Biar Tidak Melulu Jadi Karyawan, Kamu Bisa Mulai Bisnis Online

Pernah nggak sih kamu merasa penghasilanmu masih kurang padahal kamu sudah menjadi karyawan di suatu perusahaan? Semakin tingginya biaya kebutuhan hidup menuntut kamu untuk memiliki pendapatan sampingan, bukan? Lalu, apa saja sih bisnis online karyawan yang menjanjikan?

Bisnis online karyawan
Ilustrasi via liputan6.com

Untuk memulai bisnis online, kamu bahkan nggak perlu mengeluarkan modal sama sekali, lho. Cukup berbekal keterampilan dan keahlianmu saja, kamu sudah bisa menghasilkan uang tambahan. untuk mengetahui bisnis online apa saja yang cocok untuk karyawan, yuk simak ulasan berikut ini.

Ide Bisnis Online Karyawan yang Menjanjikan


Memiliki usaha sampingan memang bukan hal yang dilarang oleh perusahaan. Meski begitu, kamu harus tetap profesional dan memiliki manajemen waktu yang baik agar keduanya dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Berikut ini contoh bisnis online karyawan yang bisa kamu coba.

Online Shop

Salah satu bisnis online yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu membuka toko online. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper sehingga kamu nggak perlu menyetok barang di rumah.

Lalu, tahu nggak sih bedanya reseller dengan dropshipper? Reseller adalah kegiatan menjual kembali dan biasanya harus ada stok yang kamu sediakan, sedangkan dropship tidak perlu menyetok barang. Kamu cukup mempromosikan barang dagangan dari supplier melalui media sosialmu saja.

Kalau ada calon pembeli yang tertarik dengan produk yang kamu jual, kamu tinggal memberitahu pihak supplier dan barang akan langsung dikirimkan ke pembeli. Lalu, dari mana kamu mendapatkan laba atau keuntungannya?


Jadi, ketika kamu memposting barang dagangan ke media sosial, kamu bisa mengambil keuntungan terlebih dahulu. Misalnya, harga sepatu dari supplier Rp100.000,00 dan kamu menjualnya dengan harga Rp115.000,00.

Kamu membayar supplier dengan harga yang dipatok dan Rp15.000,00 menjadi jumlah keuntungan yang kamu dapatkan. Jika dalam sebulan kamu bisa menjual 20 pasang sepatu, keuntungan yang diperoleh yaitu Rp300.000,00. Cukup menjanjikan, bukan?

Blogger

Buat kamu yang suka menulis atau membuat konten-konten yang menarik, kamu bisa mencoba bisnis sampingan dengan menjadi blogger. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui Google Adsense yang kamu gunakan untuk menawarkan jasa iklan di website milikmu.

Semakin menarik tulisan dan konten yang kamu buat, maka semakin banyak pengguna internet yang akan berkunjung ke situs web-mu. Agar lebih hemat biaya, kamu bisa mencoba untuk mengikuti beberapa program domain gratis yang diadakan oleh berbagai penyedia hosting di Indonesia.

Penulis Lepas (Freelance Writer)

Buat kamu yang suka menulis, kamu bisa nih mencoba menjadi penulis lepas atau freelance writer (coba freelancer di seoclerk). Bisnis online dengan menjual tulisan atau artikel ini juga menjadi bisnis yang populer dan banyak dilirik masyarakat, lho.

Dengan berkembangnya puluhan juta situs yang tersebar di internet, maka kebutuhan akan tulisan atau artikel untuk mengisi website-website tersebut juga semakin tinggi. Padahal nggak semua pemilik website mempunyai keahlian dalam menulis artikel yang SEO friendly.

Kalau kamu tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, kamu bisa bergabung dengan situs freelancer seperti Sribulancer, projects.co.id, dan lain sebagainya. Untuk penulis pemula yang belum memiliki reputasi, biasanya akan dibayar sekitar 15 ribu setiap 500 kata untuk artikel bahasa Indonesia.

Jasa Desain Grafis

Buat kamu yang memiliki keahlian dalam membuat desain digital, kamu bisa mencoba menjadi freelance desainer grafis. Kamu mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat desain digital baik secara online melalui situs desain atau offline melalui smartphone atau komputer.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi edit seperti Visme, Canva, atau Adobe Creative Suite. Untuk mendapatkan klien, kamu bisa bergabung dengan situs-situs freelance yang dapat kamu temui dengan mudah seperti Sribulancer atau Projects.co.id.

Jasa Digital Advertising Online

Bisnis online karyawan yang bisa kamu coba selanjutnya yaitu jasa digital advertising. Iklan atau advertisement menjadi lebih efektif melalui metode online, apalagi di era serba digital seperti saat ini.

