Arti dan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sistematika

Ketika ingin bergabung di sebuah perusahaan, kamu harus memasukkan beberapa macam berkas di antaranya ada surat lamaran, curriculum vitae (cv), foto copy ijazah, pas foto dan lain sebagainya yang dibutuhkan sesuai ketentuan dalam perusahaan tersebut. Surat lamaran sistematika penulisannya sendiri cukup mudah, tapi bukan berarti kamu bisa asal-asalan membuatnya, kamu juga harus teliti karena penulisannya pun harus baik dan benar.

Kadang ada yang belum bisa membedakan antara surat lamaran kerja dengan CV, apalagi bagi mereka yang masih pemula dan belum punya banyak pengalaman. Untuk itu berikut arti surat lamaran kerja dan bedanya dengan CV.

Beda CV dan Surat Lamaran Kerja


Surat lamaran pekerjaan biasanya dibuat oleh seseorang yang ingin bergabung dengan perusahaan atau instansi tertentu sesuai dengan posisi yang sedang perusahaan tersebut butuhkan.

Surat ini pun ditulis resmi dan harus memperhatikan kaidah penulisan serta ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan demi memberikan kesan positif.

Jadi, sekalipun membuatnya untuk perusahaan kecil, kamu tetap saja harus menulisnya dengan rapi demi terlihat profesional. Sementara itu, perbedaannya dengan CV ialah, CV merupakan berkas yang memuat daftar riwayat hidup, mulai dari alamat, pendidikan, skill, hobi, karir dan beberapa hal penting tentangmu yang perlu dicantumkan dalam CV tersebut. Biasanya saat melamar pekerjaan, CV dicantumkan berbarengan dengan surat lamaran kerja dan juga beberapa dokumen lain yang dibutuhkan.

Sistematika Dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Karena menulis surat lamaran tidak bisa dilakukan sembarang saja, maka kamu juga harus tahu sistematikanya dan apa saja yang ada dalam surat tersebut.


Berikut hal penting pada sistematika surat lamaran kerja:

1. Adanya tempat dan tanggal

Surat lamaran juga harus memuat tempat dan juga tanggal di dalamnya, dan penulisannya pun tidak perlu diberi titik pada bagian akhir. Biasanya posisi umum untuk peletakan tempat dan tanggal ada di sebelah kanan, tapi bisa juga ditaruh sebelah kiri.

2. Ada Hal dan juga Lampiran

Nah, selain tempat dan tanggal, ada juga Hal serta Lampiran yang tidak boleh kamu lewatkan. Hal biasanya diisi dengan tulisan Lamaran Pekerjaan, sementara untuk Lampiran biasa diisi dengan jumlah berkas yang menyertai surat lamaran tersebut.

3. Tujuan surat lamaran

Pada bagian ini, kamu hanya perlu menuliskan ‘Yth: Penerima Surat Lamaran’ beserta dengan alamat perusahaan tersebut. Untuk penulisan alamat ini sebaiknya tidak disingkat dan ditulis selengkap mungkin serta bebas dari kesalahan penulisan.

4. Salam pembuka

Menuliskan salam pembuka cukup dengan kalimat ‘Dengan hormat,’ penulisannya harus diakhiri dengan tanda koma dan bukan titik. Biasanya ada alinea pembuka yang juga harus kamu tuliskan, mengenai dari mana kamu mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut.

5. Paragraf isi

Pada paragraf isi, ada 3 hal yang harus kamu tuliskan yakni berkenaan dengan identitas, tujuan surat lamaran hingga berkas-berkas apa saja yang kamu lampirkan. Pada identitas ini pun ditulis singkat saja seperti nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir dan juga kontak yang bisa dihubungi.

Kemudian pada bagian tujuan surat kamu dapat menuliskan tentang maksud kamu mengirimkan surat tersebut misalnya ingin melamar di posisi apa, juga bisa memberitahukan sedikit tentang pengalaman juga skill yang kamu punya. Nah, pada bagian berkas apa saja yang dilampirkan kamu bisa menuliskan CV, Ijazah, SKCK, KTP dan sebagainya yang memang ada dalam lampiran tersebut.

6. Penutup

Penutup biasanya berisi tentang ucapan terima kasih dan juga harapan besarmu agar diterima oleh perusahaan tersebut.

7. Tanda tangan dan nama

Setelah penutup, kamu bisa menuliskan nama terangmu dan membubuhkan tanda tangan. Tapi jangan lupa juga untuk memberikan tanda ‘Hormat saya,’ pada bagian ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Blitar, 5 Mei 2020

Kepada Yth.
Pimpinan Digital Media
di
Blitar

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan yang ada di Instagram, dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:
Tempat/Tanggal Lahir:
Alamat:
Jenis Kelamin:
Pendidikan Terakhir:
Kontak:

Bermaksud untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk bergabung di perusahaan Bapak/Ibu sebagai Staff Administrasi.

Saya memiliki pengalaman bertahun-tahun dan mampu mengoperasikan Microsoft Word, Power Point, Excel dan maupun hal-hal yang berhubungan dengan internet.

Sebagai bahan pertimbangan saya juga melampirkan beberapa berkas yaitu:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto copy ijazah
  • Pas foto terbaru
  • Foto copy KTP

Demikian surat lamaran pekerjaan yang bisa saya sampaikan, besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan juga kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama kamu)

Nah, sudah paham tentang surat lamaran sistematika penulisan dan contohnya? Semoga kamu bisa diterima di perusahaan incaranmu ya!

Hello kak, tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS 2021 akan segera dilaksanakan. Persiapkan diri dari sekarang lewat latihan soal-soal SKB sesuai Formasi yang kakak pilih. Cek Formasi paket SKB kak di AYOCPNS. Gunakan Kode Promo/Referral: 52CPI3 untuk mendapatkan harga khusus. Sukses ya kak!

Sharing is caring!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berlangganan sekarang
Terima informasi terbaru dari website ini, berlangganan sekarang.
Loading