Karyawan Sambil Bisnis? Ini Dia Bisnis Waralaba Untuk Karyawan

Pernah nggak sih muncul di benakmu keinginan untuk memiliki bisnis sampingan karena gaji sebagai karyawan saja masih tidak cukup? Buat kamu pengen punya passive income, ada beberapa bisnis waralaba karyawan yang bisa kamu coba.

Bisnis waralaba karyawan
Ilustrasi via doersempire.com

Bisnis waralaba atau franchise sangat cocok buat kamu yang bekerja sebagai karyawan dan masih minim pengalaman, tapi pengen punya penghasilan tambahan. Berikut ini rekomendasi bisnis waralaba untuk karyawan yang menjanjikan.

Karyawan Sambil Bisnis Ini Dia Bisnis Waralaba Untuk Karyawan
Infografis oleh tipscv.com

1. Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman

Membicarakan tentang dunia kuliner memang tidak akan pernah ada habisnya. Makanan dan minuman menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan karena setiap orang pasti membutuhkan makanan dan minuman sebagai sumber energi bagi tubuh.


Apalagi belakangan ini semakin banyak bisnis makanan dan minuman kekinian yang unik-unik. Misalnya, pisang yang diolah menjadi nugget dengan taburan toping yang beragam mulai dari taburan cokelat, keju, selai, dan lain sebagainya.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis waralaba karyawan yang satu ini juga sangat beragam, bahkan ada yang dimulai dengan modal di bawah 2 jutaan saja, lho. Dengan modal segitu, kamu bahkan sudah bisa mendapatkan gerobak dan perlengkapan jualan beserta bahan-bahannya.

Namun, bagi kamu yang punya modal lebih banyak kisaran 10 juta sampai 100 juta rupiah, kamu bisa memilih bisnis waralaba bergaya kafetaria. Contoh bisnis waralaba yang cocok untuk karyawan di bidang kuliner misalnya bisnis minuman boba, martabak aneka rasa, bakery, dan masih banyak lagi.

Sebelum memulai bisnis waralaba makanan dan minuman, kenali lebih dahulu siapa target atau sasaran pasarmu. Kalau kamu membidik target pasarmu adalah anak-anak muda generasi milenial, kamu bisa memilih makanan dan minuman kekinian dengan harga yang ramah di kantong mereka.

2. Bisnis Waralaba Pakaian

Selain makanan dan minuman, bisnis pakaian juga sangat menjanjikan, lho. Tiap orang pasti memiliki pakaian lebih dari satu, apalagi sekarang banyak anak muda yang sangat mengikuti tren fashion pakaian mulai dari celana, kemeja, kaos, blouse, blazer, dan lain sebagainya.


Dengan adanya perubahan dan perkembangan di dunia fashion inilah yang membuat daya beli masyarakat terhadap pakaian semakin meningkat. Sebelum memutuskan untuk bisnis waralaba pakaian, kamu harus menentukan target marketmu.

Kamu bisa fokus dengan pakaian-pakaian wanita saja atau pakaian untuk semua umur dan gender mulai dari pakaian untuk bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa. Kamu juga harus update dengan perkembangan fashion yang ada agar bisnismu bisa terus berjalan dan berkembang dengan maksimal.

3. Bisnis Waralaba Pendidikan dan Pelatihan

Nggak cuma bisnis pangan dan pakaian saja, peluang usaha waralaba di bidang pendidikan dan pelatihan juga terbilang menjanjikan, lho. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mendapat pendidikan yang terbaik, kan?

Ada banyak pilihan bimbingan belajar seperti bimbel setiap mata pelajaran dari SD sampai SMA, bimbel calistung untuk anak PAUD dan TK, dan lain sebagainya. Di samping itu, bisnis pelatihan untuk mengasah dan meningkatkan keterampilan juga memiliki prospek yang sama bagusnya, lho.

Contoh bisnis pelatihan misalnya kursus komputer memasak, menjahit, melukis, menyetir, les renang, les vokal dan musik, dance, modelling, dan lain sebagainya. Namun, untuk memulai bisnis waralaba yang satu ini, modal yang kamu butuhkan terbilang besar yaitu kisaran 50-100 juta rupiah.

4. Bisnis Waralaba Laundry

Ide bisnis waralaba karyawan lainnya yang memiliki peluang dan prospek menjanjikan yaitu bisnis laundry dan jasa kebersihan. Bisnis ini mulai banyak dicari dan diminati oleh mahasiswa, wanita karir, dan pria pengusaha yang masih single, bahkan ibu rumah tangga juga, lho.

Sebelum kamu memutuskan untuk menjalankan bisnis waralaba yang satu ini, kamu perlu melakukan survey franchisor terlebih dahulu. Kamu juga harus mempertimbangkan jumlah investasi, sistem manajemen, lokasi usaha, dan track record dari franchisor.

Buat kamu yang tertarik untuk memiliki bisnis sampingan jasa laundry dan kebersihan, kamu bisa menyiapkan modal mulai dari Rp5.000.000,000 hingga Rp10.000.000,00. Bahkan ada juga lho waralaba laundry yang modalnya di bawah 5 juta rupiah. Sungguh menarik, bukan?

5. Bisnis Waralaba Minimarket

Bisnis waralaba minimarket juga memiliki prospek yang bagus, lho. Bisnis ini bisa menjadi passive income yang menjanjikan mengingat semua orang pasti membutuhkan kebutuhan sehari-hari. Apalagi di era seperti saat ini, banyak orang memilih belanja di minimarket karena lebih murah dan lengkap.

Selain itu, minimarket juga memudahkan pelanggan untuk menemukan barang yang dicari dan pastinya lebih bersih. Dengan menerapkan model belanja modern, konsumen lebih bebas dan nyaman saat berbelanja.

Buat kamu yang berminat membuka bisnis waralaba yang satu ini, persiapkan terlebih dulu modalnya, ya. Karena untuk memulai bisnis waralaba minimarket dibutuhkan modal yang cukup besar yaitu sekitar 50 juta hingga 100 juta rupiah.

Agar bisa bersaing dengan minimarket lainnya, kamu juga harus memilih lokasi usaha minimarket yang strategis dan pastikan selalu terjaga kebersihannya. Jangan terpaku dengan keuntungan yang besar dengan mematok harga yang mahal, karena hal tersebut justru akan membuat pembeli kapok (jera).

Patoklah harga yang kompetitif dan produk-produk yang berkualitas. Meskipun kamu sibuk bekerja sebagai karyawan, kamu bisa mempekerjakan orang lain yang bertugas melayani pembeli dan melakukan pengecekan produk yang sudah kadaluarsa agar minimarketmu berjalan dengan lancar.

6. Bisnis Waralaba Salon Kecantikan

Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan dan punya hobi mempercantik diri, kamu bisa mencoba peluang bisnis berdasarkan dengan hobimu ini. lho. Mulai dari remaja, wanita karir, hingga ibu rumah tangga pasti ingin selalu terlihat cantik dan menarik, kan?

Nah, bisnis waralaba karyawan yang memiliki peluang menjanjikan yaitu bisnis salon kecantikan. Banyak orang terutama wanita yang menggunakan jasa salon kecantikan untuk melakukan perawatan diri.

Jika melihat beberapa tahun ke belakang, salon kecantikan hanya menyediakan jasa cuci dan potong rambut saja, maka saat ini layanan yang disediakan oleh salon kecantikan lebih beragam. Ada banyak pilihan layanan mulai dari perawatan rambut, wajah, hingga badan.

Kalau kamu berminat membuka bisnis waralaba yang satu ini, kamu harus menyiapkan modal yang cukup besar yaitu kisaran 25 juta rupiah sampai 100 juta rupiah. Pastikan untuk memilih franchisor salon kecantikan yang sudah terpercaya agar bisnismu dapat berjalan dengan lancar.

7. Bisnis Waralaba Agen Travel

Di zaman seperti saat ini, bisnis di bidang jasa agen travel memiliki peluang dan prospek yang menjanjikan. Makin meningkatnya orang-orang yang punya hobi travelling bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis yang akan menambah pundi-pundi uangmu.

Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis waralaba agen travel, kamu bisa menyiapkan modal yang tidak lebih dari 100 juta rupiah. Untuk menjalankan bisnis ini juga cukup mudah karena biasanya jasa agen travel menggunakan sistem online.

Dari ulasan di atas, kamu tertarik menjalankan bisnis waralaba karyawan yang mana, nih? Meski kamu memiliki penghasilan tambahan dari bisnis waralaba, kamu harus tetap menjalankan utamamu sebagai karyawan dengan penuh tanggung jawab agar keduanya bisa berjalan dengan lancar, ya.

Jangan sampai terlewat! Pelajari Materi dan TRYOUT SKD CPNS TERUPDATE dan Terlengkap. Soal-soalnya sangat UPTODATE. Silakan daftar gratis (Klik) di AYOCPNS. Kode Promo/Referral: 52CPI3

Coba Tryout Gratis: Masuk ke Menu SKD > Tryout SKD > Tryout Gratis (100 Soal, 90 Menit, Model CAT)

Sharing is caring!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berlangganan sekarang
Terima informasi terbaru dari website ini, berlangganan sekarang.
Loading