3 Jenis Asuransi Jiwa untuk Karyawan, Kelebihan dan Kekurangannya

3 Jenis Asuransi Jiwa untuk Karyawan, Kelebihan dan Kekurangannya

Asuransi jiwa punya fungsi penting dalam melindungi kerugian atau ancaman finansial tak hanya jika nasabah meninggal, atau dalam kondisi yang tidak produktif semisal cacat permanen. Kondisi sulit inilah yang bisa membantu nasabah dan keluarganya dengan memberi jaminan finansial.

Oleh karena itu, jenis asuransi jiwa perlu dipahami untuk menjamin kondisi finansial si pencari nafkah nantinya termasuk kepada ahli waris. Sebagai referensi, berikut ini jenis asuransi jiwa untuk karyawan termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Jenis Asuransi Jiwa untuk Karyawan

Kami merangkum setidaknya ada tiga jenis asuransi jiwa yang bisa menjadi pilihan bagi tenaga kerja, tentu untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada.

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Rekomendasi pertama adalah Term Life Insurance atau asuransi jiwa berjangka, yang menawarkan proteksi kepada nasabah atau pemegang polis dalam jangka waktu tertentu. Artinya, skema pertanggungan yang diberlakukan memiliki batas waktu atau bisa memasuki masa expired.

Jangka waktu ini berdasarkan pada kontrak yang ditentukan, umumnya bervariasi antara 5 hingga 20 tahun. Waktu tersebut tergantung pada penawaran perusahaan dan persetujuan oleh pihak nasabah. Premi untuk jenis ini tergolong terjangkau, bahkan yang paling murah di antara jenis asuransi jiwa lainnya.

Nominal yang lebih rendah ini, tentu tak lepas dari batas waktu yang dibebankan atau perjanjian kontrak yang berlaku. Apabila lewat, maka status perlindungan tidak lagi berlaku dan premi yang dibayarkan akan hangus. Kendati demikian, jumlah premi per bulan bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial nasabah.

Baca:   Mengapa Lamaran Kerja Kamu Ditolak? Pelajari 5 Alasannya!

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Sebagaimana namanya, perbedaan asuransi jiwa ini terletak pada jangka waktu yang diberikan yakni seumur hidup. Artinya, tidak ada batasan waktu yang diberikan atau kemungkinan premi yang dibayarkan hangus. Pemegang polis, akan mendapatkan perlindungan seumur hidup hingga meninggal dunia.

Jika menilik pada aturan dasar, jenis asuransi ini sebenarnya memberikan perlindungan selama 99 tahun atau 100 tahun yang bergantung peraturan polis. Namun, jika melihat angka harapan hidup penduduk Indonesia yang rata-rata tidak lebih dari usia 70 tahun.

Oleh karena itu, asuransi ini juga disebut asuransi seumur hidup karena bisa memberi proteksi di atas angka rata-rata harapan hidup nasional. Terlebih lagi, perusahaan asuransi akan mengembalikan total premi dengan bunga 4% per tahun.

Meski dengan sederet keuntungan tersebut, besar premi yang harus dibayar tentu jauh lebih besar dibanding asuransi berjangka dan tidak bisa disesuaikan dengan pendapatan. Tak hanya itu, bunga 4% per tahun bukanlah nominal besar terlebih dengan potongan pajak yang akan dibebankan.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Ada dua manfaat yang ditawarkan jenis asuransi ini, yakni berjangka dan tabungan. Asuransi dwiguna merupakan gabungan antara asuransi berjangka dan tabungan umum yang bisa ditarik kapan saja sebelum masa kontrak berakhir.

Waktu perlindungan terbatas antara 10 hingga 60 tahun, dan memiliki beberapa variasi seumpama pendidikan anak, pensiun dsb. Keuntungannya, nasabah dapat klaim sebelum masa kontrak berlaku dalam kurun waktu yang tertuang dalam perjanjian kontrak.

Meski begitu, premi yang mesti dibayarkan terbilang tinggi, karena memungkinkan pengembalian yang berbeda dengan jenis asuransi lainnya. Selain jaminan, kamu juga bisa memanfaatkan premi untuk kebutuhan mendesak lainnya.

Baca:   Jangan Panik! Ini 4 Tips Menghadapi Rotasi Karyawan

Asuransi jiwa terbaik di Indonesia

Berikut 5 asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih dan percayakan.

1. AJ Cigna

PT Asuransi Cigna telah terdaftar dan di awasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menawarkan jenis asuransi term life dan whole life dengan berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Jenis asuransi jiwa Cigna sendiri terdiri dari berbagai pilihan dengan manfaat yang berbeda pula seperti;

  • Cigna Family Eazilife
  • Cigna Exclusive Protection Plus
  • Cigna Exclusive Protection
  • Life Protection Optima
  • Cigna Life Protection
  • Cigna Second Life
  • Cigna Eazifutre

Semua jenis asuransi jiwa diatas memiliki manfaat yang berbeda-beda sebagai contoh saya ambil Life Protection Optima.

Life Protection Optima merupakan produksi Asuransi Jiwa Berjangka dari Cigna atau Term Life yang memberikan perlindungan atas resiko meninggal secara alami ataupun kecelakaan.

Asuransi Jiwa Cigna untuk produk Life Protection Optima ini, kamu akan memperoleh proteksi selama 10 tahun dimana kamu hanya membayar preminya selama 5 tahun saja.

Apa saja keunggulan dan manfaat yang kita dapat dari produk Life Protection Optima ini?

  1. Uang pertanggungan hingga 20 M
  2. Paket perlindungan jiwa
  3. Perlindungan tambahan
  4. Jaminan premi dasar tetap
  5. Masa pembayaran premi terbatas
  6. Jaminan perpanjangan polis
  7. Diskon premi

Nah, untuk informasi produk asuransi dan manfaat lainnya, kamu bisa mengunjungi website Asuransi Jiwa Cigna di alamat cigna.co.id

2. AJ Allianz

Ada berbagai produk asuransi yang di tawarkan oleh Asuransi Jiwa Allianz salah satunya adalah asuransi jiwa.

Asuransi jiwa sendiri memiliki 5 jenis produk diantaranya adalah:

  1. SmartLink Flexi Account Plus
  2. SmartLink New Flexi Account
  3. SmartLink Maxi Fund Plus
  4. Smart Life
  5. Allianz PASTI

Saya ambil satu contoh yaitu SmartLink Flexi Account Plus.

Baca:   Bagaimana Cara Menjadi Karyawan Teladan, Yuk Lihat Tipsnya

Keunggulan produk asuransi ini adalah:

LENGKAP
Pilihan keuntungan perlindungan aset serta penghasilan yang lengkap terhadap risiko kehidupan yang tak terduga

FLEKSIBEL
Metode & jumlah pembayaran Kontribusi sesuai rencana keuangan.

RINGAN
Biaya asuransi & administrasi tahun Polis pertama mulai ditagihkan sejak tahun Polis kedua.

TENANG
Tersedia pilihan fasilitas Polis tetap berlaku selama 10 tahun pertama untuk kelangsungan masa perlindungan. (Khusus pengajuan Polis baru. Sesuai dengan syarat dan ketentuan Polis yang berlaku).

Keuntungan dan manfaat dasar Asuransi Jiwa Allianz untuk produk SmartLink Flexi Account Plus adalah 100% Santunan Jiwa + potensi Nilai Investasi** jika meninggal dunia sebagai warisan bagi keluarga.

Untuk informasi manfaat produk lainnya dari Asuransi Jiwa Allianz, kamu bisa mengunjungi website allianz.co.id

3. AJ AIA Financial

Asuransi jiwa berikutnya adalah Asuransi Jiwa AIA Financial. Kamu boleh mengunjungi aia-financial.co.id untuk informasi manfaat asuransi jiwa ini.

4. AJ Prudential

Kunjungi website resmi Asuransi Jiwa Prudential di alamat prudential.co.id untuk informasi manfaat dan premi.

5. AJ Manulife

Asuransi jiwa rekomen terakhir adalah Asuransi Jiwa Manulife. Lihat detail selengkapnya mengenai Asuransi Jiwa Manulife pada alamat manulife.co.id

Itulah tiga jenis asuransi jiwa untuk karyawan dan 5 perusahaan asuransi terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, tergantung kebutuhan dan kapasitas. Pastikan kamu memilih jenis asuransi yang tepat untuk perlindungan finansial dan kesehatan kamu.

Foto: cermati.com

 


9 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like