9 Tips Sukses Bagi Karyawan Introvert

Kamu pasti pernah mendengar istilah introvert atau mungkin kamu sendiri yang melabeli dirimu sebagai seorang introvert? Di dunia pekerjaan, karyawan introvert sering diidentikkan dengan antisosial dan dianggap tidak punya potensi untuk sukses.

Karyawan Introvert
Ilustrasi via hrexecutive.com

Karyawan yang introvert dianggap tak bisa bekerja sama dengan anggota tim lainnya, sehingga kesempatan untuk mengembangkan dirinya menjadi terhambat. Buat kamu yang merasa introvert, simak tipsnya berikut ini agar tetap sukses di lingkungan pekerjaan.

Tips Untuk Karyawan Introvert Agar Sukses


Menjadi seseorang yang berkepribadian tertutup bukanlah halangan untuk memiliki karir yang sukses. Baik karyawan ekstrovert maupun introvert tetap memiliki kesempatan yang sama untuk meraih karir yang sukses di lingkungan pekerjaan. Nah, berikut ini tips sukses buat kamu yang introvert.

#1. Pilih Peran yang Sesuai

Tidak ada pekerjaan yang paling tepat untuk tipe kepribadian tertentu. Jadi, mau seperti apa kepribadianmu, kamu tetap bisa menjadi seorang pekerja yang terlibat dalam tim. Meskipun kamu introvert, kamu tetap bisa menjadi Teller atau Customer Service bank yang banyak bertemu orang.

Namun, agar kamu lebih nyaman saat bekerja, pastikan kamu bekerja sesuai passion, ya. Kamu juga harus menemukan kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki agar memudahkanmu memilih pekerjaan dan peran yang sesuai.

Misalnya nih kamu berada di bagian penjualan dan tidak terlalu suka mendapatkan klien melalui telepon. Namun, kamu hebat dalam membangun hubungan dengan klien secara independen. Hal tersebut bukanlah sebuah masalah karena masih tergolong dari penjualan secara teknikal.

#2. Jadilah Pendengar dan Penganalisis yang Baik

Sebagai seorang introvert, kamu mungkin tidak akan banyak bicara seperti karyawan lainnya. Namun, hal tersebut tidak menjadi halangan buat kamu untuk tetap tampil menonjol. Kamu menjadi pendengar yang baik, kalau perlu catat poin-poin penting yang disampaikan dalam meeting.

Dengan menyerap informasi sebanyak-banyaknya dalam diskusi, kamu akan lebih mudah dalam menganalisisnya. Sampaikan pendapat dan solusimu mengenai topik yang sedang dibahas dalam meeting. Penjelasan yang singkat, padat, dan solutif dapat membuatmu terlihat menonjol.

#3. Ciptakan Suasana Nyaman Menurut Versimu

Orang-orang yang memiliki kepribadian tertutup atau introvert pasti membutuhkan waktu untuk sendiri tanpa distraksi atau gangguan agar bisa bekerja dengan fokus. Bagi kamu yang introvert, kamu bisa memanfaatkan ruang konferensi yang lebih tenang untuk mengerjakan pekerjaanmu.


Kamu tidak diharuskan untuk terus bekerja bersama-sama dengan rekan kerjamu dalam satu ruangan kok. Kamu bisa memilih tempat-tempat yang ada di kantormu untuk melakukan pekerjaanmu, sehingga kamu akan merasa lebih nyaman dan fokus.

Namun, kamu juga harus meminta persetujuan dan izin atasan terlebih dahulu, ya. Dengan begitu, kamu tidak akan dianggap mangkir atau membolos karena tidak ada di ruangan kantor. Kalau sudah merasa jenuh, kamu bisa berjalan-jalan sebentar agar pikiranmu kembali jernih.

#4. Jangan Menghindar Dari Kegiatan Kantor

Menghabiskan waktu untuk kegiatan kantor bagi seorang ekstrovert bukanlah hal yang sulit. Namun, bagi karyawan introvert, kegiatan kantor sering kali menjadi hal yang paling dihindari.

Nah, kalau kamu ingin sukses dalam karir meskipun kamu termasuk pribadi yang introvert, maka jangan hindari kegiatan kantor. Kamu bisa ikut berpartisipasi dalam setiap acara yang diadakan oleh kantor meskipun tidak banyak bersosialisasi dan bicara.

Dengan cara ini, setidaknya kamu bisa melibatkan diri dan menghabiskan waktu bersama rekan-rekan kerjamu sehingga kamu tidak merasa sendirian.

#5. Bangun Hubungan Dengan Caramu Sendiri

Bagi kamu yang punya kepribadian tertutup, kamu pasti sering dituduh sebagai orang yang sulit berinteraksi dan kurang bersahabat dengan orang lain. Padahal sebenarnya orang dengan kepribadian introvert bukannya tidak suka bicara dengan orang, tapi mereka lebih suka berinteraksi empat mata.

Kamu bisa membangun hubungan dengan rekan kerja dengan caramu sendiri agar lebih nyaman. Dibandingkan harus mengobrol dengan banyak orang, orang-orang yang introvert biasanya lebih suka berbicara intensif dengan segelintir orang.

#6. Bangun Kelompok Kecil

Seseorang yang introvert akan merasa kurang nyaman ketika harus bertemu dengan banyak orang atau berbicara di depan umum. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba membuat kelompok kecil dengan rekan kerja yang menurutmu nyaman untuk diajak bicara dan berdiskusi.

Kamu bisa mencoba berbagi pendapat atau ide dengan satu atau dua orang terlebih dahulu. Kalau kamu masih merasa kurang nyaman atau kesulitan untuk berbicara langsung, kamu bisa berkomunikasi melalui catatan memo atau chatting.

Dengan menyampaikan ide dan gagasanmu pada beberapa orang, kamu bisa mendapatkan pengakuan dari orang lain bahwa kamu juga mampu. Membangun hubungan dengan kelompok kecil atau segelintir orang dapat membangun kepercayaan diri bagi seorang introvert.

#7. Belajar Dari Kegagalan

Dalam melakukan aktivitas apapun, kamu pasti pernah merasakan kegagalan, tak terkecuali di dunia pekerjaan. Kalau kamu ingin menjadi seorang karyawan introvert yang sukses dan memiliki karir yang bagus, kamu bisa memulainya dengan bangkit dari kegagalan yang pernah kamu alami di masa lalu.

Belajarlah dari kesalahan yang pernah kamu buat menjadi sesuatu yang lebih baik lagi. Misalnya, kamu terlalu takut untuk menyampaikan pendapat atau pendapatmu sering diabaikan karena kamu kurang terampil menyusun kata-kata.

Nah, mulai sekarang kamu bisa belajar untuk menyampaikan pendapat dengan tepat, misalnya dengan menggunakan kalimat yang singkat dan padat namun solutif. Dengan begitu, rekan kerja dan atasanmu bisa menilai kemampuan yang kamu miliki meski kamu termasuk orang yang jarang bicara.

Untuk melatih kemampuanmu berbicara di depan banyak orang, kamu bisa berlatih bicara di depan kaca terlebih dahulu atau bisa dengan cara sebelumnya yaitu dengan membentuk kelompok kecil. Setiap perubahan dan perkembangan tentu membutuhkan proses, kan? Jadi, jangan takut mencoba.

#8. Tunjukkan Prestasimu

Menjadi pribadi yang tertutup dan irit bicara di lingkungan kerja tidak menjadikanmu berada di posisi paling belakang. Kamu tetap bisa memiliki karir yang cemerlang dengan menunjukkan prestasi dan pencapaianmu tanpa perlu banyak bicara.

Kamu bisa menggunakan fakta-fakta yang ada dan data statistik tanpa perlu omongan besar. Buktikan saja pada atasan dan rekan kerja lainnya bahwa kamu mampu dan hasil dari pekerjaanmu memang berkualitas, apalagi kalau kamu bekerja di lingkungan kerja yang kompetitif.

#9. Mencoba Keluar Dari Zona Nyaman

Keluar dari zona nyaman merupakan bagian paling sulit yang harus kamu lakukan sebagai seorang introvert. Cobalah untuk melakukan segala sesuatu yang selama ini sering kamu hindari, misalnya kamu enggan melakukan presentasi karena takut bicara di depan orang-orang.

Maka dari itu, mulai sekarang kamu bisa belajar dan mencoba untuk memberanikan diri melakukan presentasi. Latih kemampuan bicaramu agar kamu lebih piawai dalam bertutur kata. Tidak perlu berbicara panjang lebar, cukup jelaskan detail topik bahasan yang kamu sampaikan.

Dengan menunjukkan kemampuanmu, kamu akan mendapat pengakuan dan penilaian yang baik dari rekan kerja dan atasan. Dengan begitu, kamu akan memiliki kesempatan yang sama seperti karyawan lainnya yang aktif alias ekstrovert.

Kesembilan tips di atas bisa kamu coba untuk mewujudkan kesuksesanmu dalam berkarir. Meski kamu adalah seorang karyawan introvert, kamu tetap memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh karir yang cemerlang dengan terus belajar, mencoba, dan memacu dirimu untuk menjadi lebih baik.

Foto featured: depositphotos.com

Hello kak, tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS 2021 akan segera dilaksanakan. Persiapkan diri dari sekarang lewat latihan soal-soal SKB sesuai Formasi yang kakak pilih. Cek Formasi paket SKB kak di AYOCPNS. Gunakan Kode Promo/Referral: 52CPI3 untuk mendapatkan harga khusus. Sukses ya kak!

Sharing is caring!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berlangganan sekarang
Terima informasi terbaru dari website ini, berlangganan sekarang.
Loading