Dibandingkan dengan iklan konvensional seperti baliho, banner, dan lain sebagainya, iklan digital lebih hemat biaya dan tepat sasaran. Lalu, gimana sih caranya memulai digital advertising? Kamu bisa menyiapkan gambar, video, atau teks iklan dan gunakan Google Adword untuk memasarkannya.

Selain Google Adword, kamu juga bisa menggunakan Facebook Ads. Kamu bisa mengolah materi dan desain iklan terlebih dahulu. Namun, untuk bisnis online yang satu ini, kamu juga harus melibatkan beberapa ahli seperti data scientist, copywriter, dan graphic designer agar hasilnya maksimal.

Admin Sosial Media

Salah satu bisnis sampingan yang belakangan ini cukup populer dan menjanjikan yaitu admin sosial media. Buat kamu yang suka main sosial media, kamu bisa mencoba bisnis sampingan yang satu ini untuk memperoleh tambahan penghasilan.

Karena sudah terbiasa bermain sosial media, kamu akan lebih paham gimana caranya membuat orang atau calon pembeli tertarik mengunjungi halaman sosial media sosial klienmu. Tugas admin sosial media biasanya membuat iklan dan caption yang bisa menarik minat calon pembeli.

Selebgram

Generasi milenial tentu sudah nggak asing lagi dengan istilah endorse, bukan? Buat kamu yang memiliki banyak followers di Instagram atau sosial media lainnya, kamu bisa menjadi selebgram. Lalu, apa sih tugas seorang selebgram?

Selebgram atau influencer merupakan seseorang yang menjadi panutan atau pusat perhatian para pengikutnya. Dengan menjadi seorang selebgram, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang menggiurkan.

Kamu cukup mereview produk dari suatu toko atau brand tertentu yang tujuannya mengajak orang untuk menggunakan produk yang kamu promosikan, Nantinya, kamu akan mendapatkan sejumlah uang dan barang yang diendorse secara gratis.

Bisnis online yang satu ini cukup banyak digemari, bahkan di kalangan para artis dan public figure Indonesia. Bayaran untuk sekali endorse biasanya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta. Wah, gimana nih? Apakah kamu tertarik mencoba pekerjaan sampingan yang satu ini?

Investasi Crytocurrency

Belakangan ini, investasi cryptocurrency dalam mata uang digital seperti bitcoin, Ripple, LittleCoin, dan lain-lain banyak digemari. Bisnis online karyawan yang satu ini memiliki peluang yang menjanjikan, lho. Bahkan sudah banyak orang yang sukses melalui investasi crytocurrency.

Pada awal kemunculannya, bitcoin hanya dihargai dengan 0,30 dolar saja. Namun, lihat saja sekarang, harga atau nilai dari bitcoin sudah tembus angka Rp245.000.000,00. Sungguh menjanjikan dan menggiurkan, bukan?

Biar keuntungan yang kamu peroleh bisa maksimal, kamu bisa membeli bitcoin saat harganya sedang turun. Tak sedikit pula para pelaku bisnis yang menginvestasikan harta mereka ke dalam bentuk bitcoin dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat.

Cara untuk memulai investasi ini juga cukup mudah, kamu bisa mendaftar akun di bitcoin.co.id atau yang sekarang diberi nama Indodax. Prinsip dari investasi ini juga hampir mirip seperti investasi emas. Kamu bisa memilih sendiri akan investasi dalam waktu yang panjang atau pendek.

Misalnya, kamu ingin mendapatkan keuntungan (profit) dalam jangka pendek, maka kamu bisa ikut trading bitcoin dan memperoleh profit dari pergerakan nilai bitcoin. Akan tetapi, kalau kamu ingin investasi dalam jangka panjang, kamu bisa menunggu dalam waktu beberapa bulan bahkan tahun.

Dari penjelasan di atas, kamu mulai ada pandangan nggak nih untuk memulai bisnis online karyawan yang sesuai dengan kemampuan dan minatmu? Sebelum memulainya, pastikan untuk memanage waktu dengan baik agar tugas utamamu sebagai karyawan tidak terbengkalai.

Hello kak, tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS 2021 akan segera dilaksanakan. Persiapkan diri dari sekarang lewat latihan soal-soal SKB sesuai Formasi yang kakak pilih. Cek Formasi paket SKB kak di AYOCPNS. Gunakan Kode Promo/Referral: 52CPI3 untuk mendapatkan harga khusus. Sukses ya kak!

Sharing is caring!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berlangganan sekarang
Terima informasi terbaru dari website ini, berlangganan sekarang.
Loading