Contoh Surat Lamaran Kerja Melalui Email [surat elektronik]

Saat ini, ada banyak perusahaan yang mengambil metode pengiriman surat lamaran kerja melalui surat elektronik (elektronic mail/email). Mari kita simak contoh surat lamaran kerja melalui email yang ditujukan kepada sebuah perusahaan yang kamu lamar.

Metode pengiriman surat lamaran mengikuti perkembangan jaman.

Di jaman now, tidak asing lagi istilah email “@” karena dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, hampir semua usia diatas 15 tahun sudah memiliki email baik itu email untuk pribadi maupun email yang digunakan khusus untuk bisnis.

Cara mengirim surat lamaran kerja saat ini bisa melalui pos (fisik) dan juga pengiriman surat lamaran kerja melalui email. Disini kita akan membahas sedikit hal-hal yang bersangkutan dengan pengiriman surat lamaran kerja via email bagi pemula, contoh surat lamaran kerja lewat email yang baik dan benar.

Karena ini urusannya adalah formal (artinya melamar pekerjaan), jadi ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja melalui email kepada perusahaan yang kamu lamar. Apa saja yang harus dipersiapkan ketika mengirimkan surat lamaran lewat email.

Hal-hal yang penting saat mengiriman surat lamaran lewat email

Mari kita simak satu per satu dan kita akan langsung lihat contoh surat lamaran kerja lewat email pada pemaparan dibawah ini nanti.

#Memiliki email yang valid

Tentu, kamu yang mau melamar pekerjaan dan hendak mengirimkan surat lamaran via email, kamu harus memiliki email yang valid/aktif. Ingat! Jangan menggunakan email yang aneh-aneh (nama yang aneh-aneh) karena kamu berurusan dengan perusahaan (kamu tidak sedang mengirimkan pesan kepada rekan/teman atau sahabat).

Seperti apa itu email yang aneh-aneh? Email yang lebay, alay (email jaman now). Contoh email yang kurang bagus untuk digunakan sebagai email pengiriman surat lamaran kerja adalah: nita_centil@yahoo.com, akutidaksukakamu@gmail.com, doyanmancing@gmail.com, anak_alay@gmail.com, kulit_kelinci@yahoo.com, cantik_menawan@gmail.com, gile_lu@hotmail.com, telur_unta@gmail.com, goyangdangdut@gmail.com, henny_dombret@gmail.com, dsb.

Semua model-model email diatas adalah email alay, lebai yang tidak seharusnya digunakan sebagai email saat mengirimkan surat lamaran kerja kesebuah perusahaan yang sedang kamu lamar.

Membuat email itu tidak perlu bayar jadi pastikan email kamu adalah email yang baik. Email yang baik itu terdapat nama kamu, berikut contohnya: indah.permatasari@gmail.com, dyra_mira@yahoo.com, keisha.alya@hotmail.com, dsb.

#Persiapkan dokumen dan surat lamaran

Persiapan berikutnya untuk mengirimkan surat lamaran kerja melalui email adalah mempersiapkan hal-hal berikut:

  1. Surat lamaran kerja (format. doc/.pdf)
    Isi surat lamaran yang dikirim lewat pos dan email adalah sama. Lewat email sendiri ada 2 macam. Pertama, kamu bisa langsung menulis di email seperti isi surat lamaran yang kamu tulis di word (.doc). Kedua, surat lamaran sudah dalam format doc yang nanti kamu upload sebagai terlampir (attachment) dalam email kamu.
  2. Daftar Riwayat Hidup (CV, format .doc/.pdf)
    CV ini bisa langsung kamu upload sebagai terlampir bersama dengan dokumen lainnya.
  3. Ijazah dan transkrip nilai (scan, format .pdf/.jpg, jpeg)
  4. Sertifikat (scan, format .pdf/.jpg, jpeg)
  5. Dokumen pendukung lainnya (scan, format .pdf/.jpg, jpeg)

Dokumen selain surat lamaran dan curriculum vitae, sebaiknya di scan agar hasil gambarnya maksimal. Bila perusahaan meminta di foto saja, silakan difoto, namun biasanya, untuk mendapatkan gambar kualitas bagus, di scan saja.

Bila tidak memiliki scanner, bisa di tempat fotokopi atau warnet atau tempat khusus media dan stationery

#Persiapan pengiriman surat lamaran kerja

Apabila poin 1# dan 2# diatas tadi sudah terpenuhi, maka kita langsung melihat contoh surat lamaran kerja melalui email berikut.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah instruksi dari tim rekrutmen seperti subject email (biasanya kode posisi).

Disini kita akan melihat contoh surat lamaran via email untuk model surat lamaran yang ditulis langsung di email itu sendiri (saya rasa langkah-langkah mengirim surat via email sudah pahamlah ya), perhatikan gambar berikut:

Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Pastikan email perusahaan (tim rekrutmen) sudah benar agar surat lamaran kamu sampai dengan tepat ditujuan. Apabila kurang satu huruf atau titik saja, maka email kamu tidak akan sampai pada tujuan sementara kamu mungkin sudah menunggu-nunggu balasannya tapi tak kunjung datang karena kesalahan email tujuan.

Untuk pengiriman surat lamaran dengan model upload saja tanpa harus mengisi langsung di email, kamu cukup dengan upload saja dan isi email hanya kata pengantar saja.

Semoga contoh surat lamaran kerja melalui email diatas bisa menjadi referensi bagi kamu yang hendak mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan yang sedang kamu lamar saat ini.

Note: Semua contoh-contoh email diatas adalah fiktif dan hanya sebagai gambaran saja seperti apa itu email yang kurang bagus dalam mengrimkan surat lamaran via email kepada perusahaan.

Foto © thebalance.com, marketingland.com

Contoh Surat Lamaran Kerja Melalui Email [surat elektronik]
5 (100%) 2 votes

Mari kita saling berbagi . . .
  • 39
    Shares

Leave a comment