Pertanyaan interview Telkomsel menjadi hal yang kini cukup sering dicari oleh masyarakat Indonesia, terlebih saat ingin mendaftar di perusahaan yang besar ini. Sebab, dengan mengetahui salah satu contoh pertanyaan tersebut, tentunya kamu menjadi orang yang lebih sigap untuk menjawabnya.

Langsung saja, mari simak apa saja contoh pertanyaan yang kemungkinan akan keluar saat kamu mengikuti interview dari Telkomsel!

Contoh Pertanyaan Interview Telkomsel yang Bisa Kamu Perhatikan
Foto: flip.id

Contoh Pertanyaan Interview Telkomsel

Ketika ingin mendaftar sebagai salah satu posisi yang sedang buka di Telkomsel, umumnya pertanyaan yang diajukan pun hampir sama. Hanya saja, akan ada beberapa pertanyaan spesifik yang ditanyakan oleh pihak HRD terkait bidang yang sudah kamu lamar sebelumnya. Berikut adalah contoh Pertanyaan interview Telkomsel beserta contoh rekomendasi jawaban yang dapat kamu jadikan sebagai latihan:

1. “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?”

Pertanyaan interview Telkomsel pertama yang kemungkinan besar akan selalu ditanyakan adalah tentang alasan kamu ingin mendaftarkan diri sebagai bagian dari Telkomsel. Pertanyaan ini cukup menjebak, sebab pihak HRD ingin mengetahui seberapa banyak pengetahuan tentang perusahaan Telkomsel yang kamu tahu dan mereka akan melakukan analisis tentang kepribadian yang kamu miliki.

Oleh karena itu, maka untuk menjawab pertanyaan ini alangkah lebih baik jika kamu melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu mengenai sejarah dan informasi terkait Telkomsel. Hindari menjawab pertanyaan tersebut dengan informasi yang terlalu umum dan berikan alasan pribadi yang masih berkesan profesional, seperti ingin mengembangkan diri dan menyukai budaya pekerjaan di perusahaan.

2. “Apakah Anda Memiliki Pengalaman yang Bisa Mendukung Karir di Telkomsel?”

Pertanyaan interview Telkomsel yang kedua yaitu untuk mengetahui latar belakang profesional yang kamu miliki sebelumnya. Umumnya, pihak HRD akan menanyakan hal ini untuk mencari tahu apakah kamu memang mumpuni jika kemudian hari berhasil mendapatkan posisi yang sudah kamu apply tersebut.

Jika kamu memang memiliki pengalaman di dunia telekomunikasi, maka usahakan untuk menceritakan pengalaman kamu dan apa saja pekerjaan yang sudah kamu selesaikan dulu. Namun, jika kamu adalah fresh graduate dan belum memiliki pengalaman, ada baiknya untuk menceritakan pengalaman non profesional yang masih ada kaitannya dengan telekomunikasi agar kesempatan diterima semakin besar.

3. “Bagaimana Cara Anda Mengatasi Customer yang Mengajukan Komplain?”

Tidak hanya menyediakan lowongan kerja di bidang teknis saja, namun Telkomsel terkadang juga akan membuka lowongan di bidang customer service. Apabila kamu mengikuti lowongan kerja ini, maka pertanyaan yang ketiga ini pasti akan diajukan oleh pihak HRD Telkomsel sehingga kamu harus menyiapkan jawaban yang memuaskan dari jauh-jauh hari.

Terlebih, Telkomsel adalah perusahaan yang menawarkan jasa teknologi kepada masyarakat, sehingga ketika ada masalah tertentu maka pelanggan pasti akan ada yang marah. Nah, kamu harus menjawabnya dengan rinci dan penuh ketenangan, sebab Pertanyaan interview Telkomsel ini dimaksudkan untuk mencari tahu kemampuan problem solving yang kamu miliki.

Baca juga Cara Membuat HRD Terkesima Saat Melamar Kerja

4. ”Ceritakan Mengenai Diri Anda.”

Selain berusaha untuk mengetahui tentang pengalaman yang kamu miliki, pihak HRD di perusahaan Telkomsel juga berusaha untuk mencari tahu tentang diri kamu yang sesungguhnya. Pada saat mereka mengajukan pertanyaan ini, maka kamu harus menjawab secara jujur kiprahmu selama ini, mulai dari kamu lulusan dari universitas mana dan pekerjaan yang sebelumnya sudah kamu lakukan.

Apabila kamu memiliki banyak pengalaman, maka jangan menceritakan seluruh pengalaman itu dan pilihlah salah satu pekerjaan yang memang masih selaras dengan posisi yang hendak kamu lamar. Tidak hanya itu, ada kalanya pihak HRD juga menanyakan tentang keluarga yang kamu miliki, untuk itu jangan gugup dan jawab sesuai dengan kondisi yang ada.

