saya ingin mencari pengalaman yang baru dan lebih menantang.

#Berapa gaji yang Anda inginkan

Foto: pcma.org

Pertanyaan ini juga sering muncul saat wawancara kerja. Berikanlah nilai yang pasti mengenai ekspektasi gaji yang kamu sudah tentukan. Tentu kamu pasti tahu dengan ukuran gaji dari skill/keahlian yang kamu tawarkan kepada perusahaan yang kamu lamar.

#Bagaimana menurut Anda dengan Bos Anda pada perusahaan sebelumnya

Foto: entrepreneur.com

Pertanyaan terakhir adalah penilaian dan pandangan mengenai bos kamu pada perusahaan sebelumnya. Meskipun kamu sudah meninggalkan perusahaan tersebut, hindarilah berkata-kata yang buruk atau negatif terhadap bos kamu sebelumnya.

Berikanlah jawaban dengan kata-kata yang positif terhadap bos sebelumnya. Sebagai contoh: Dia adalah orang yang ramah dan memiliki jiwa kepemimpinan dan saya banyak belajar dari beliau bagaimana memimpin tim kecil di lingkup kerja saya sebelumnya.

Perbanyak referensi

Persiapan saat menghadapi interview kerja sangat penting dan kamu bisa mencari referensi sebanyak mungkin agar proses interview terasa ringan untuk di jalani.

Ada banyak informasi mengenai tips interview secara online yang dapat kamu telusuri dan pelajari sebelum melaksanakan proses interview kerja.

Pelajari juga contoh soal psikotes kerja

Sukses selalu buat kamu yang akan menghadapi wawancara kerja.

Foto: maryland.gov

Bagikan ke teman dan kerabat kamu ya

Immer Manalu

Sebagai penulis artikel dan penulis lepas berpengalaman, saya memiliki hasrat untuk membuat tulisan seputar cv, interview dan karir yang menarik dan informatif dan bermanfaat bagi pembaca.