Tips Interview

5 Contoh Pertanyaan Interview Astra International

Walaupun sudah sering masuk ke tahap interview, kamu tetap harus cari tahu pertanyaan interview Astra International. Beberapa pertanyaan terdengar sama, tapi ada makna dan ekspektasi jawaban yang berbeda.

Kenapa Perlu Tahu Pertanyaan Interview Astra International

Proses rekrutmen yang dilakukan oleh Astra memang cukup banyak dan berlapis. Tidak jarang, ada beberapa tahapan yang berbeda dari perusahaan lainnya.

Tapi jika kamu melamar pekerjaan sebagai staff umum, maka urutan tahapan yang harus dilalui sudah cukup jelas. Setelah lulus seleksi berkas, kamu akan dipanggil untuk melakukan psikotes. Sebelum akhirnya melakukan interview.

Menerima pemberitahuan lolos tahap interview juga bukan berarti kamu akan segera tanda tangan kontrak. Kamu masih harus melakukan medical checkup untuk tahu kamu punya fisik yang cukup sehat untuk bekerja di sana.

Lihat juga besaran gaji Astra International

Kamu tentu sering melihat begitu banyak tips menghadapi psikotes. Tapi tidak banyak yang menawarkan bantuan untuk kamu bisa menjawab pertanyaan interview Astra international. Jadi, perhatikan dan catat baik-baik pertanyaan yang akan kamu temui saat wawancara.

Baca juga contoh soal psikotes kerja

5 Pertanyaan Interview Astra International

Terkadang, HR bisa memberi pertanyaan dalam bahasa Inggris untuk menilai kemampuan bahasa yang kamu miliki. Bukan hanya itu, akan ada pertanyaan spesifik sesuai dengan posisi yang sedang dibuka.

Foto: pexels.com

Tapi secara umum, kamu akan menemui beberapa atau bahkan semua pertanyaan ini. Kamu juga harus bisa memuaskan interviewer dengan memberikan jawaban yang lugas dan tetap percaya diri selama interview.

Pelajari juga Pertanyaan Interview Sering Keluar Saat Seleksi Kerja

1. Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan yang kamu Miliki?

Terkesan mudah, tapi bisa jadi ini adalah salah satu pertanyaan tersulit dalam proses interview. Kamu harus sangat mengenal diri sendiri untuk menunjukkan semua keahlian yang kamu miliki. Tapi kamu juga harus bisa mengakui kekurangan yang kamu miliki.

Tujuan dari pertanyaan interview Astra international ini untuk melihat bagaimana kamu memperkenalkan diri kepada orang lain. beberapa nilai yang dilihat adalah kejujuran dan keluwesan saat membicarakan diri sendiri.

2. Kenapa Memilih Bekerja Di Sini?

Banyak pelamar yang tidak tahu cara menjawab pertanyaan ini. Sebagian besar, dan mungkin juga kamu, akan menjawab bahwa kamu memiliki passion pada posisi yang kamu apply. Ini wajar saja, tapi kamu harus bisa membuat jawaban terdengar masuk akal.

Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya cukup mudah. Kamu perlu menjelaskan sedikit latar belakang kenapa kamu melamar pekerjaan tersebut dan bukan di tempat lain.

Tidak jarang, pertanyaan interview Astra international ini juga diikuti dengan pertanyaan seputar perusahaan. Ini adalah petunjuk untuk kamu untuk menunjukkan seberapa banyak kamu mengenal perusahaan dan posisi yang kamu mau.

3.  Apa Rencana Kamu Dalam 5 Tahun Ke Depan?

Ada banyak alasan kenapa ini masuk dalam pertanyaan interview Astra international. Selain untuk tahu seberapa loyal kamu, pertanyaan ini juga untuk tahu apakah kamu cukup visioner dan kreatif. Para interviewer sebagai perwakilan perusahaan, ingin tahu apakah kamu punya passion untuk tumbuh secara profesional.

Tidak sedikit pelamar yang berusaha jujur dan mengatakan sudah mencapai posisi tertentu di perusahaan. Tapi kamu lebih kreatif dengan mengatakan capaian apa saja yang kamu harap sudah kamu lakukan selama lima tahun tersebut.

Capaian ini bisa berarti banyak hal, mulai dari menyebutkan sudah pernah travelling ke negara mana saja. Atau sudah berhasil bisa mengumpulkan tabungan untuk memiliki rumah. Atau mungkin berangkat haji dan umrah.