5. “Sebutkan Kelebihan dan Kelemahan yang Anda Miliki!”

Pertanyaan interview Telkomsel kelima yang tidak kalah penting karena sering diajukan oleh pihak HRD Telkomsel adalah tentang kelebihan dan kelemahan yang kamu miliki. Pihak HRD akan menilai seberapa siap kamu dalam menilai diri sendiri serta apakah kamu memang orang yang sempurna untuk posisi itu.

Meskipun pihak HRD mencari kejujuran dalam cara kamu menjawab pertanyaan ini, akan tetapi hindari menjawabnya secara asal-asalan. Untuk menjawab pertanyaan kekurangan, kamu harus bisa menyediakan jawaban yang tepat namun disertai dengan upaya kamu dalam mengatasi kekurangan yang dimiliki.

6. “Bagaimana Cara Anda dalam Berkontribusi untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan Telkomsel?”

Selanjutnya adalah pertanyaan tentang bagaimana cara yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan pelayanan pelanggan Telkomsel. Pertanyaan interview Telkomsel ini untuk menilai seberapa tinggi kesanggupan kamu dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan perusahaan Telkomsel hingga tahun-tahun mendatang.

Dalam menjawab pertanyaan yang satu ini, kamu bisa mencoba untuk menjawab bahwa kamu akan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang bersifat ramah dan kredibel. Selain itu, kamu juga dapat menjawab tentang kesiapan kamu dalam menghadapi pelanggan yang mengalami permasalahan tertentu secara cepat sehingga mereka tidak mengajukan komplain lagi.

7. “Apakah Anda Pernah Mengalami Situasi yang Kompleks Saat Bekerja di Dunia Telekomunikasi?”

Sekali lagi, perlu kamu ketahui bahwa tugas HRD adalah untuk melakukan analisis tentang apakah kamu merupakan orang yang cekatan dalam menghadapi masalah. Dalam pertanyaan ini, pihak HRD ingin memahami bagaimana langkah yang akan kamu lakukan berdasarkan pengalaman yang sebelumnya sudah kamu hadapi.

Kamu dapat menceritakan tentang beberapa contoh pengalaman yang pernah kamu selesaikan saat berada di perusahaan sebelumnya. Contoh yang bisa diceritakan yaitu ketika ada data yang tiba-tiba diretas, maka kamu pun menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mencoba mengunci data dan segera memberikan perlindungan yang lebih baik lagi.

8. “Apa Rencana untuk 3 Hingga 5 Tahun Ke Depan?”

Posisi apa pun yang ingin kamu lamar kemungkinan akan dihadapkan dengan pertanyaan ini. Pihak HRD ingin mendengarkan jawaban yang terdengar jelas dan realistis, sehingga kamu harus bisa menyusun kata-kata yang tepat agar bisa membuat HRD merasa puas.

Hindari menjawab bahwa kamu belum memiliki rencana atau masih bingung karena belum tahu, sebab jawaban seperti itu justru akan membuat karakter kamu terlihat kurang persiapan. Kamu dapat memberikan rencana yang masih bersifat angan-angan seperti ingin tetap berkontribusi di Telkomsel apabila sudah diterima, atau justru ingin mencari karier baru bidang yang sama.

9. “Kapan Anda Dapat Bergabung dengan Perusahaan Telkomsel?”

Terakhir, pertanyaan ini harus dijawab dengan sungguh-sungguh sehingga kamu terlihat memiliki komitmen dengan Telkomsel. Kamu dapat memberikan jawaban berupa dua minggu atau satu bulan jika sekiranya waktu tersebut cukup untuk menyelesaikan pekerjaan di perusahaan sebelumnya.

Penutup

Contoh pertanyaan interview Telkomsel yang ada di atas dapat kamu jadikan sebagai salah satu referensi dan inspirasi sebelum melakukan interview. Dalam mengikuti sesi wawancara ini memang tidak bisa jika kamu datang tanpa persiapan, sehingga usahakan untuk melatih diri sendiri sebaik mungkin berdasarkan contoh-contoh pertanyaan di atas.

Lihat juga  Contoh Pertanyaan Interview Bank Mandiri

Bagikan ke teman dan kerabat kamu ya

Contoh cv lamaran kerja dan tips interview

Immer Manalu

https://www.tipscv.com/

Sebagai penulis artikel dan penulis lepas berpengalaman, saya memiliki hasrat untuk membuat tulisan seputar cv, interview dan karir yang menarik dan informatif dan bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *