10 Pertanyaan Interview Gudang Garam yang Wajib Dipelajari saat Menghadapi Wawancara Seleksi Kerja Karyawan

Mengetahui serangkaian pertanyaan interview Gudang Garam merupakan sebuah persiapan awal yang penting menentukan kelanjutan proses rekrutmen berikutnya. Gudang Garam merupakan perusahaan besar yang kerap menjadi incaran banyak pelamar.

Mulai dari lulusan baru sampai pekerja berpengalaman berlomba melamar pekerjaan di Gudang Garam ketika lowongan kerjanya tersedia. Informasi mengenai lowongan kerja terbaru biasanya diposting melalui media sosial atau platform pencari kerja, contoh Jobstreet.

Baca juga Contoh Pertanyaan Interview Indofood CBP

Bisa juga kamu mendapatkan informasi langsung dari orang dalam, tentunya dengan syarat harus tetap melalui prosedur rekrutmen. Ketika berhasil lolos seleksi berkas tentu ada tahap selanjutnya, diantaranya tes dan wawancara.

Pertanyaan Interview Gudang Garam

Mempersiapkan berkas terbilang mudah, sekalipun untuk beberapa dokumen membutuhkan waktu lama, seperti halnya SKCK. Untuk lulusan baru barangkali juga membutuhkan ijazah yang tidak bisa digantikan dengan Surat Keterangan Lulus.

Jika syarat tersebut menjadi hal wajib maka penting mengejar jadinya dokumen sebelum menuju batas akhir pengumpulan berkas. Setelah berkas berhasil dikumpulkan maka bisa mempersiapkan diri dengan menyelami pertanyaan dan jawabannya secara tepat.

Pertanyaan Wawancara di Gudang Garam Lengkap dengan Jawabannya

Pertanyaan dari setiap perusahaan biasanya tidak jauh berbeda modelnya, namun secara spesifik tentu kamu harus mempersiapkan jawaban khusus. Sebagai referensi, ketika melamar kerja ke Gudang Garam, maka berikut adalah daftar pertanyaan dan jawabannya:

  • Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan kami?

Jawablah dengan kalimat yang tidak terlalu umum atau informasi yang sudah diketahui kebanyakan orang. Kamu bisa riset visi misinya dan kegiatan terbaru, seperti pemberian beasiswa, pelaksanaan acara, dan sebagainya.

  • Apa yang membuat kamu tertarik melamar di perusahaan kami?

Berikan jawaban sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Misal, posisinya di bidang keuangan maka temukan alasan logis yang membuat kamu seolah merupakan jawaban terbaik untuk menempati posisi yang kosong.

Bisa menguatkan perusahaan dengan pengalaman kerja, riwayat pendidikan formal dan informal, serta pemahaman kamu terhadap situasi ekonomi Indonesia. Semakin matang penjelasan tentang ketertarikan pada posisi tertentu, semakin besar peluang didapatkan.

  • Berikan alasan kenapa kami harus merekrut kamu?

Jawab dengan riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pencapaian atau prestasi, dan sebagainya. Jawaban harus sesuai dengan posisi yang kamu lamar, misal kamu melamar posisi MT maka jawaban pertanyaan interview Gudang Garam ini kurang lebih begini:

“Saya memiliki pengalaman berorganisasi dan mengelola tim sejak SMA sampai kuliah. Saya terbiasa mengelola tim dan bekerja dengan banyak orang maupun secara individu sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan”.

  • Jelaskan satu contoh dari pengalamanmu pribadi berhubungan dengan pengelolaan tim?

“Saya pernah menjadi koordinator tamu undangan dalam acara setingkat universitas pada tahun 2013. Tugas saya adalah menghubungi seluruh tamu untuk datang tepat waktu agar pelaksanaan acara berlangsung secara tertib sesuai jadwal yang sudah dibuat.

Saya berkoordinasi dengan divisi acara untuk mewujudkan hal tersebut sampai akhirnya acara berlangsung sesuai jadwal. Tidak ada protes dari tamu maupun para peserta yang datang.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya mendapatkan pengakuan sebagai koordinator terbaik dari para rekan panitia. Saya rasa itu menjadi bekal untuk menekuni dunia kerja sebagai MT”.

Jawaban atas salah satu pertanyaan interview Gudang Garam nomor empat ini hanyalah contoh. Kamu bisa mencari jawaban lain yang tentunya disesuaikan dengan situasi serta kondisi sendiri.

  • Sejauh mana kamu bisa mengelola tekanan saat bekerja?