4.  Kenapa Kami Harus Memilih Kamu?

Sepintas, pertanyaan ini mirip dengan pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan. Tapi, ada banyak perbedaan yang akan dilihat oleh para interviewer dari jawaban yang kamu berikan.

Pertama, pertanyaan interview Astra International ini fokus untuk tahu kemampuan yang kamu miliki untuk mengatasi tantangan di dunia kerja. Apakah kamu mudah beradaptasi, bisa mengatasi tekanan, dan juga kemampuan komunikasi dengan orang lain.

Kamu bisa menyebutkan semua keahlian yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Lanjutkan dengan menceritakan pengalaman yang masih terkait untuk memperkuat alasan kenapa kamu adalah kandidat terbaik untuk perusahaan.

Tidak perlu merasa rendah diri karena kamu masih minim pengalaman karena baru saja lulus. Kamu bisa menjawab dengan menunjukkan semua potensi yang kamu miliki. Yang penting, kamu bisa meyakinkan interviewer kamu bisa berkembang jadi lebih hebat lagi.

5.  Apa Ada Pertanyaan Kepada Kami?

Akhir-akhir ini, banyak interviewer yang bertanya kembali pada para kandidat. Jadi kamu sudah tidak perlu kaget ketika mendengar pertanyaan ini. Manfaatkan kesempatan ini untuk seputar perusahaan atau posisi secara spesifik. Kamu bisa meniru konsep pertanyaan interview Astra International yang cukup pendek dan lugas.

Sebaiknya, kamu sudah mempersiapkan pertanyaan ini dari rumah. Jangan bertele-tele atau menggunakan bahasa yang sulit dipahami. Kamu juga sebaiknya tidak mencampurkan bahasa Inggris dan Indonesia sesuka hati seperti ketika mengobrol dengan teman.

Beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan antara lain tentang lama untuk bisa naik karir dan benefit apa saja yang diberikan perusahaan. Kamu juga bisa bertanya tentang lingkungan kerja dan kebijakan publik perusahaan tentang hal yang menurutmu penting.

Tapi, kamu juga harus siap jika interviewer tidak memberikan kesempatan bertanya kembali. Jika memang, pertanyaan itu penting, kamu bisa izin bertanya sebelum sesi wawancara selesai.

Stay Calm and Carry On

Menjaga emosi adalah satu hal penting dalam proses mencari pekerjaan. Walaupun kamu merasa frustrasi atau lelah karena proses yang memakan waktu lama, kamu tetap harus terlihat rapi dan datang tepat waktu untuk interview.

Terkadang, interview tidak berjalan seperti yang kamu harapkan atau latih di rumah. Tapi kamu tidak perlu panik dan harus tetap fokus untuk menyelesaikan proses ini.

Kamu juga harus siap untuk beberapa pertanyaan curveball seperti satu studi kasus. Mungkin juga kamu harus mengikuti focus group discussion sebagai bagian dari tes wawancara. Ingat, ini adalah kesempatan yang bisa kamu lakukan untuk menonjolkan kemampuan bekerja sama di dalam tim dan menangani masalah.

Satu hal lagi yang harus kamu ingat adalah sikap rileks dan santai adalah dua hal yang berbeda. Santai berarti kamu cenderung menganggap remeh interview yang dilakukan. Sedangkan sikap rileks berarti kamu cukup tenang dan percaya diri dalam menjawab pertanyaan.

Bahkan ketika kamu masih belum berhasil lolos ke tahap selanjutnya, kamu harus tetap tenang dan tidak membombardir sosial media untuk melampiaskan kekesalan. Kamu bisa belajar dari kesalahan yang lampau dan terus mencoba.

Sebagai pejuang untuk mendapatkan offering letter, kamu harus yakin pada diri sendiri. Inti dari seluruh proses interview adalah ajang unjuk diri bahwa kamu adalah karyawan yang dicari oleh perusahaan. Dan kamu bisa memanfaatkan daftar pertanyaan interview Astra International ini untuk mempersiapkan diri sebelum dipanggil interview.

Baca juga ini Cara Mengatasi Nervous saat Wawancara

Bagikan ke teman dan kerabat kamu ya

Immer Manalu

Sebagai penulis artikel dan penulis lepas berpengalaman, saya memiliki hasrat untuk membuat tulisan seputar cv, interview dan karir yang menarik dan informatif dan bermanfaat bagi pembaca.