Melamar kerja terutama pada posisi MT artinya kamu sudah siap bekerja di bawah tekanan, salah satunya harus memenuhi target. Hal ini normal, sebenarnya karena perusahaan tentu tidak akan memberikan kepercayaan pada karyawan tanpa motivasi dan semangat kerja.

Sebagai contoh, kami berikan permisalan jawaban untuk pertanyaan satu ini, “Saya terbiasa mengerjakan sesuatu tidak mepet waktu. Saya berusaha fokus pada pekerjaan dan tidak melibatkan perasaan saat atasan meminta revisi jika memang saya yang keliru”.

  • Lanjut ke pertanyaan interview Gudang Garam lainnya terkait siapa diri kamu?

Sebenarnya pertanyaan ini biasanya terletak di awal, dan format jawabannya selalu sama. Kamu harus mempromosikan diri dengan baik dan singkat, padat, jelas agar perusahaan bisa secara cepat merekrut kamu.

Misal, “Saya Andi Wiranto, lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi yang aktif mengikuti organisasi tingkat fakultas serta kampus. Saya terbiasa menyelesaikan segala sesuatu sebelum batas waktunya tiba dan mengoordinir tim dalam berbagai skala”.

  • Apa kesibukan kamu belakangan ini?

Misalkan kamu adalah seorang lulusan baru maka tentunya belum ada kesibukan selain mencari pekerjaan. Namun, jawaban yang keluar tentu harus ada aroma mempromosikan diri dan tidak terkesan hanya tidur, makan, main, setiap hari.

Contoh jawaban tepat adalah, “Saya sedang mengikuti pelatihan di lembaga X untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Saya juga gemar mengikuti seminar seputar Y untuk menambah wawasan, terutama dalam bidang manajemen.

Tentunya kegiatan tersebut akan saya terapkan dan maksimalkan ketika diterima kerja di perusahaan ini”. Kurang lebih seperti itu contoh jawaban yang tepat dan menjual, tetapi tidak berlebihan.

  • Dari mana informasi lowongan di perusahaan kami kamu ketahui?

Jawab sejujurnya, sekalipun dari orang dalam maka jawab saja demikian. Tujuannya agar perusahaan bisa mengonfirmasi seperti apa kamu dalam bekerja kepada kenalan kamu tersebut.

Tidak perlu takut menjawab pertanyaan interview Gudang Garam ini dengan jawaban kenalan staf di Gudang Garam. Perusahaan adalah sebuah organisasi yang memiliki tujuan dan ingin semua instrumen bekerja sama dalam mencapai tujuan tersebut.

Justru akan lebih baik ketika memanfaatkan SDM yang sudah diketahui rekam jejaknya sehingga lebih mudah mengarahkan pemahaman yang dimiliki perusahaan. Semakin valid sumber informasi perusahaan, semakin besar peluang kamu lolos wawancara.

  • Adakah alergi terhadap produk rokok?

Sebagai perusahaan rokok besar di Indonesia, tentu Gudang Garam harus tahu hal ini supaya karyawannya tidak mengalami kendala selama bekerja nantinya. Apalagi jika kamu ditempatkan pada bagian produksi yang berhubungan dengan tembakau setiap hari.

Tidak ada contekan jawaban untuk pertanyaan interview Gudang Garam satu ini karena kamu harus menjawabnya sesuai kondisi pribadi. Tidak perlu berbohong karena poin ini untuk kepentingan bersama, lebih baik jujur daripada menanggung resiko besar nantinya.

  • Kapan kamu siap bekerja? adalah pertanyaan interview Gudang Garam yang dinantikan banyak pelamar, dimana jawabannya:

Jawab dengan tegas, secepatnya maka perusahaan akan memprioritaskan kamu pada daftar teratas jika lolos seleksi ke tahap berikutnya. Jika kamu adalah seorang lulusan baru maka seyogyanya tidak ada kegiatan mendesak lain dan tidak ada alasan menunda pekerjaan.

Semakin gesit dan semangat untuk memulai bekerja, semakin besar peluang kamu diterima di Gudang Garam. Sampai sini, banyak sudah referensi pertanyaan dan jawaban ketika sesi wawancara di Gudang Garam.

Dari sekian banyak pertanyaan di atas, tentu semuanya penting dan harus dipersiapkan jawabannya dari sekarang. Semakin menjurus pertanyaan interview Gudang Garam ke hal pribadi maka semakin variatif jawabannya.

Simak juga ya Contoh Pertanyaan Interview Telkomsel

Bagikan ke teman dan kerabat kamu ya

Published: Updated: 24 April 2024      Karier, Tips Interview

Leave a comment